Film Hollywood: The Ghost Writer

Kalina

Moderator
Pierce Brosnan kembali ke layar lebar. Aktor gaek pemain James Bond itu kembali dengan film barunya yang berjudul The Ghost Writer. Film yang disutradarai Roman Polanski (Rush Hour 3) itu mengambil setting Amerika Serikat. Di film itu Brosnan bermain sebagai perdana menteri Inggris yang bekerja sama dengan seorang penulis naskah untuk mengungkap kematian misterius pendahulunya.
 
Bls: News: The Ghost Writer diBintangi oleh Pierce Brosnan

Film Roman Polanski Diunggulkan di Berlinale

polanski517-dlm.jpg


Berlin - Festival Film Internasional Berlin sudah digelar mulai 11 Februari lalu dan akan berakhir pada 21 Februari 2010. 'The Ghost Writer', film garapan Roman Polanski pun diunggulkan untuk meraih penghargaan Film Terbaik.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (16/2/2010), sutradara berusia 76 tahun yang kini menjadi tahanan rumah di Gstaad, Swiss itu sepertinya bisa melupakan sedikit masalahnya. 'The Ghost Writer' menjadi salah satu dari 20 film yang akan bersaing mendapat penghargaan Golden Bear. Sebelumnya, ia sudah pernah mendapatkannya lewat 'Cul-de-Sac' pada 1966.

Pada 1977, Roman sempat ditangkap atas tuduhan telah melakukan pelecehan seksual terhadap anak gadis berusia 13 tahun. Saat itu, ia dibebaskan setelah sempat dipenjara selama 42 hari. Hingga akhirnya, sutradara 'The Pianist' itu ditangkap saat dirinya berada di bandara Zurich, Swiss pada 26 September 2009 lalu, atas permintaan pihak berwenang Amerika Serikat dengan tuduhan yang sama.

'The Ghost Writer', film thriller yang bertema politik itu diadaptasi dari novel karya Robert Harris. Film tersebut dibintangi Ewan McGregor dan Pierce Brosnan.
 
Bls: News: The Ghost Writer diBintangi oleh Pierce Brosnan

film22731.jpg




Sebagai penulis buku yang sukses di Inggris, The Ghost, setuju untuk menyelesaikan memoar mantan Perdana Menteri Inggris Adam Lang. Agennya meyakinkannya bahwa ini adalah kesempatan seumur hidup. Proyek sejak awal penuh keganjilan, diawali dengan meninggalnya ajudan setia Lang dalam kecelakaan. The Ghost keluar kota untuk mengerjakan proyek tersebut, di tengah musim dingin disebuah rumah di pulau lepas pantai timur Amerika. Namun sehari setelah kedatangannya, mantan menteri kabinet Inggris menuduh Lang mengotorisasi penyitaan ilegal yang dicurigai sebagai teroris dan mengatasnamakan CIA – sebuah kejahatan perang. Kontroversi ini membuat wartawan dan pengunjuk rasa menyerbu ke pulau rumah mewah di mana dia tinggal bersama istrinya, Ruth, dan asisten pribadinya, Amelia. The Ghost menemukan petunjuk yang membawanya pada sebuah rahasia yang menghubungkan Lang kepada CIA – dan entah bagaimana informasi ini tersimpan dengan baik

Jenis Film :
Drama - Dewasa (adult)
Produser :
Roman Polanski, Robert Benmussa, Alain Sarde, Patrick Wachsberger
Produksi :
Summit Entertainment
Durasi :
0


Pemain :
Ewan Mcgregor
Pierce Brosnan
Olivia Williams
Kim Cattrall
Sutradara :
Roman Polanski
Penulis :
Roman Polanski
Robert Harris
 
Bls: Film Hollywood: The Ghost Writer

Dalami Karakter The Ghost lewat Novel
BEKERJA sama dengan sutradara kawakan, Roman Polanski, membuat Ewan McGregor sedikit nervous. Saat pertama ditawari bermain dalam film itu, McGregor hanya berbicara via telepon dengan Polanski.

"Polanski menawariku peran melalui telepon. Wow! Awalnya, aku shock dan nervous. Aku tidak bisa membayangkan bekerja sama dengan sutradara sehebat Polanski," tutur McGregor. Beberapa minggu setelahnya, Polanski menemui McGregor untuk memastikan. Dan, McGregor tidak memerlukan waktu lama untuk menjawab tawaran tersebut.

