Masjid Cologne: Menanti Masjid Terbesar di Eropa
 
Go Back   Home > Agama > Islam

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Masjid Cologne: Menanti Masjid Terbesar di Eropa

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Masjid Cologne: Menanti Masjid Terbesar di Eropa

REPUBLIKA.CO.ID.JAKARTA--Setelah melalui perjuangan panjang, masyarakat Muslim di Cologne, Jerman akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya, rencana pembangunan Masjid Cologne disetujui oleh pemerintah dan masyarakat setempat.


Disain Mesjid Clogne

Masyarakat Muslim Cologne yang didominasi keturunan Turki patut bersyukur karena keinginan yang telah diimpikan sejak 2001 itu akhirnya bisa diterima hampir tujuh tahun kemudian. Banyak penolakan dan rintangan yang mesti dilalui. Namun semua itu berakhir dengan indah. Dan itu kini menjadi bagian dari sejarah pendirian Masjid Cologne.

Sejak dua tahun lalu, masjid dengan arsitektur modern itu mulai dibangun. Dirancang untuk menampung sampai 2.000 jamaah, Masjid Cologne bakal menjadi masjid terbesar di Jerman. Bahkan, masjid terbesar di Eropa. Penduduk Muslim Cologne yang berjumlah sekitar 120.000 jiwa adalah yang terbanyak dari seluruh kota di Jerman.

Berbeda dengan kebanyakan bangunan masjid yang mengadopsi gaya tradisional, bangunan masjid yang berada di distrik Ehrenfeld ini justru menerobos pakem-pakem yang selama ini digunakan. Hal ini terlihat pada bagian kubah masjid yang tidak berbentuk separuh bola atau pun berbentuk kerucut (makhrut), setengah oval (al-ihliji), silinder (ustuwani) dan berbentuk bawang lancip ke atas.

Kubah pada bangunan Masjid Cologne lebih mengedepankan gaya arsitektur di era modern, yakni bentuk kubah geodesi. Kubah ini berbentuk hemister dan menggunakan kekisi sebagai rangka, menjadikannya lebih ringan. Perkembangan teknologi juga memungkinkan penggunaan cermin dan plastik sebagai padatan pada desain kubah.

Kubah dengan tinggi mencapai 35 meter ini dibuat seperti bola dunia yang transparan, sehingga bagian dalam masjid bisa terlihat dari luar. Bangunan masjid ini juga dilengkapi dengan dua buah menara setinggi 55 meter. Sementara eksterior bangunan utama, bangunan pendukung dan menara masjid didominasi warna putih.

Kendati Masjid Cologne memiliki dua buah menara yang mengapit bangunan utama, namun berdasarkan hasil kesepakatan antara pihak Turkish-Islamic Union for Religius Affairs dan warga non-Muslim setempat, suara adzan tidak akan diperdengarkan melalui menara masjid.

Ketinggian menara masjid juga merupakan hasil kesepakatan bersama seluruh warga kota Cologne yang menghendaki agar ketinggiannya sama seperti bangunan di lingkungan sekitarnya. Tahun ini, bila tak ada halangan, Masjid Cologne akan selesai dibangun. Kelak, masjid ini akan mendampingi Kathedral Gothik yang sejak lama menjadi penanda kota itu.
jmw01
jmw01 jmw01 is offline
Continent Level

Post: 4.173
 
Reputasi: 360

masykur: :D
__________________
Historian of the Month

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Masjid Cologne: Menanti Masjid Terbesar di Eropa

perjalanan pembangunan masjid Cologne memang luar biasa, bahkan sekarang menjadi masjid terbaik di eropa dengan faisilitas yang modern seperti jam masjid, fasilitas sholat dan masih banyak lainnya.
pencariilmu123 pencariilmu123 is offline
Village Level

Post: 20
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Masjid Cologne: Menanti Masjid Terbesar di Eropa

Semegah apapun masjid yg ada di eropa, amerika, asia tenggara... arahnya tidak akan tepat ke kaabah. Menghadapnya sll ke langit/cakrawala.
Beda cerita kalo bumi datar-tar.. Bumi kita bulat!
Perlu kajian ulang arah yg tepat. bentuk lantai masjid miring (tidak datar seperti yg ada saat ini) ke arah kiblat. Derajat kemiringannya bisa dihitung.
Yg jadi masalah lagi... orang sembahyang bisa tah tegak lurus lantai yg miring?
(maka sebaiknya saran saya tunaikan wajib ke 5 naik haji biar tepat arah sembahyangnya. Kaabah bisa dilihat!)

- n1 -
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 4.225
 
Reputasi: 560

loading...
Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 2
n1ngs1h, pencariilmu123
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Kita Keliru ! Masjid As-shahrah Vs Masjid Al-aqsha masykur Islam 11
Memakmurkan Masjid nurcahyo Islam 0
Shalat Tahiyatul Masjid nurcahyo Islam 0
sunnah bersegera ke masjid nurcahyo Islam 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.