Hujan Buatan Atau Modifikasi Cuaca?
 
Go Back   Home > Sekolah & Pelajaran Sekolah > SMP/MTs Kelas 9 & UN/UNAS

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Hujan Buatan Atau Modifikasi Cuaca?

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Geografi] Hujan Buatan Atau Modifikasi Cuaca?

Hujan Buatan Atau Modifikasi Cuaca?


Pernah mendengar hujan buatan? Wah apakah itu berarti kita manusia sudah bisa “membuat” hujan sendiri? Bagaimana caranya? Apakah dengan “menyemprotkan” air dari pesawat terbang? Berapa banyak air yang di”terbangkan”? Kenapa diperlukan hujan buatan?




Sejarah Hujan buatan di dunia dimulai pada tahun 1946 oleh penemunya Vincent Schaefer dan Irving Langmuir, dilanjutkan setahun kemudian 1947 oleh Bernard Vonnegut.

Yang sebenarnya dilakukan oleh manusia adalah menciptakan peluang hujan dan “mempercepat” terjadinya hujan. Nama yang digunakan sebagai upaya “membuat hujan” adalah menjadi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) .


Di Sekolah kamu tentu tahu tentang proses terjadinya hujan kan? Yaitu dikenal dengan siklus hidrologi, ada penguapan air, pembentukan awan, dan turun menjadi hujan.


Nah yang dilakukan oleh manusia pada TMC, adalah “mempengaruhi” proses yang terjadi di awan sebagai “dapur” pembuat hujan. Sehingga mempercepat peluang terjadinya hujan.

Bahan untuk “mempengaruhi” proses yang terjadi di awan terdiri dari dua jenis yaitu
  1. Bahan untuk “membentuk” es, dikenal dengan glasiogenik, berupa Perak Iodida (AgI)
  2. Bahan untuk “menggabungkan” butir-butir air di awan, dikenal dengan higroskopis, berupa garam dapur atau Natrium Chlorida (NaCl), atau CaCl2 dan Urea.

Bahan-bahan ini “disebar” dengan bantuan Pesawat terbang, Roket, dan disebar dari daerah tinggi (misal : puncak gunung). Penyebaran bahan “bibit hujan” tadi, harus memperhatikan kondisi yang akurat tentang arah angin, kelembaban dan tekanan udara, peluang terjadinya awan. Kerap terjadi, bahan-bahan yang sudah “disebar” tadi tidak menghasilkan hujan, justru “hilang” begitu saja.

Di Indonesia, upaya “hujan buatan” ini diperlukan untuk :
  1. Antisipasi Ketersediaan Air, misal pengisian waduk, danau, untuk keperluan air bersih, irigasi, pembangkit listrik (PLTA)
  2. Antisipasi Kebakaran hutan/lahan, kabut asap
Nah jika hujan tiba, dapatkah kamu menduga-duga, apakah ini hasil “hujan buatan” atau bukan ?. Oh ya kualitas air “hujan buatan” tidak terlalu berbeda dengan “hujan asli” lho, kamu tidak perlu khuatir air hujan nya berasa “asin” atau berbau.

Sumber :
b0cah.org
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

__________________

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Hujan Buatan Atau Modifikasi Cuaca?

Apa perbedaan antara hujan buatan dengan hujan asli?
Apa ciri ciri dari hujan buatan?
Gastaseni Gastaseni is offline
Village Level

Post: 43
 
Reputasi: 1

__________________
Hidup Penuh Perjuangan





Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Hujan Buatan Atau Modifikasi Cuaca?

Tentu tidak sebanding dengan yang natural, dong. Hujan buatan turun terlokalisir pada waduk atau penyerapan air yang ditetapkan untuk mengantisipasi kekeringan, sedangkan hujan alam hanya turun pada musim tertentu dan merata ke daerah2 lainnya bukan hanya kepada waduk.
lala_lulu
lala_lulu lala_lulu is offline
National Level

Post: 711
 
Reputasi: 15

__________________
Ummi Lulu melulu Lulu





Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Hujan Buatan Atau Modifikasi Cuaca?

Kutip:
Oleh Gastaseni View Post
Apa perbedaan antara hujan buatan dengan hujan asli?
Apa ciri ciri dari hujan buatan?
Kutip:
Oleh lala_lulu View Post
Tentu tidak sebanding dengan yang natural, dong. Hujan buatan turun terlokalisir pada waduk atau penyerapan air yang ditetapkan untuk mengantisipasi kekeringan, sedangkan hujan alam hanya turun pada musim tertentu dan merata ke daerah2 lainnya bukan hanya kepada waduk.
Yap Terimakasih atas bantuannya Umi Lulu, benar kata umi, perbedaan mendasar pada hujan alam dan hujan buatan adalah jelas bahwa hujan buatan dibuat oleh rekayasa kimia yang dilakukan oleh manusia untuk memicu turunnya hujan ke permukaan bumi, sedangkan hujan alam sudah jelas berasal dari proses alamiah dan biasanya turun diwaktu-waktu tertentu/musim tertentu atau karena proses pemanasan yang terjadi pada suhu suatu tempat.

Ciri dari hujan buatan antara lain : kalau ciri dari hujan buatan ini sendiri dari sumber terpercaya belum dapat dipastikan, karena memang dari kualitas air dari proses "hujan buatan" ini gak berbeda dengan kulitas dari "air hujan asli"

simpelnya seperti itu semoga dapat dimengerti
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

__________________






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Hujan Buatan Atau Modifikasi Cuaca?

nice info....
tapi aku rasa kalau di indonesia belum bisa membuat hujan buatan...di lihat dari carany repot sekali harus menggunkan rocket pula...
terus saat ada bencana atau kekeringan...indonesia hanya bisa pasrah belum pernah denger ada hujan buatan....:p:p:p:p:p

nah,,,kalau yg di sinetron2 itu kan hujan juga tuh...
denger2 itu hujan buatan bener gk..???

"busyyyeett repot amat kalo harus bikin hujan buatan"
HulkHogan
HulkHogan HulkHogan is offline
Continent Level

Post: 9.404
 
Reputasi: 184

__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -


loading...



Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Hujan Buatan Atau Modifikasi Cuaca?

Kutip:
Oleh HulkHogan View Post
nice info....
tapi aku rasa kalau di indonesia belum bisa membuat hujan buatan...di lihat dari carany repot sekali harus menggunkan rocket pula...
terus saat ada bencana atau kekeringan...indonesia hanya bisa pasrah belum pernah denger ada hujan buatan....:p:p:p:p:p

nah,,,kalau yg di sinetron2 itu kan hujan juga tuh...
denger2 itu hujan buatan bener gk..???


"busyyyeett repot amat kalo harus bikin hujan buatan"
hehehe itu kan hujan buatan efek dari editing gambar atau dari siraman selang air den hulk.. masa sih di negara kita lum pernah ada hujan buatan? perasaan pas tahun 199.. berapa gitu pernah ada beritanya deh.. tapi coba aku tanya sama paman google dulu deh ya ;)

btw jangan lupa dong hulk
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

HulkHogan: :P:P
__________________

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.