Pertama membaca skrip, McGregor agak kesulitan mendalami perannya. Dalam skrip tersebut, hanya diceritakan sedikit sifat-sifat The Ghost. Meski hanya berbekal sedikit petunjuk, McGregor ternyata mampu mendalami karakter itu dengan sempurna.

"Selain dari skrip yang diberikan Polanski, aku membaca novel aslinya. Dari novel, aku mengetahui secara lengkap karakter The Ghost. Robert Harris menceritakannya secara detail. Sangat membantuku dalam pendalaman karakter," terang McGregor.

Setelah berhasil mendalami karakter yang dimainkannya, McGregor makin jatuh cinta kepada karakter The Ghost. Dia menganggap The Ghost memiliki kemampuan bersosialisasi yang luar biasa.

Salah satu sisi The Ghost yang paling McGregor sukai adalah kemampuan menipu dengan cerdik. "Ini adalah karakter yang sangat fun untuk dimainkan. Dan menurutku, Ghost adalah seorang ghost writer yang hebat," tambah McGregor.
 
Bls: Film Hollywood: The Ghost Writer

Dianggap Sindir Tony Blair
BUKAN Roman Polanski namanya jika tidak dekat dengan kritik dan polemik. Tahun ini sutradara yang membidani The Pianist pada 2002 itu kembali dengan karya terbaru, The Ghost Writer, yang dibintangi oleh beberapa nama terkenal. Di antaranya, Ewan McGregor dan Pierce Brosnan.

The Ghost Writer juga mendapat kritik di awal. Terutama dari pemerintahan Inggris. Hal itu disebabkan karakter yang dimainkan oleh Pierce Brosnan dalam film tersebut dikabarkan bermaksud menyindir Tony Blair.

Seperti yang diceritakan dalam novelnya, Adam Lang (Pierce Brosnan) adalah mantan perdana menteri yang terjerat kasus kejahatan perang yaitu memberlakukan metode penyiksaan terhadap narapidana teroris.

Stasiun televisi BBC juga menyebut bahwa karakter Lang sangat mirip dengan Tony Blair. Kejahatan perang yang dilakukan Lang dalam film itu sempat dibandingkan dengan kejadian saat perang di Iraq.

Mendapat banyak kritik tidak membuat sutradara kelahiran Prancis itu takut membuat film-film thriller dengan nuansa politik. Hal itu justru memacunya untuk semakin berani menghasilkan film bergenre sejenis. "Aku menyukai ketegangan yang muncul dalam thriller dengan bumbu politik. Sangat menantang pembuatannya," tutur Polanski.
 
Bls: Film Hollywood: The Ghost Writer

127261large.jpg


Ungkap Rahasia Eks Penguasa
Penulis Bayangan Melacak Kebenaran

SUTRADARA Roman Polanski (The Pianist, The Ninth Gate) kembali memberikan sentuhan thriller pada dunia film. Kali ini, Polanski bekerja sama dengan aktor kawakan Pierce Brosnan (James Bond, Remember Me) dan Ewan McGregor (The Island, The Men Who Stare at Goats).

Film berjudul The Ghost Writer itu merupakan film bergenre thriller dengan latar belakang dunia politik. Dalam film tersebut, Ewan McGregor berperan sebagai seorang ghost writer berjuluk The Ghost.

Dalam dunia nyata, ghost writer merupakan sebutan bagi penulis-penulis yang tidak mencantumkan nama dalam karyanya. Justru penulis tersebut menuliskan suatu karya yang akan diakui oleh orang lain sebagai miliknya.

Film itu sangat kental dengan suasana political thriller dan pengkhianatan yang terjadi pada setiap level kehidupan. Masa lalu yang buruk berusaha disembunyikan oleh sosok yang pernah berkuasa sebelumnya.

Cerita berawal saat The Ghost (Ewan McGregor) mendapat tugas untuk menulis biografi mantan Perdana Menteri Adam Lang (Pierce Brosnan). Awalnya, Ghost bukanlah penulis yang ditunjuk oleh sang mantan perdana menteri untuk menulis biografinya. Penulis sebelum The Ghost meninggal di tengah-tengah tugasnya.

