Perintah Dasar php Yang Wajib di Mengerti

anak_dumai

New member
Biar temen-temen yang masih belajar bisa bareng-bareng belajar sama saya. Karena saya sendiri sebenarnya masih belajar php samapai sekarang Belum bisa-bisa dari dulu Hehehe Dan tentunya perintah-perintah di bawah ini adalah yang sangat-sangat dasar sekali.

1. <? [perintah] ?> atau <?php [perintah] ?> : untuk memulai dan mengakhiri penulisan perintah-perintah php.

2. echo [data] : menampilkan data yang diinginkan. contoh: <? echo "aku ganteng";?>

3. $[nama variabel] : Inisialisasi nama variabel namun dilarang dimulai dengan angka. Contoh: <? $A;?>,<? $a;?>

Contoh untuk gabungan perintah 1-3:

contoh 1:

<? $a="aku"; echo $a;?>

tampilannya adalah:

aku

contoh 2:

<? $a=1; echo $a;?>

tampilannya adalah:

1


Untuk contoh 1 dan 2, mungkin temen2 dah lihat ada perbedaan. di contoh 1 isi variabel a ditulis dengan tanda petik, sedangkan di contoh 2 tanpa tanda petik. Kalau temen2 menuliskan nilai variabel dengan tanda petik, berarti nilai yang temen2 tulis berupa string, sedangkan kalau teman2 menulis tanpa petik, maka nilai akan dibaca sebagai numerik. contoh: ... $a="123" ... ---> adalah nilai string. ... $a=123 ... --->adalah nilai numerik. Perbedaannya pada saat temen2 menggunakan fungsi perhitungan like "+","-","*", atau "/", atau "=" dan "==".

Terus, gimana kalau seandainya kita mau menampilkan lebih dari satu variabel atau data yang sudah kita tentukan misal "nilainya adalah: [variabel]"? cara paling sering dipakai adalah dengan memberikan pembatas antar variabel atau variabel dan data.
Contoh:

<? $a=123; $b="nilai:"; echo $b.$a;?>

hasil:

nilai:123

contoh 2:

<? $a=123; echo "nilainya adalah:".$a;?>

hasil:

nilainya adalah:123

Selanjutnya gimna kalau seandainya kita ingin mengkombinasikan antara PHP dengan HTML. Klo aku ngg salah tangkap dari materi-materi php, untuk memasukkan kode php kedalam html dapat dilakukan pada hampir setiap bagian dari baris-baris code html yang diinginkan. Contoh:

<html>
<body>
<? echo "aku";?>
</body>
</html>

contoh lain:

<html>
......
<body>
<div class="<? echo $a;?>">isi div</div>


Operasi-operasi aritmatika dalam php
Operasi aritmatika dalam php hampir sama persis dengan aritmatika untuk bahsa C (bagi yang sudah bermain C ), hanya saja kalau di php kita ngg perlu menginisialisasikan apakah bilangan kita termasuk integer, float, dll.Fungsi-fungsi aritmatikanya sebagai berikut:

+ (plus). contoh: 1+1 maka hasilnya adalah 2
- (minus). contoh: 1-1 maka hasilnya adalah 0
* (kali). contoh: 1*2 hasilnya adalah 2
/ (bagi). contoh: 2/1 hasilnya adalah 2
% (yang ini klo ngg salah sih istilahnya modulus ). contoh: 3%2 hasilnya adalah 1 dan 2%2 hasilnya adalah 0.
 
Bls: Perintah Dasar php Yang Wajib di Mengerti

Dikit nambahin untuk yang penting (mungkin)... PHP sangat case sensitif, jadi $A berbeda dengan $a, $Abc berbedan dengan $abc. Karena masih banyak yang suka lupa (mungkin lagi), terutama yang sesudah terbiasa dengan ASP, beralih ke PHP.
 
Back
Top