Perbedaan Tiga Mata.dalam diri manusia
 
Go Back   Home > Agama > Islam

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Perbedaan Tiga Mata.dalam diri manusia

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Perbedaan Tiga Mata.dalam diri manusia

Di dalam tubuh setiap orang ada tiga mata macam yang dimulai dengan kata mata. Pertama mata kaki, kedua mata kepala dan ketiga mata hati. perhatikanlah! Ketiga hal ini memiliki perbedaan.
1. Mata kaki
Mata kaki terletak di bawah, mata kaki tak dapat melihat sekalipun ada bantuan cahaya, apalagi tanpa bantuan cahaya. Singkatnya ada atau tidak ada cahaya tidak ada artinya untuk mata kaki. mata kaki dapat dibuat perumpaman orang-orang kafir atau orang-orang munafiq yang tidak mau menerima nasehat. Sehingga ia terus saja berada di dalam kegelapan. Allah Swt menjelaskan sifat mereka dalam Al Qur'an


Artinya :
Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman (QS Al Baqarah:6)

Singkatnya, orang-orang yang kafir dan sebangsanya yang tidak mau menerima nasehat atau ajaran yang baik sama dengan mata kaki.

2. Mata kepala
Mata kepala ini terletak di bagian tubuh kita yang paling tinggi yaitu kepala. Mata kepala bisa melihat jika ada bantuan cahaya, tanpa bentuan cahaya mata kepala takkan ada artinya. Seorang yang ingin selamat dalam perjalanannya, maka harus mencari cahaya. Semakin dekat dengan cahaya, ia akan semakin jelas memandang apapun yang ada di hadapannya, tapi manakala ia menjauhi cahaya ia akan kehilangan arah dan dapat terjerumus ke dalam marabahaya. Mata kepala bisa diumpamakan untuk orang-orang ahli urusan duniawi. Orang-orang ini akan senantiasa mencari ilmu agar ia sukses di dunia, agar semua masalahnya dapat terselesaikan dengan mudah, namun mata kepala harus hati-hati, sebab bantuan cahaya tersebut tidaklah abadi. Selain itu ia masih bisa tertipu, bukankah ketika di perjalanan, mata kepala melihat pohon-pohon berjalan, tiang-tiang listrik juga berjalan? Padahal yang berjalan adalah kendaraan yang kita naiki. Orang-orang ini harus pandai-pandai dalam melangkah, sebab bisa saja pandangannya telah tertipu dengan indahnya dunia ini. Tidak jarang hal-hal yang secara kacamata duniawi menguntungkan namun secara kacamata agama bisa merugikan dan begitu pula sebaliknya. itu semua karena cahaya ilmu duniawi tidak bersifat abadi, terkadang lupa, hilang dan sebaginya, sebab itu ia harus dibantu dengan cahaya yang lain yaitu yang bersifat abadi yaitu cahaya Ilahi.

3. Mata hati
Mata hati terletak di tempat yang tidak terlihat dari luar. Sama halnya dengan mata kepala, mata hati juga membutuhkan cahaya untuk dapat melihat, tanpa cahaya ia akan buta dan tak ada artinya. hanya saja cahaya yang dibutuhkan bukanlah cahaya lampu atau matahari. Yang dibutuhkan oleh mata hati adalah cahaya Ilahi yang bersifat abadi. Ketika cahaya ini sudah menerangi mata hati, maka tak ada seorangpun yang dapt menjerumuskannya ke dalam marabahaya. Ini adalah perumpamaan untuk orang-orang yang beriman dan selalu beramal saleh dengan ikhlas, sehingga ia selalu dibawah naungan cahaya Allah Swt. ketika Cahaya Allah Swt sudah melekat di dalam dirinya, maka ia akan terbebas dari lembah dosa sekalipun mata kepalanya tidak dapat melihat. Berapa banyak orang yang mata kepalanya melihat, namun mudah tertipu dengan keadaan di sekitarnya? Itu semua karena mata hatinya yang buta dan tidak mendapatkan cahaya Allah Swt. Sebaliknya berapa banyak orang yang mata kepalanya tidak dapat melihat, namun tak tergoyahkan dengan keaadaan di sekitarnya, tidak dapat tertipu oleh siapapun, karena ia memandang dengan pandangan mata hati yang senantiasa mendapatkan cahaya dari Allah Swt. Bukankah Nabi Ya'kub As tidak tertipu oleh anak-anaknya yang mengatakan bahwa "Yusuf kecil" (Nabi Yusuf As) mati dimakan serigala? Semua itu adalah berkat cahaya Allah Swt yang menerangi mata hatinya, sehingga ia bisa memandang apapun yang tidak dapat dipandang oleh orang lain
anak_dumai
anak_dumai anak_dumai is offline
Continent Level

Post: 4.858
 
Reputasi: 136

__________________
Killer-Banned

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Perbedaan Tiga Mata.dalam diri manusia

wuu.... nice... hmm...
bla_bla_bla
bla_bla_bla bla_bla_bla is offline
Continent Level

