Jangan Terlalu Banyak Ngerem, ini akibatnya ...

gusrus

New member
Jangan Terlampau Sering Injak Pedal Rem Motor Nining yangmemiliki Honda Fit X sempat dibuat kesal. Bebeknya itu baru berusia 1,5 bulan, tetapi akinya sudah tekor. Maka, dibawalah ke bengkel resmi terdekat. Pihak bengkel pun agak heran. Namun, Si Ibu disuruh mengendarai motornya dan didapatlah jawabannya.

Kesalahan bukan pada motor, melainkan cara berkendara pemiliknya. Nining tanpa disadari telah menginjak pedal rem terus-menerus. Di sinilah sumber pemborosan aki. “Hal itu sangat mungkin terjadi karena listrik untuk lampu rem langsung dari aki lewat kunci kontak. Begitu kunci di (posisi) ON, itu langsung mengambil arus (listrik),” jelas Handi Hariko, Deputy Manager Service PT Astra Honda Motor.

Secara teknis, hal itu cukup masuk akal, walau lampu rem 12 volt 5 watt dan didukung aki 5 ampere. Adapun di Honda Tiger yang lampu utamanya 35 watt dengan aki 7 ampere dan terus menyala tidak masalah. "Kalau itu jelas karena perbedaan di kumparan atau sepul. Regulator atau kiprok Tiger lebih besar untuk pengisian aki," lanjut Handy yang berpesan, terlalu sering menginjak pedal rem bisa merusak komponen lain di antaranya hambatan atau soket kelistrikan yang pasti ikut panas.

Solusinya, selain mengubur kebiasaan injak pedal rem terus-menerus, termasuk juga di lampu lalu lintas, pedal rem harus disetel ulang saat servis. Mekanik atau pemilik mencocokkan lagi posisi kaki di pedal rem sebab ini berhubungan dengan kebiasaan dan setiap orang umumnya berbeda.

Trik lain, mengganti dengan lampu LED karena komponen ini hanya butuh listrik 1 watt. Selain itu, masa pakainya lebih panjang, bisa sampai sekitar 50.000 jam dan tampilannya lebih eye catching.

Aki bisa tekor tak hanya karena keseringan injak pedal rem. Mematikan mesin dengan engine cut-off karena tanpa disadari, posisi kunci masih di ON sehingga arus listrik terus mengalir ke lampu (kebetulan, saat jalan menggunakan lampu di siang hari)

Info: www.motor2.tk
 
Bls: Jangan Terlalu Banyak Ngerem, ini akibatnya ...

WAh ini engga sembarangan info. Seharusnya pemilik motor tau termasuk para tukang ojeg.
 
Bls: Jangan Terlalu Banyak Ngerem, ini akibatnya ...

wah ternyata begitu to.... baru tau aku...
tambah pengetahuan nih..
 
Maka harus diperhatikan betul, agar bisa awet akinya. Kalau rem diinjak terus, maka boros karena lampu nyala.
 
Handi Hariko, Deputy Manager Service PT Astra Honda Motor.
yaa... manager service yg lulusan ekonomi pasti. bahkan tanpa titel depan/belakang.
...
kalo cuma lampu rem nyala selamanya sih gak bakalan ngebuat tekor accu.
(dalam kondisi mesin hidup 500 rpm sudah mampu menyalakan lampu 5-10watt lewat pengisian tanpa dipasang accu juga nyala)
tu yg gak bener bisa accu jelek, coil pengisian+kiprox gak fungsi baik (gak ada arus pengisian)
efek injek rem terus2an apa? ya motor jadi berat mesinnya(boros bbm). kampas juga cepet tipis, cakram/tromol jadi panas dll... kaki cape (gak relax)
 
Back
Top