Sekilas Milis
 
Go Back   Home > Webmaster & Digital Marketing

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Sekilas Milis

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Sekilas Milis

Outline:
1. sekilas milis (arti, situs, istilah, macam2)
2. keanggotaan: owner, moderator, member
3. cara: daftar, diskusi
4. cara membuat milis sendiri
5. nama2 milis tt Islam

Sebagian dari kita mungkin pernah memanfaatkan fasilitas internet yang satu ini: milis. Ya, mungkin kita memanfaatkannya untuk mendapat informasi yang up-to-date, sebagai forum diskusi/saling berbagi info, dsb. Dan risalah ini dibuat untuk membantu Anda mengetahui lebih banyak lagi soal per-milis-an, khususnya milis di yahoogroups (doeloenya egroups). Semoga bermanfaat.

I. Apakah milis itu?

Milis adalah kependekan dari mailing-list, yang kalau di-Indonesia-kan berarti daftar email2. Ya, milis merupakan tipe komunikasi tertutup, sehingga hak suara hanya diperuntukkan bagi para anggota yang sudah mendaftarkan emailnya. Jadi, kalau kita belum mendaftar ke sebuah milis, tapi mencoba mengirim email ke sana, ya tentu saja emailnya gak bakalan sampai.

Ada beberapa portal/situs yang menyediakan fasilitas milis: Yahoo! Groups (populer), plasa.com, isnet, milis intern kampus/perusahaan, dsb.

Kiriman email2 di milis tersebut dinamakan 'postingan'. Jadi kalau si ABC ( abc@kecap.comThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it ) ngirim email ke milis kecap@yahoogroups.comThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it , maka diistilahkan dia memposting email. Selama milis masih berdiri tegak dan postingannya tidak dihapus oleh pemilik milis, maka postingan si ABC ini akan tetap disimpan dalam -semacam- arsip bersama postingan anggota2 milis kecap lainnya, sehingga bisa dibaca kapan saja. Tergantung pada setting milis yang ditentukan, arsip2 ini boleh dibaca umum atau hanya diperuntukkan bagi kalangan sendiri (anggota milis saja, red).

Selain beda setting seperti contoh di atas, ada pula macam2 milis berdasarkan arah komunikasi. Ada milis searah, namanya newsletter (terj. koran internet), karena yang berhak memposting email adalah pemilik/moderator milis seperti halnya koran kita pada kehidupan sehari-hari. Biasanya newsletter ini diterima pelanggan secara rutin; per hari, per minggu. Tidak ada diskusi terbuka di sini. Contoh milis ini adalah pada milis berita/risalah Islam/fatwa2, seperti Buletin Online dari alsofwah.or.id

Ada lagi milis dua arah. Ini pun di bagi dua: yang pakai moderator dan yang bebas bicara. Untuk jenis pertama, semua kiriman yang masuk harus mendapat persetujuan dari pemilik/moderator milis. Semua anggota punya hak bicara dalam diskusi, namun sebelum diteruskan ke seluruh anggota, postingan akan diseleksi dulu oleh moderator. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Riilnya seperti milis salafyoon dan assunnah di yahoogroups. Sedangkan pada jenis kedua (bebas bicara), setiap anggota bebas memposting email tanpa disensor oleh moderator. Resikonya, kadang dijumpai ada juga email yang 'nyasar' masuk ke milis jenis ini, sehingga cukup meributkan suasana, misalnya ada anggota yang sengaja mengirim virus dalam bentuk attachment atau anggota yang bicara tidak jelas. Dalam kondisi ini, moderator bisa membatasi hak bicara si bandel tsb, atau bahkan mengeluarkannya dari keanggotaan karena dia tidak mau paham visi/misi dan aturan di milis tsb.

Trus, jenis milis berdasarkan keanggotaan. Ada tiga macam juga: open, restricted, closed. Jenis pertama (open); maka siapa saja yang pingin gabung ke suatu milis bisa mendaftar dan langsung jadi anggota. Jenis kedua (restricted) artinya semua yang ingin boleh daftar, namun harus antri menunggu persetujuan moderator milis. Ini untuk mencegah orang2 yang punya rerputasi jelek dalam dunia per-milis-an, misalnya suka merilis perdebatan yang gak perlu, suka spam (membanjiri milis dengan email2 sampah), dll. Jenis terakhir (closed) adalah milis khusus untuk anggota yang dikehendaki. Misalnya seseorang ingin membuat sebuah milis khusus bagi ayah, ibu dan adek-adeknya. Maka otomatis orang lain yang bukan keluarganya tapi ingin masuk tidak diperbolehkan (baca: mengganggu privasi)

