[Sejarah] Sejarah China: Zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdoms)

Bls: Sejarah China: Zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdoms)

Jiang Wan, menteri

Jiang Wan (蔣琬) (? – 245), adalah satu satu pejabat dan penasihat dari kerajaan Shu Han pada masa Zaman Tiga Negara di China. Sesudah kematian Zhuge Liang, Jiang Wang menggantikan posisinya sebagai penasihat dan ahli strategi utama di kerajaan Shu. Zhuge Liang jugalah yang menunjuk Jiang Wan sebagai penggantinya kepada Kaisar Liu Chan sesaat sebelum kematiannya. Selama masa jabatannya menggantikan Zhuge Liang, dia mengambil langkah yang berbeda dengan Zhuge Liang, dia tidak melakukan peperangan dengan negara Wei seperti yang dilakukan oleh Zhuge Liang melalui 7 ekspedisi ke Utara, bahkan dia menarik semua pasukan Shu Han dari wilayah kerajaan Wei dan kemudian mengganti status negara Shu yang sebagai negara penyerang menjadi ke posisi bertahan. Jiang Wan cuma bertahan lama tidak lebih dari 10 tahun, karena dia kemudian menderita sakit keras dan meninggal dunia. Pengganti Jiang Wan adalah Fei Yi dan Dong Yun.
 
Bls: Sejarah China: Zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdoms)

Ma Liang, menteri

Ma Liang(?-?) seorang pemuda berbakat. Ia mempunyai nama panggilan "Alis Mata Putih". Bersama saudara lelakinya, Ma Su ia mengabdi kepada Liu Bei. Dia menolong Guan Yu dalam urusan dalam negeri di Jing
 
Bls: Sejarah China: Zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdoms)

beberapa tokoh wanita, seperti Diao Chan, Da Qiao, dan Xiao Qiao dan Sun Shang Xiang juga berpengaruh..

Da Qiao dan Xiao Qiao

Da Qiao dan Xiao Qiao (Hanzi: 大喬小喬) adalah dua bersaudara di Zaman Tiga Negara di Tiongkok kuno yang merupakan anak perempuan dari Qiao Xuan dan terkenal akan kecantikannya pada Zaman Tiongkok dulu. Nama mereka tidak berhasil diketahui kecuali marga mereka yaitu Qiao, sehingga mereka hanya disebut Da Qiao dan Xiao Qiao yang dimana da adalah besar dalam bahasa Mandarin dan xiao berarti kecil, sehingga Da Qiao adalah lebih tua dan kakak daripada Xiao Qiao.

Da Qiao menikah dengan Sun Ce, panglima perang dan pemimpin negara Wu. Mereka menikah dan mempunyai 2 orang anak kandung dan 1 anak angkat yang bernama Sun Shao. 2 anak kandungnya adalah perempuan yang kemudian dinikahkan dengan Zhu Ji dan Lu Xun. Adik Da Qiao yaitu Xiao Qiao menikah dengan Zhou Yu dan mempunyai 3 orang anak yaitu Zhou Xun, Zhou Yin, dan Zhou Ying.

Kedua Qiao disebut saat pertempuran tebing merah. Zhuge Liang memanipulasi cerita kepada Zhou Yu bahwa salah satu tujuan Cao Cao menyerang adalah merebut kedua Qiao bersaudara untuk dirinya, karena kecantikan kedua Qiao telah melegenda.
 
Bls: Sejarah China: Zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdoms)

Diaochan

Diaochan (Hanzi: 貂蟬), kadang ditulis sebagai Diao Chan Dikatakan kecantikan Diao Chan dapat membuat awan-awan menutupi bulan purnama. Maksudnya kecantikan Di¨¡o Ch¨¢n menutupi kecantikan bulan purnama.

Diao Chan adalah pelayan Wang Yun yang telah dianggap seperti anak kandung sendiri. Wang Yun lalu memakai siasat wanita cantik dengan persetujuan Diao Chan sendiri untuk memecah belah Dong Zhuo yang saat itu berkuasa sewenang-wenang dengan Lu Bu, panglima andalan sekaligus anak angkat Dong Zhuo snediri. Secara lengkap, kisah Diao Chan diceritakan dalam San Guo Yan Yi.

Nama Diao Chan sendiri tidak tercatat di dalam sejarah tertulis dan sangat mungkin merupakan cerita rakyat yang dibakukan dalam novel San Guo Yan Yi hasil karya Luo Guanzhong. Dalam sejarah tertulis memang tercatat bahwa Lu Bu memiliki hubungan perselingkuhan dengan pelayan Dong Zhuo, namun tidak ada bukti bahwa nama pelayan itu Diao Chan. Bahkan sangat mungkin tidak, karena nama Diao tidak umum dipakai sebagai nama keluarga. Lagipula "Diao Chan" mungkin merujuk ke bulu ekor "Diao" / sable (sejenis musang yang bulunya sering dijadikan perlengkapan pakaian) dan dekorasi giok berbentuk "Chan" / cicada (jengkerik / tenggerek) yang merupakan hiasan topi pejabat era Han.

Catatan mengenai Diaochan hanya terdapat di dalam novel Kisah Tiga Negara. Tidak adanya ditemukan catatan mengenai Diaochan di dalam buku sejarah resmi, menyebabkan sejarahwan tetap menganggap Diaochan sebagai tokoh fiksi ciptaan Luo Guanzhong, sang penulis novel tersebut.

