Puding Nasi

andy_baex

New member
Resep masakan hidangan penutup ini berasal dari Timur Tengah (Lebanon) sangat disukai dan rasanyapun lezat penuh gizi (baik untuk anak-anak juga untuk kita orang dewasa tentunya) dapat disantap dingin (disimpan dalam lemari es) maupun disantap hangat .

Bahan-bahan :
- 1 cangkir beras putih
- 31/2 cangkir air
- 3 cangkir susu segar (750 cc)*
- 11/2 cangkir gula pasir (bila tidak suka terlalu manis bisa dikurangi sesuai dengan selera)
- 1 sendok teh air mawar ( bisa diganti dengan vanillli bubuk atau essence)

caranya:
Cuci beras terlebih dahulu kemudian tiriskan dan masukkan kedalam panci, tambahkan air (sebanyak 31/2 cangkir) masak dalam api sedang selama 15-20 menit. Sambil sesekali diaduk. Tambahkan susu segar , aduk rata. Jangan lupa agak sering diaduk agar tidak menggumpal. Ketika nasi sudah agak mengental ( seperti cream) tambahkan gula dan air mawar. Aduk rata agar gula larut dalam adonan puding.Pindahkan puding ini dalam mangkuk-mangkuk kecil atau wadah lain sesuai selera. Dinginkan sebentar. Lezat disantap hangat ataupun dingin. Selamat mencoba.

* Bila ukhti tidak menemukan susu segar dapat diganti dengan susu bubuk full cream dan lihat aturan dalam kemasan tersebut untuk membuat 3 cangkir susu ataupun dapat diganti dengan susu kental manis untuk membuat 3 cangkir susu hanya saja karena susu ini sudah mengandung gula maka bisa ukhti kurangi gulanya (dalam resep diatas).
 
Coba searching "gendar" Bro... Bahannya dari nasi tapi bentuknya mirip puding...

aku hanya temukan Gendar Pecel kuliner yang sangat populer di kawasan Salatiga, Boyolali dan Solo.

Gendar-pecel-di-Pasar-Wonogiri.jpg
 
Back
Top