II. Siapa saja yang hadir di milis?

Ada tiga kelompok:
1. owner/pemilik:
dia adalah pendiri milis. Dia yang mendaftarkan milis dan mengatur settingnya. Dia punya hak penuh terhadap milis yang dia buat, bahkan dia pun bisa menghapus milis dari peredaran.
2. moderator:
kita pasti sering mendengar istilah ini dalam diskusi. Ya, moderator di sini pun sama tugasnya. Dia baru 'kelihatan' bekerja saat milis disetting moderated alias semua email yang masuk harus disetujui moderator. Bahkan dia pun bisa mengeluarkan seseorang yang 'bandel'. Dan tentu saja, si owner punya hak seperti itu, karena yang 'mengangkat' moderator adalah si owner.
3. member/anggota milis:
mereka adalah orang2 yang terlibat langsung dengan postingan. Pada dasarnya, setiap member milis berhak mem-post-kan email, kecuali jika milisnya berupa newsletter. Untuk jenis ini, member hanya bisa mengontak owner milis.

Lalu, dimanakah kita bisa melihat daftar ketiga kelompok ini?
Pada milis @yahoogroups.com, kita bisa melihat di direktori Members. Namun, jika milis di-setting untuk tidak menampilkan daftar anggota, ya itu lain soal, karena berarti daftar tsb hanya boleh dilihat oleh owner/moderator. Hal ini terutama untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam komunikasi di internet.

Untuk tutorial selanjutnya, kita akan membahas mengenai cara mendaftar, berdiskusi, berhenti dari keanggotaan, membuat milis sendiri dsb, yang kesemuanya berdasarkan aturan2 di yahoogroups. (ua)

III. Bagaimana caranya jadi anggota milis?

Ya, ada dua langkah untuk itu:
1. Cari nama milis yang hendak diikuti. Bisa dengan cara nanya ke teman, surfing di situs, nyari sendiri di yahoogroups, dsb.

2. Daftarkan email Antum ke milis tsb. Ada tiga cara yang bisa dilakukan (boleh pilih salah satu). Misalnya di sini kita hendak mendaftar ke milis salafyoon@yahoogroups.comThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it , dan email kita yang akan didaftarkan adalah: abc@kecap.comThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it :

a. Saat surfing ke situsnya (salafyoon.cjb.net), kita akan melihat form kecil untuk mendaftar ke milis. Silakan tulis email Antum di situ, dan tunggu beberapa saat.... kemudian bukalah mailbox Antum ( abc@kecap.comThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it ).
Akan ada email dari yahoogroups yang meminta Antum untuk mengkonfirmasikan keanggotaan Antum di milis salafyoon. Sekarang, silakan reply/balas email tersebut, dan tunggu email ''Welcome'' dari salafyoon. Kalau sudah, berarti Antum sudah menjadi anggota milis ini. Selamat.

b. Mengirim email untuk mendaftar.
Caranya: kirim email kosong ke: namamilis-subscribe@yahoogroups.com.This email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it Misalnya dalam kasus ini, maka kita kirim email kosong ke salafyoon-subscribe@yahoogroups.com.This email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it
Judul & isi email tidak perlu diisi. Biarlah kosong apa adanya.
Setelah terkirim, tunggu beberapa saat... dan ada email baru dari yahoogroups untuk konfirmasi (seperti cara a). Langkah selanjutnya sama.

c. Mendaftar langsung dari yahoogroups.com
Syaratnya: Antum harus punya ID di yahoo. ID ini berupa alamat email kita di yahoo. Misalnya: iniaku@yahoo.comThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it , maka ID kita adalah: iniaku. Bagi yang belum punya, silakan daftar dulu ke Yahoo!Mail
Cara daftar ke milis: cari alamat milis salafyoon (bisa dengan fasilitas search).
Kemudian, bukalah home (halaman awal) milis salafyoon, dan pilih untuk ''join''. Silakan isi form pendaftaran, dan tunggu konfirmasi di email kita. Langkah selanjutnya sama dengan atas.

Sebagai catatan, untuk milis yang keanggotaannya restricted, waktu menerima pesan ''Welcome'' dari milis mungkin agak lama, tergantung kapan si moderator online dan menyetujui keanggotan Antum. Dan satu lagi, kalau masuk ke closed-milis, siap-siap saja untuk tidak menerima pesan ''Welcome'' selamanya...

