Semut Langka Akan Diternakkan

gupy15

Mod
Semut Langka Akan Diternakkan


Saking langkanya di alam, semut merah jenis Formica rufibarbis akan diternakkan agar populasinya bertambah. Semut yang merupakan penghuni asli Eropa saat ini hanya tersisa satu koloni di Surrey, Inggris dan beberapa koloni di Pulau Scilly.

"Kami hanya menemukan satu sarang di Surrey dan hanya berisi semut betina, jadi ia teracam punah di seluruh daratan Inggris jika kami tidak melepaskan semut jantan," ujar Emily Brennan, manajer program konservasi spesies asli Masyarakat Ilmu Hewan London (ZSL). Semut jenis ini memang aneh karena membuat sarang yang seluruh penghuninya semut jantan atau hanya berisi betina. Semut yang memiliki capit berwarna merah ini populasinya terus menurun karena berkurangnya habitat, perubahan suhu, dan ancaman semut pendatang.

Dalam proyek yang didanai hibah Lotere Warisan Nasional senilai 50 ribu poundsterling, tim peneliti akan beternak semut di kebun binatang London sebelum melepaskannya kembali ke alam mulai tahun depan. Upaya ini sangat menantang karena baru pertama kali dilakukan. Para peneliti akan menangkap semut betina dari sarang di Surrey dan semut jantan dari Pulau Scilly untuk dikawinkan. Setiap tahun ditargetkan akan dilepas 40 koloni sampai populasinya dianggap cukup


Sumber: BBC
Penulis: Wah
 

Attachments

  • formica.jpg
    formica.jpg
    9.6 KB · Views: 246
Back
Top