Wow!! Kini YouTube Sajikan Video Empat Ribu Piksel

jmw01

New member
WASHINGTON (Berita SuaraMedia) - Situs berbagi video YouTube kembali meningkatkan layanannya dengan mengumumkan kemampuannya menyajikan video berkualitas ultra high-definition 4000 piksel.

youtube_flickr_200_200.jpg

Seperti dilansir situs TGDaily, kali ini YouTube akan menyediakan layanan video berkualitas tinggi yang kualitasnya dua kali lebih baik daripada video IMAX.

"Dengan resolusi video 4094 x 2304 piksel, video 4K empat kali lebih baik daripada video berukuran 1080p," kata Ramesh Sarukkai, staf YouTube, pada blog resmi perusahaannya.

Tentu saja, tak banyak pengguna yang benar-benar dapat menikmati kualitas video semacam ini, karena untuk menjalankan video ini, idealnya digunakan layar besar berukuran 25 feet atau 300 inci.

Biasanya, untuk menikmati video di layar sebesar ini membutuhkan proyektor yang setidaknya seukuran kulkas.

Tak hanya itu, untuk menghasilkan gambar sekualitas itupun dibutuhkan kamera video yang tak murah. Untuk mengaksesnya pun membutuhkan koneksi internet pitalebar yang ultracepat.

Tak heran bila hingga kini, video 4K ini juga masih belum banyak tersedia di YouTube. Saat ini setidaknya baru ada lima klip video, yakni video berjudul 'Life in the Garden', 'Surf NYC', 2nd Movement for Violin', 'Lupe', dan 'Secret World'.

Selain video berkualitas tinggi, YouTube juga menyediakan fitur baru bernama Leanback, yang memungkinkan pengunjung situs ini untuk menonton video-video YouTube berjam-jam, terus-menerus, tanpa putus.

Syaratnya sama, koneksi internet pitalebar karena fitur ini juga dirancang untuk menikmati video berkualitas HD. Pengguna hanya perlu memilih kanal atau kategori-kategori video kesukaan mereka, misalnya komdei, pendidikan, atau video yang ditonton oleh teman-teman di YouTube.

Seperti kanal TV khusus, YouTube akan menjejerkan video-video pilihan tadi secara berurutan. Pengguna bisa menskip atau mengulang lagu melalui tombol panah di papan kunci. (ar/vs./ok)
 
Back
Top