IV. Berdiskusi di milis

Seperti yang telah kita ketahui, milis merupakan ajang diskusi di internet. Email yang kita postingkan ke suatu milis akan dikirimkan ke seluruh anggota milis tsb. Tidak ada istilah email hanya ditujukan untuk sebagian anggota milis. Dan telah kita ketahui pula, untuk milis berbentuk newsletter, member tidak bisa mengirim email ke milis. Hanya moderator yang berhak mengirim. Oleh karena itu, di sini kita hanya akan membahas diskusi dalam email dua-arah, baik yang moderated maupun yang bebas bicara.

Sebelumnya, perlu kita ketahui tipe2 penerimaan postingan milis(@yahoogroups). Ada empat jenis:
1. email individual biasa: jadi setiap email masuk ke milis, kita nerimanya saat itu juga. Tiap kiriman, kita dapet satu email.
2. email digest : kita cuma nerima satu email tiap hari (berisi kumpulan postingan sehari itu)
3. special notice: kita hanya mendapat email yang ditandai khusus oleh moderator.
4. no email : kita nggak dikirimi email satu pun. Namun, kita masih jadi anggota, sehingga kita bisa membacanya di web (yahoogroups, red). Untuk itu, pada umumnya kita memerlukan Yahoo! ID supaya bisa sign-in di yahoogroups.com untuk baca2 postingan milis. Ini biasanya digunakan untuk milis yang cukup padat postingannya, bisa >10 email tiap hari.

Layaknya berkirim email biasa, dalam mem-posting email ke milis pun kita tidak perlu repot-repot. Tingga kirim email yang kita kehendaki ke namamilis@yahoogroups.com.This email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it Dalam contoh sebelumnya, berarti kita ngirim ke salafyoon@yahoogroups.comThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it . Beres!
Dan untuk menanggapi postingan dari anggota lain, kita perlu memperhatikan tujuan tanggapan kita. Lihat sekali lagi kemana tanggapan tersebut; apakah ke salafyoon@yahoogroups.comThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it , atau ke person yang kita tuju ( abc@kecap.comThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it ) ? Hal ini perlu diperhatikan, karena tak jarang kita dapati email nyasar: seharusnya japri (jalur pribadi), namun tak sengaja terkirim ke milis. Berhati-hatilah....

Dan jika karena suatu hal kita keluar dari sebuah milis, ada dua cara yang bisa kita lakukan:
1. dari email
Kirim email dari mailbox Antum (misalnya abc@kecap.comThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it ) dengan subject/judul: namamilis-unsubscribe@yahoogroups.com.This email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it Misalnya kita mau berhenti dari milis kecap@yahoogroups.comThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it , maka tinggal kirim email kosong ke kecap-unsubscribe@yahoogroups.comThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it
Tunggulah sebentar... dan akan ada email dari yahoogroups sebagai konfirmasi apakah Antum benar2 hendak keluar dari milis. Jika tekad sudah mantap untuk keluar, email tsb tinggal di-reply saja. Selesai!

2. dari yahoogroups
Masuklah ke grup milis yang Antum hendak keluar darinya. Dan carilah tulisan ''leave group''. Silakan di-klik. Dan Antum sudah benar2 keluar dari keanggotaan milis tsb.

V. Bagaimana cara membuat milis sendiri??
Untuk membuat milis sendiri di yahoogroups mudah sekali caranya. Tinggal ikuti prosedurnya ketika meng-klik: ''Start a group''. Cuma beberapa menit, dan milis kita sudah jadi.
Selamat mencoba... (ua)
andy_baex andy_baex is offline
National Level

Post: 1.860
 
Reputasi: 5

__________________
blog tutorial www.soloboys.blogspot.com
Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Sekilas Milis

thank's atas info nya.......

mo nyoba milis ahhhhhhh
breave
breave breave is offline
Village Level

Post: 50
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Pendatang baru

terima kasih atas sarannya
sekali lagi terima kasih
;)
saya sebagai newbie sangat mengharap info2 dari saudara sekalian
sekali lagi terima kasih
:D
:mantapp:
m4rt1_1a m4rt1_1a is offline
Home Level

Post: 4
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Sekilas Milis

iots goodes nmoes jkngjn
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Sekilas Milis

aku mo tanya neh, tapi kenapa setelah aku buat mailing list sendiri kok ndak bisa setelah aku ikuti prosedur yang ada, yaitu dengan mengklik start a group.
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:

loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Registrasi Nama Domain : Urun Rembug di Milis IDNIC irigster Webmaster & Digital Marketing 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.