NOKIA N95, Makin 'Multimedia' Dengan GPS

nurcahyo

New member
NOKIA N95, Makin 'Multimedia' Dengan GPS


KapanLagi.com - Anda mungkin bisa sedikit menerka fitur-fitur apasaja yang dimiliki oleh NOKIA N95, berdasarkan pembahasan produk NOKIA N-series yang pernah dibahas sebelumnya, yakni NOKIA N93. Dan pastinya tebakan Anda itu sangat mendekati kebenaran.

NOKIA N95 memiliki fitur-fitur yang kurang lebih sama dengan produk pendahulunya, yakni NOKIA N93. Memiliki tampilan layar seluas 2.6", NOKIA N95 memiliki ukuran display 240x320 pixel, kamera berkekuatan 5 megapixel, HSDPA, WiFi/WLAN, UMTS dan navigasi satelit berbasis GPS. Ada juga fitur radio FM di dalamnya.

NOKIA N95 memiliki desain fisik two-way slider. Jika bagian atas ditarik atau digeser secara vertikal, Anda akan menemukan tombol-tombol alias keypad yang disusun seperti model ponsel slider pada umumnya. Layar pada NOKIA N95 didesain untuk mampu menampilkan tampilan dalam mode landscape alias horizontal.

Web browser juga bisa digunakan dengan mode ini, dengan memanfaatkan kemampuan dari NOKIA N95 dalam menampilkan gambar dengan lebar hingga 320 pixel. Kapasitas memory internal yang dimiliki NOKIA N95 pun lebih dari cukup, yakni 160Mb, dan bisa ditambah dengan memory tambahan berbentuk microSD. Tentu saja, ada juga fitur MP3 player, yang merupakan salah satu bagian dari brand image ponsel ini yang sangat mendukung multimedia.

Berbicara soal video klip, NOKIA N95 mampu melakukan perekaman dengan kualitas setara dengan DVD dengan tampilan 640x480 pixel @30fps dan perangkat ini juga memiliki kelengkapan autofocus. Kamera yang dimilikinya juga menggunakan lensa Carl Zeiss, dengan kemampuan autofocus pula. Hal ini pula yang membedakannya dengan generasi terdahulunya, NOKIA N93, yang hanya punya fitur optical zoom.

Kembali pada masalah konektivitas, perangkat ini dilengkapi dengan fitur WCDMA/UMTS 2100MHz, yang berfungsi baik pada jaringan 3G Eropa dan juga mendukung transfer data kecepatan tinggi, HSDPA. NOKIA menyatakan bahwa NOKIA N95 didesain untuk bisa mendukung pengiriman data sebesar 1 hingga 2 Mbps, yang tentu saja dalam area yang mendukung HSDPA.

Selain itu, NOKIA N95 juga mendukung 802.11b dan g WiFi, jaringan quad-band GSM, EDGE dan GPRS. Sebagai tambahan, diberikan pula fasilitas Bluetooth stereo dan port infra merah, serta bisa dihubungkan dengan kabel USB untuk keperluan transfer data.

Fasilitas GPS pada NOKIA N95 mampu menampilkan aplikasi peta di 100 negara, mencakup lebih dari 15 juta titik-titik lokasi.

NOKIA N95 menggunakan sistem operasi berbasis Symbian S60, yang mampu mendukung aplikasi secara lebih luas. Aplikasi tersebut meliputi serangkaian program untuk memanipulasi dan berbagi image dan video klip, multimedia player, visual radio, web browser, email client, file viewer dan perangkat manajemen personal lainnya.

NOKIA N95 memiliki dimensi fisik 99x53x21mm dan berat 120 gram. Baterai yang dimiliki NOKIA N95 mampu bertahan memiliki kemampuan 2 jam 40 menit waktu bicara melalui fasilitas 3G dan hanya 3.5 jam untuk jaringan GSM, serta pemutaran musik mampu mencapai 7 jam.



Spesifikasi:

Jaringan: GSM 850/900/1800/1900
UMTS 2100

Data: GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA, WiFi

Layar: 240x320 pixel, 16m warna

Kamera: 5 megapixel

Ukuran: Large slider
99x53x21mm / 120 gram

Bluetooth: Ya

Memory card: microSD

Infra-red: Ya

Polyphonic: Ya

Java: Ya

Baterai: 2,5 - 3 jam waktu bicara, 9 hari standby
 
Nokia seri ini dulu sangat mahal dan menarik bagi yang suka. Memang produk nokia mendominasi dulu, sekarang tidak lagi.
 
Back
Top