Setelah diselidiki, ditemukan bahwa ghost writer itu meninggal dalam sebuah kecelakaan yang tidak wajar. Karena penulisan biografi tersebut belum selesai, seorang agen menunjuk The Ghost untuk melanjutkan. Merasa hal itu merupakan kesempatan langka, Ghost menerima tawaran tersebut.

Ghost mulai menulis segala kehidupan Adam Lang. Lama-kelamaan, Ghost menemukan sesuatu yang mencurigakan dalam kehidupan Adam Lang. Dia menemukan beberapa petunjuk yang mengarah pada kejahatan yang pernah dilakukan Lang selama menjadi perdana menteri.

Semakin lama Ghost menulis kehidupan Lang, semakin banyak kejanggalan yang dia temukan. Lama-kelamaan Ghost justru menjadi bagian dari cerita kehidupan Lang yang seharusnya dia tulis.

Ghost seperti kehilangan arah dan objektivitas dalam menuliskan karyanya. Hal itu terjadi karena dia menemukan beberapa petunjuk janggal yang menghubungkan antara CIA dan kehidupan Lang.

Ghost menyangka, hal itulah yang menjadi penyebab terbunuhnya sang penulis pendahulu. Ghost pun berjuang sendirian untuk mengungkap kejahatan perang yang pernah dilakukan Lang saat masih menjabat sebagai perdana menteri.

Apakah sang ghost writer sebelum The Ghost terbunuh akibat kebenaran mengejutkan yang hampir dia ungkapkan?

Film yang diadaptasi dari novel The Ghost karya Robert Harris itu banyak mendapat review positif dari pencinta film. Polanski dinilai mampu meracik plot dan menciptakan ketegangan yang tidak mengada-ada. Rating film tersebut berkisar 7,5-8,8 dalam skala 10.

"Kekuatan Ghost Writer ada pada gaya penyutradaraan stylish ala Polanski, skenario yang menegangkan, dan performance kuat McGregor," tulis salah seorang komentator di situs rottentomatoes. The Ghost Writer dijadwalkan segera tayang di beberapa bioskop Indonesia.

The Ghost Writer

Rilis : April 2010

Sutradara : Roman Polanski

Penulis : Robert Harris, Roman Polanski

Pemain : Ewan McGregor, Pierce Brosnan, Jon Bernthal, Kim Cattrall

Genre : Thriller

Durasi : 2 jam 8 menit

Studio : Summit Entertainment
 
Bls: Film Hollywood: The Ghost Writer

DID U KNOW

Dalam dunia jurnalis, memang dikenal istilah ghost writer. Istilah itu ditujukan bagi penulis profesional yang dibayar untuk menulis karya berupa buku, artikel, laporan, maupun teks lain. Selanjutnya, karya tersebut diakui sebagai milik orang lain.

Meski memiliki rating PG-13, film tersebut lebih cocok bagi orang dewasa. Dialog yang ditampilkan dalam cerita itu tergolong banyak. Tema yang diangkat dalam film tersebut juga tergolong "berat".

Sebagai salah satu pemeran utama dalam film itu, Pierce Brosnan hanya mendapatkan sedikit kesempatan untuk muncul. Lawan mainnya (Ewan McGregor) mendapatkan frekuensi kemunculan lebih banyak.

The Ghost Writer berhasil mendapatkan penghasilan USD 11 juta (sekitar Rp 110 miliar) selama penayangannya di Amerika.

Film tersebut diangkat dari novel berjudul sama karya Robert Harris. Novel yang muncul pada 2007 itu baru memulai proses syuting pada 2009 dengan memasangkan aktor gaek Pierce Brosnan dan Ewan McGregor.

Karakter yang dimainkan Ewan McGregor dalam film tersebut memang hanya berjuluk The Ghost. Akhirnya, dia memutuskan untuk menyebut karakter yang dimainkannya sebagai Gordon McFarquor.

Kali pertama diputar dalam Berlin Film Festival, The Ghost Writer meraih penghargaan sebagai Best Director. Namun, sang sutradara Roman Polanski tidak dapat menghadiri acara itu karena masalah hukum yang menimpanya.
 
Back
Top