Diaochan2.jpg

Depiction of Diaochan, Qing Dynasty
 
Bls: Sejarah China: Zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdoms)

Sun Shangxiang

330px-SunShangxiang.jpg

Ilustrasi Nyonya Sun di zaman Dinasti Qing

Sun Shangxiang (Hanzi: ?*?尚香) juga dikenal sebagai Sun Ren (?*?仁) atau Nyonya Sun (?*?夫人) adalah anak perempuan dari Sun Jian, pada Zaman Tiga Negara. Ia adalah putri tunggal dari 5 bersaudara. Nyonya Sun sejak kecil menyukai seni bela diri.

Ia dinikahkan oleh kakaknya, Sun Quan kepada Liu Bei dengan alasan mempererat hubungan antara Shu dan Wu. Namun, dalam satu kesempatan, Zhou Yu ingin memanfaatkan pernikahan ini untuk melaksanakan siasatnya untuk membunuh Liu Bei. Liu Bei berhasil mengetahui rencana ini dan melarikan diri bersama Nyonya Sun ke Shu.
 
Bls: Sejarah China: Zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdoms)

Pertempuran Chibi (Pertempuran Tebing Merah)

Chibi.jpg


Waktu: Juli 208 - November 208
Medan: Wu Lin, Provinsi Hubei
Hasil: Kemenangan Sun Quan dan Liu Bei

Pertempuran Chibi (Hanzi: 赤壁之戰) adalah sebuah pertempuran besar yang terjadi sebelum Zaman Tiga Negara antara pihak Cao Cao dengan koalisi Liu Bei dan Sun Quan.

Pertempuran ini adalah salah satu pertempuran di mana pihak yang lemah menang lewat strategi atas pihak yang kuat. Berlokasi di Sungai Panjang, menjadikannya sebagai pertempuran pertama yang menjadikan Sungai Panjang sebagai wilayah militer strategis bersama dengan Sungai Kuning di utara.

Pertempuran ini lebih jauh juga merupakan pertempuran yang menjadikan Tiongkok terbagi atas 3 kekuatan yang relatif berimbang yang menjadi bibit terpecahnya Dinasti Han menjadi 3 negara.

Dalam pertempuran ini, jenderal-jenderal yang berperan penting adalah:

* Cao Cao
* Zhou Yu
* Cheng Pu
* Zhuge Liang

Kemenangan koalisi Sun Quan dan Liu Bei pada dasarnya dikarenakan pertempuran Chibi berlangsung di atas air dan pasukan Cao Cao tidak ahli bertempur di atas air.

Chibizhizhanloc2.png


ada tuh Formasi Kura-Kura.. :) hehehe aku kagum banget :)
 
Bls: Sejarah China: Zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdoms)

Pemberontakan Serban Kuning

Pemberontakan Sorban Kuning (Hanzi: 黃巾起義;黃巾之亂, hanyu pinyin: huangjin qiyi, bahasa Inggris: Yellow Turban Rebellion) adalah sebuah pemberontakan besar yang pecah di penghujung Dinasti Han tepatnya pada tahun 184. Peristiwa ini juga menjadi cerita pembuka dari roman sejarah terkenal Kisah Tiga Negara.

Pemberontakan ini dipimpin oleh tiga bersaudara, Zhang Jiao (張角), Zhang Liang (張梁) dan Zhang Bao (張寶). Sebelumnya, Zhang Jiao hanya seorang pemimpin aliran keagamaan Taipingdao (太平道), seiring dengan bertambahnya pengikut aliran sampai ratusan ribu umat, ia kemudian menyusun rencana pemberontakan terhadap kekaisaran yang memang telah lemah itu.

Dalam pemberontakan itu, ia memerintahkan pengikutnya untuk mengikatkan sorban kuning di kepala mereka dan dari sinilah pemberontakan itu mendapat namanya. Namun, pemberontakan ini ditumpas oleh jenderal-jenderal dan penguasa daerah yang masih setia terhadap Dinasti Han. Setelah pemberontakan berhasil dipadamkan, penguasa daerah dan jenderal tadi menyusun kekuatan sendiri dan dimulailah sebuah rivalitas antar raja-raja perang yang menandai berakhirnya Dinasti Han.
 
Bls: Sejarah China: Zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdoms)

next.. aku akan bahas Sejarah Cina dari Dinasty pertama, hingga akhir :)
 
Bls: Sejarah China: Zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdoms)

beberapa koreksi ...

- perlu diingat bahwa informasi mengenai three kingdoms banyak kita ambil dari novel Luo Guanzhong. Luo sendiri kurang menyukai kepada penguasa Wei, Cao Cao, karena ia meyakini bahwa nenek moyangnya merupakan salah satu korban pembantaian pasukan Cao-Wei.

- Pos ke 3. Sun Jian dan Cao Cao tidak menyerang Gerbang Hu Lao bersama-sama. Sun Jian menyerang ke gerbang Tong. Meskipun serangannya sukses, ia sendiri harus menarik mundur karena persediaan makanannya ditahan oleh Yuan Shu.

- Pos ke 6. Meskipun pertempuran tebing merah dinamakan Chi Bi, tapi pertempuran sesungguhnya terjadi di Wu Lin. bukan chi bi.
 
Bls: Sejarah China: Zaman Tiga Kerajaan (Three Kingdoms)

makasih untuk koreksinya :D
saya ambil dari berbagai sumber sih..
sumber terbanyak dari wikipedia :D
 
Back
Top