Menghadapi byar pet PLN
 
Go Back   Home > Science & Penemuan

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Menghadapi byar pet PLN

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Menghadapi byar pet PLN

Balakangan ini kita sering dijengkelkan dengan ulah PLN yang sering melakukan sistem 'byar pet', belum lagi persoalan TDL yang mau naik gunung.

Namun, berbeda dari itu, "Start small, move lost." Demikianlah moto Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) belakangan ini. Semboyan itu muncul sejak dicanangkannya program percepatan pembangunan pembangkit listrik 10.000 MW. Sebanyak3.962 MW di antaranya harus berasal dan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP). Semua ini harus dilakukan demi mengatasi musim “byar pet” krisis listrik yang makin sering terjadi.

Nah, berangkat dari semboyan tadi, BPPT kemudian memusatkan usahanya pada pengolahan energi panas bumi skala menengah dan kecil. Potensi sumber energi panas bumi menengah-kecil banyak tersebar di Nusa Tenggara, Maluku, Sulawesi, dan daerah lainnya. "Tapi anehnya justru di sana lebih banyak menggunakan pembangkit listnik tenaga diesel (PLTD)," kata Kepala BPPT Marzan A. Iskandar.

"Padahal harga listnik dengan PLTD cukup mahal, dapat mencapal US$ 25 sen per kWh. Berbeda jika menggunakan PLTP skala kecil menengah, harga itu dapat ditekan hingga kira-kira mencapai US$ 12 sen per kwh" ujar Marzan. Bahkan PLTP kecil ini dinilai lebih efisien dan murah ketimbang memakai pembangkit listrik lain, sama halnya seperti angin atau sel surya.


gatra
agungsuhada
agungsuhada agungsuhada is offline
Admin

Post: 7.979
 
Reputasi: 163

Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.