Faidah Penggunaan Alif Lam Dalam Suatu Kalimat
 
Go Back   Home > Other Language. Bicara Dengan Bahasa Lain > Arabic/Arab

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Faidah Penggunaan Alif Lam Dalam Suatu Kalimat

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Faidah Penggunaan Alif Lam Dalam Suatu Kalimat

jenis tadi maksudnya jenis yang mana den madas?
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR

Loading...
       





Reply With Quote     #12   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Faidah Penggunaan Alif Lam Dalam Suatu Kalimat

humm begini den, saya copas dari sini

di sana dijelaskan bahwa Isim Ma’rifat adalah isim yang sudah jelas penunjukannya

Contoh:

عُمَرُ (Umar)

كِتَابُ مُ*َمَّدٍ (Buku Muhammad)

Dan Macam-macam isim ma’rifat adalah sbb:

1. Dhomir (kata ganti orang)

Contoh:

هُوَ – أَنْتَ – أَنَا


2. Isim Isyaroh (kata penunjuk)


Contoh:

هَذَا – ذَالِكَ

3. Isim Maushul (kata sambung)


Contoh:

اَلَّذِيْ- اَلَّذِيْنَ


4. ‘Alam (nama orang)

Contoh:

عُمَرُ – مُ*َمَّدٌ – خَدِيْجَةُ



5. Isim yang ada alif dan lam

Contoh:

اَلْبَيْتُ - اَلْمِصْبَا*ُ – اَلْمَسْجِدُ



nah isim jenis tidak tergolong di antara 5 jenis isim ma'rifat tersebut, so, bisa dikatakan itu bukan isim ma'rifat. Tapi ketika alif dan lam masuk pada isim jenis dan sifat, maka itu bisa digolongkan pada isim ma'rifat.

Gimana menurut den madas??
ayoo0 ayo mari kita pelajari sama-sama:)
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #13   Report Post  

Bls: Faidah Penggunaan Alif Lam Dalam Suatu Kalimat

Kutip:
Oleh resi_dj View Post

nah isim jenis tidak tergolong di antara 5 jenis isim ma'rifat tersebut, so, bisa dikatakan itu bukan isim ma'rifat. Tapi ketika alif dan lam masuk pada isim jenis dan sifat, maka itu bisa digolongkan pada isim ma'rifat.

Gimana menurut den madas??
ayoo0 ayo mari kita pelajari sama-sama:)
Ngomongin makrifat juga kudu inget nakiroh, soalnya keduanya saling berlawanan. Kalau gak makrifat, sudah pasti nakiroh. Gitu juga sebaliknya.
Nah apakah isim jenis yang kemasukkan Alif Lam itu nakiroh, atau tetep makrifat?
Coba dipikir....
madAs
madAs madAs is offline
City Level

Post: 306
 
Reputasi: 16

__________________
-intelektual jalanan-

hidup itu perjuangan bukan pengorbanan
perjuangan agar tak ada lagi yang dikorbankan
:angel:





Reply With Quote     #14   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Faidah Penggunaan Alif Lam Dalam Suatu Kalimat

yups bener banget den,,, sekalian dari sumber yang sama, aku posting di sini isim nakirohnya

Isim Nakiroh


Isim Nakiroh adalah isim yang belum jelas penunjukannya

Contoh:

مُسْلِمٌ (Seorang muslim)

كِتَابُ طَالِبٍ (Buku seorang mahasiswa)

NOTE:
1. Isim Nakiroh biasanya mempunyai harokat akhir yang bertanwin

Contoh:

مُسْلِمٌ – مِصْبَا*ٌ

2. Nama orang walaupun bertanwin tetap dikatakan sebagai isim ma’rifat dan bukan sebagai isim nakiroh.

Contoh:

مُ*َمَّدٌ – زَيْدٌ

3. Apabila suatu isim disandarkan pada isim nakiroh, maka dia adalah isim nakiroh. Namun apabila disandarkan pada isim ma’rifat, maka dia adalah juga sebagai isim ma’rifat.

Contoh:

كِتَابُ طَالِبٍ - كِتَابُ مُ*َمَّدٍ


dan untuk
Kutip:
Nah apakah isim jenis yang kemasukkan Alif Lam itu nakiroh, atau tetep makrifat?
berdasarkan
Kutip:
Tapi ketika alif dan lam masuk pada isim jenis dan sifat, maka itu bisa digolongkan pada isim ma'rifat.
menurut saya tetap digolongkan dalam isim makrifat selama tergolong isim jenis dan sifat.

kalau pemikiran den madas??

oya lalau untuk Note nomer 3
Kutip:
3. Apabila suatu isim disandarkan pada isim nakiroh, maka dia adalah isim nakiroh. Namun apabila disandarkan pada isim ma’rifat, maka dia adalah juga sebagai isim ma’rifat.

Contoh:

كِتَابُ طَالِبٍ - كِتَابُ مُ*َمَّدٍ
walah malah bingung aku, den madas bisa menjelaskan?

atau siapa pun ada yang mau menjelaskan?
ayoo-ayoo kita bahas lebih dalam biar mantab:)
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #15   Report Post  

Bls: Faidah Penggunaan Alif Lam Dalam Suatu Kalimat

Kutip:
Oleh resi_dj View Post

NOTE:
1. Isim Nakiroh biasanya mempunyai harokat akhir yang bertanwin


2. Nama orang walaupun bertanwin tetap dikatakan sebagai isim ma’rifat dan bukan sebagai isim nakiroh.



3. Apabila suatu isim disandarkan pada isim nakiroh, maka dia adalah isim nakiroh. Namun apabila disandarkan pada isim ma’rifat, maka dia adalah juga sebagai isim ma’rifat.
Mendingan bikin definisi isim nakiroh kayak gini: Semua isim yang tidak termasuk isim makrifat. Kan Isim makrifat hanya terbatas pada yang udah non sebutin, plus satu lagi, mudlof-mudhof ilaih (isim yang disandarkan dan isim yang dijadikan sandaran itu sendiri). Hanya untuk yang terakhir ini, ada pengecualian sedikit, seperti yang telah non tadi sebutin, ketika disandarkan pada isim nakiroh dan ada tambahan lagi, selama isim itu bukan kata ghairu, sebab meski disandarkan pada isim makrifat, kenakirohannya belum hilang.
madAs
madAs madAs is offline
City Level

Post: 306
 
Reputasi: 16

__________________
-intelektual jalanan-

hidup itu perjuangan bukan pengorbanan
perjuangan agar tak ada lagi yang dikorbankan
:angel:


loading...



Reply With Quote     #16   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Faidah Penggunaan Alif Lam Dalam Suatu Kalimat

hoo..iya boleh juga diartikan "Semua isim yang tidak termasuk isim makrifat"

aku sertakan definisi belibet ntu biar lebih jelas dan lebih mudah dipahami, kan ada contohnya gitu..

yup tararengkiu den madas....eh ya, berarti kata "ghairu" tadi masuk di mana? disandarkan di isim ma'rifat tapi kenakirohannya belum hilang...?!

mari-mari.... yang mau ikut menjelaskan juga...silahkan
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #17   Report Post  

Re: Faidah Penggunaan Alif Lam Dalam Suatu Kalimat

ini sumbernya dari situs wahabi kang.
ال istighroq nahwu yg membahas bukan ushul, kalau dalam ilmu ushul namanya masuk syarat takhshish, dan kalau masuk dalam takhsish berarti masuk kalimat am
daha
daha daha is offline
Village Level

Post: 47
 
Reputasi: 2

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.