Post: 7.567
 
Reputasi: 246






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Perbedaan Tiga Mata.dalam diri manusia

Kutip:
3. Mata hati
Ini termasuk mata bathin ya?
Gia_Viana Gia_Viana is offline
World Level

Post: 10.649
 
Reputasi: 304

__________________
Asyifa





Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Perbedaan Tiga Mata.dalam diri manusia

mangtafff
pencerahan yang sangat mencerahkan
gupy15
gupy15 gupy15 is offline
Mod

Post: 2.771
 
Reputasi: 131

__________________
:rose:Yang aneh, unik dan indah ada di sini:rose:





Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Perbedaan Tiga Mata.dalam diri manusia

keknya bukan itu non gia. . .mata hati yang dimaksud ts "pandangan yang kamu gunakan lewat hati/perasaaan/keyakinan"

gilee, nasihatnya kereennn.
eh tapi perasaan kenapa nabi yakub buta, karena menangis hingga kering air matanya ketika diberi tahu yusuf telah meninggal? (bukan maksud ngerecokin nasihat sebagus ini. cuma ngingetin takut ada kesalahan orientasi cerita nabi yakub)

mendingan ambil contoh nabi yunus aja. yang percaya akan diselamatkan Allah SWT ketika didalam perut ikan paus. wahh! kalau misalnya kita didalam perut ikan paus selama beberapa jam saja, kita pasti udah panik. sedangkan beliau tidak, justru malah meningkatkan kualitas ibadahnya kepada Allah SWT dan yakin diselamatkan olehNya. itu mata hatinya . . . walau keadaan disana gelap(gw gag tau lagi kalo ada petromax kayak pinokio didalam sana), ia tidak takut. pas kan? hehehe. . .tapi sih sepertinya semua kisah nabi ada 'mata hati'nya. hanya kurang tepat kalao penggambaran buta nabi yakub yang bang dumai bilang. . .
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38



loading...



Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Perbedaan Tiga Mata.dalam diri manusia

Kutip:
Oleh bjhe View Post
keknya bukan itu non gia. . .mata hati yang dimaksud ts "pandangan yang kamu gunakan lewat hati/perasaaan/keyakinan"

gilee, nasihatnya kereennn.
eh tapi perasaan kenapa nabi yakub buta, karena menangis hingga kering air matanya ketika diberi tahu yusuf telah meninggal? (bukan maksud ngerecokin nasihat sebagus ini. cuma ngingetin takut ada kesalahan orientasi cerita nabi yakub)

mendingan ambil contoh nabi yunus aja. yang percaya akan diselamatkan Allah SWT ketika didalam perut ikan paus. wahh! kalau misalnya kita didalam perut ikan paus selama beberapa jam saja, kita pasti udah panik. sedangkan beliau tidak, justru malah meningkatkan kualitas ibadahnya kepada Allah SWT dan yakin diselamatkan olehNya. itu mata hatinya . . . walau keadaan disana gelap(gw gag tau lagi kalo ada petromax kayak pinokio didalam sana), ia tidak takut. pas kan? hehehe. . .tapi sih sepertinya semua kisah nabi ada 'mata hati'nya. hanya kurang tepat kalao penggambaran buta nabi yakub yang bang dumai bilang. . .
betul sekali broda...
anak_dumai
anak_dumai anak_dumai is offline
Continent Level

Post: 4.858
 
Reputasi: 136

__________________
Killer-Banned






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Perbedaan Tiga Mata.dalam diri manusia

terima kasih pak ustadz.....
gua jadi tau tentang mata...kirain cuma satu????
HulkHogan
HulkHogan HulkHogan is offline
Continent Level

Post: 9.404
 
Reputasi: 184

__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Perbedaan Tiga Mata.dalam diri manusia

Kutip:
Oleh HulkHogan View Post
terima kasih pak ustadz.....
gua jadi tau tentang mata...kirain cuma satu????
loh bang Hogan? kalau kata si bang dumai, mata itu ada 5~
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38

__________________





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Perbedaan Tiga Mata.dalam diri manusia

Kutip:
Oleh bjhe View Post
loh bang Hogan? kalau kata si bang dumai, mata itu ada 5~
wadu ko' bisa jadi lima sih....yg dua itu bgm..???
anak_dumai
anak_dumai anak_dumai is offline
Continent Level

Post: 4.858
 
Reputasi: 136

__________________
Killer-Banned






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Perbedaan Tiga Mata.dalam diri manusia

eh iya 7 . . . :D
2 mata diatas
4 mata kaki
1 mata hati

hehe
bjhe
bjhe bjhe is offline
Continent Level

Post: 3.888
 
Reputasi: 38

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Perbedaan Antara Aurat Dalam Shalat Dengan Aurat Dalam Pandangan nurcahyo Islam 16


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.