Biru Langitku, Sehat Udaraku
 
Go Back   Home > Otomotif > Mobil

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Biru Langitku, Sehat Udaraku

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Biru Langitku, Sehat Udaraku

Biru Langitku, Sehat Udaraku


KapanLagi.com - Percaya atau tidak, statistik menunjukkan bahwa 70 persen pencemaran udara di kota-kota besar di dunia berasal dari emisi kendaraan. Data yang ada menyebutkan bahwa polusi udara dari kendaraan bermotor mengandung 70 persen karbon monoksida (CO), 100 persen plumbum (Pb), 60 persen hidrokarbon (HC) dan 60 persen Oksida Nitrogen (Nox).

Padahal disadari atau tidak, pencemaran udara memberikan dampak buruk pada kesehatan manusia misalnya kematian prematur, penyakit pernafasan dan juga asma. Agar gas-gas beracun itu tidak menelan lebih banyak korban, berbagai upaya dilakukan di banyak negara.

Salah satunya dengan menerapkan teknologi otomotif modern yang menghasilkan emisi gas buang pada tingkat minimal. Untuk mendorong dikembangkannya teknologi kendaraan bermotor ramah lingkungan oleh industri otomotif di dunia, diperkenalkan standar Euro tahun 1991.

Pada tahun 1988, Eropa yang merintis penggunaan bahan bakar rendah sulfur pada kendaraan bermesin diesel dan menerapkan standar emisi ketat. Mereka berhasil menekan emisi partikel (partikel matter/ PM) hingga 50 persen pada tahun 1988.

Euro 1 diterapkan selama 3 tahun, sebelum akhirnya diganti dengan Euro 2 pada tahun 1996 yang berhasil menurunkan emisi menjadi 30 persen. Tingkat emisi partikel berhasil diturunkan lagi menjadi di bawah 20 persen tahun 2000 dengan menerapkan standar Euro 3.

Dalam waktu dekat, Eropa akan mengintroduksi Euro 4 dengan target emisi partikel menjadi di bawah 10 persen. Keberhasilan ini mendorong banyak negara untuk mengikuti jejak Eropa menerapkan standar emisi yang sama.

Di kawasan Asia Tenggara, Vietnam bahkan telah memberlakukan standar Euro 1 tahun 1998 dan Filipina tahun 2003. Singapura dan Thailand sudah lebih dulu menerapkan standar itu tahun 1993, disusul Malaysia tahun 1997.

Awalnya Indonesia belum mampu mengikuti jejak negara-negara tetangga ini karena ketidaksiapan industri otomotif di tanah air. Kendaraan yang memenuhi standar Euro adalah kendaraan bermesin injection yang lebih mahal harganya dibanding mesin karburator. Jelas tak banyak masyarakat yang mampu membelinya.

Kendala kedua yaitu ketidakmampuan Pertamina untuk memasok BBM tanpa timbal. Padahal BBM bertimbal akan merusak kendaraan baru yang dilengkapi katalitik konverter (alat untuk mereduksi emisi gas beracun) itu.

Setelah bersiap selama hampir 6 tahun (1999-2005) Indonesia akhirnya mulai mengejar ketertinggalannya. Mei lalu, untuk pertama kalinya Balai Termodinamika, Motor dan Propulsi Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BTMP BPPT) mengadakan uji emisi dengan standar Euro-2 bagi kendaraan bermotor roda empat.

Ketentuan uji emisi standar Euro-2 ini berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 141 Tahun 2003 tentang ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru dan kendaraan bermotor yang sedang diproduksi. Keputusan berlaku bagi setiap mobil produksi baru, baik berbahan bakar bensin maupun diesel.

Berdasarkan peraturan itu, setiap tipe baru kendaraan bermotor yang akan dipasarkan di Indonesia wajib menjalani uji keamanan dan uji emisi gas buang di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

MANFAAT

1. Uji emisi berguna untuk mengetahui efektivitas proses pembakaran bahan bakar pada mesin dengan cara menganalisis kandungan karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) yang terkandung di dalam gas buang.

2. Uji emisi berguna untuk mengetahui adanya kerusakan pada bagian-bagian mesin kendaraan.

3. Uji emisi juga berguna membantu saat melakukan setting campuran udara dan bahan bakar dengan tepat. Keuntungannya yaitu kita bisa memperoleh kepastian mengenai kinerja mesin kendaraan yang digunakan apakah dalam kondisi prima dan dapat diandalkan.

4. Uji emisi bisa mengirit bahan bakar, namun tenaga tetap optimal serta bisa menciptakan lingkungan sehat dengan udara yang bersih.

Jadi tunggu apalagi, segera cek kendaraan milik Anda, nikmati langit biru yang dipenuhi udara segar nan menyehatkan .. untuk kita dan untuk masa depan
nurcahyo
nurcahyo nurcahyo is offline
Continent Level

Post: 3.490
 
Reputasi: 13

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Biru Langitku, Sehat Udaraku

Program biru langit merupakan hal yang positif, sehingga bisa dilakukan hal yang bagus. Sehingga selanjutnya bisa meraih hasil maksimal.
vixitev
vixitev vixitev is online now
Continent Level

Post: 3.570
 
Reputasi: 5

__________________
Sip bos...
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Biru Langitku, Sehat Udaraku nurcahyo Mobil 1


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2022, Jelsoft Enterprises Ltd.