Di Antara Tiga Pilihan

nurcahyo

New member
Di Antara Tiga Pilihan
Oleh trubus


'Kok, buah putsa milik saya tak pernah besar?' tanya seorang kolektor buah pada Trubus sambil menunjuk sesosok tanaman. Cabang pohon itu dipenuhi duri tajam dan berdaun kecil dengan diameter 2,5-3,5 cm, setara dengan penampang sendok makan. Di antara cabang itu terselip buah kecil berbentuk lonjong, paling besar seukuran telur puyuh. Pertanyaan itu Trubus teruskan pada Ricky Hadimulyo, pemilik Hara Nurseri, dan Eddy Soesanto, pemilik Tebuwulung Nurseri.

Keduanya sepakat, putsa itu asal Thailand generasi pertama yang hampir punah. Cirinya: buah kecil lonjong, berdaun sempit, dan berduri banyak. 'Itu tak layak untuk ditanam,' kata Ricky. Maklum, putsa thailand generasi pertama itu lebih dekat pada putsa lokal alias bidara laut.

Untuk tabulampot sebaiknya dipilih putsa thailand generasi kedua dan putsa asal Taiwan. Ciri putsa thailand generasi kedua: buah agak bulat dan besar, bisa mencapai ukuran apel malang. Berdaun lebar agak lonjong, dan duri pada cabang sedikit. Sementara putsa asal Taiwan, ukuran buah bulat seperti apel sama dengan thailand generasi kedua, tapi rasanya lebih renyah. Daun lebar membulat dengan diameter 4,5-5 cm dan percabangan nyaris tanpa duri.
 
Back
Top