Cara mengembangkan Self-Respect

EsterAntonia

New member
Self-respect adalah hal yang penting untuk hidup yang bagus. Jika kita kuran self-respect, kita akan merasa tidak aman dan malah berusaha menjadi orang yg bukan kita. Untuk mengembangkan self-respect berarti qt menumbuhkan kepercayaan diri agar bisa merespon tantangan hidup. Berikut adalah cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan self-respect. Ingat, self-respect datang dari kepercayaan dari dalam dan bukan dari perasaan egois-merasa paling superior.

1. Jadilah dirimu yang sebenarnyaBe True to Yourself
Ada tekanan sosial dari orang tua, pekerjaan, dan lingkungan untuk menjadi orang tertentu dan mencapai hal-hal tertentu. Tapi, self-respect yang sebenarnya datan dari menjadi panggilan dalam diri yang sebenarnya. Sangatlah pentung qt memiliki kepercayaan akan nilai-nilai pribadi qt dan mengingat apa yang paling penting bagi qt. Hanya karena orang lain berpikir kamu harus bersikap dengan cara tertentu, bukan berarti mereka benar.Setiap orang perlu mengikuti jalan mereka sendiri meskipun saat orang lain tidak menghormati keputusan yang menurut qt penting. Cukup tanya diri kita sendiri apakah kita datang ke dunia ini untuk menyenangkan si A, si B, atau hidup demi kebahagiaanmu.

2. Belajar untuk mengatasi kritik

Kita adalah makhluk yang sensitif. Tidak seorangpun menyukai kritik atau saat kita dikritik, baik secara langsung maupun tidak langsung, kita merasa buruk tentang diri kita sendiri- meskipun kritik tsb belum tentu benar. Untuk mengembangkan self-respect, kita harus tahu cara merespon kritik. Lihatlah kritik tsb dari perspektif yang terpisah. Mungkin saja kritik itu salah, dalam kasus ini qt hanya perlu mengabaikannya. Jika ada beberapa yang benar, kita bisa menggunakannya untuk mengembangkan karakter qt. Bagaimanapun, adalah penting untuk tidak menganggap kritik tsb tlalu personal. Hanya karena qt tidak terlalu bagus dalam mengerjakan tugas tertentu, bukan berarti qt harus kehilangan self-respect tsb.

3. Perhatikan penampilan tanpa menjadi budak fashion

4. Hindari rasa iri hati
Iri dengan kesuksesan orang lain adalah cara yang umum untuk kehilangan kebahagiaan dan self respect. Qt merasa buruk dan tidak merasa nyaman dengan kesuksesan mereka. Terkadang hal itu bahkan bisa mendorong qt untuk mengganggu orang lain. Jika qt selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, qt mengatakan self respect qt tkandung pada apakah lebih baik dari orang lain atau tidak. Akan tetapi, kebenarannya yaitu, akan selalu ada orang yang lebih baik, lebih seukse daripada kita.

5. Ingat motivasi pribadi bukan hasilnya

Terkadang qt bekerja dengan motivasi terbaik dan hanya akan kecewa dengan hasilnya. Masalahnya adalah qt menyamakan self-respect qt dengan kemakmuran, kesuksesan, dan tingkat sosial. Ini adalah kondisi yang alami, bahwa sesuatu sering tjd tidak sesuai dengan harapan qt tapi adalah salah jika qt menghubungkan rasa berharga dengan pencapaian target eksternal. Self respect muncul saat qt menilai sikap qt thd hidup dan orang lain. Meskipun saat hal-hal menjadi buruk, jangan kehilangan self-respect.

6. Hormati orang lain

Jika kamu tidak memiliki repsect terhadap orang lain, bagaimana b isa qt memiliki self respect. Self respect berarti kita memiliki kepercayaan diri dari dalam dan jaminan batin yang bukan dibangun dari superioritas. Superioritas adalah pendekatan yg salah utk mendapatkan perasaan yang menyenangkan. Jika qt melihat kualitas yang bagus pada orang lain, akan lebih mudah bagi qt untuk mengingat kualitas yang baik pada diri sendiri.

7. Jangan Pernah membenci diri sendiriNever Hate Yourself
Qt mbuat kesalahan, kita mungkin melakukan sst dgn tidak benar, tapi sebaiknya hal itu jgn mbwt qt down. Jika tidak berhati-hati, qt akan mulai menyesali banyak hal bahkan membenci diri sendiri. Qt tdk boleh pernah sekalipun membenci diri sendiri karena hal tersebt sangat bsifat mhancurkan. Dengarkan suara hati qt tapi jangan terlalu keras pada diri sendiri dan merasa terbebani dengan kesalahan.

8. Maafkan

Memaafkan orang lain dan memaafkan diri sendiri. Tidak hidup di masa lalu, tapi, bergerak dari kesalahan masa lalu dan situasi sulit. Jika pikiran Anda dipenuhi dengan masalah-masalah dari masa lalu, Anda akan selalu merasa bersalah dan tidak berharga. Jangan biarkan nilai diri Anda akan ditentukan oleh kesalahan masa lalu.
 
Bls: Cara mengembangkan Self-Respect

8. Maafkan

Memaafkan orang lain dan memaafkan diri sendiri. Tidak hidup di masa lalu, tapi, bergerak dari kesalahan masa lalu dan situasi sulit. Jika pikiran Anda dipenuhi dengan masalah-masalah dari masa lalu, Anda akan selalu merasa bersalah dan tidak berharga. Jangan biarkan nilai diri Anda akan ditentukan oleh kesalahan masa lalu.

=b= =b= =b=
satu bintang buatmu non
 
Bls: Cara mengembangkan Self-Respect

iyaahh....hmmharus banyak- banyak...n banyaaaaaaaaakk lagi buat belajar....menumbuhkan motivasi diri... dan terus bertahan & melangkah di kehidupan ini...tentunya dengan self respect
 
Bls: Cara mengembangkan Self-Respect

eeeeeeeeeehhhh...ada yang ketinggalan....klik buatmu non
 
Back
Top