Astronomi: Bintang Merah Betelguese 220x besar matahari
 
Go Back   Home > Science & Penemuan

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Astronomi: Bintang Merah Betelguese 220x besar matahari

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Luar Angkasa/Astronomi] Astronomi: Bintang Merah Betelguese 220x besar matahari

Para astronomi menemukan bintang merah terdingin dan terbesar di dunia! Namun sejak kembali di teliti, bintamg merah berpindah tempat? Apa maksud dari semua ini dan adakah bintang yang lebih besar?
kretekdied
kretekdied kretekdied is offline
City Level

Post: 205
 
Reputasi: 3

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Astronomi: Bintang Merah Betelguese 220x besar matahari

Kutip:
Oleh kretekdied View Post
Para astronomi menemukan bintang merah terdingin dan terbesar di dunia! Namun sejak kembali di teliti, bintamg merah berpindah tempat? Apa maksud dari semua ini dan adakah bintang yang lebih besar?
menurut anda bagaimana
nucgroho_fery
nucgroho_fery nucgroho_fery is offline
Home Level

Post: 1
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Astronomi: Bintang Merah Betelguese 220x besar matahari

kurang begitu nangkep, maksudny begimane ?


Gue gak ngerti ilmu perbintangan, tapi masi inget samar-samar pelajaran fisika waktu sma dolo, secara gw suka banget sama astrofisika..

Kalo dibilang betelgeuse bintang merah terdingin emang bener banget, secara betelgeuse udah merah banget, energi didalemnya udah mulai abis, bentar lagi juga mau meledak jadi supernova dan akhirnya jadi blackhole. Tapi inget loh, "bentar lagi" disini bukan "bentar lagi" ukuran manusia seperti kalo pagi-pagi kita teriak ke orang yang ngegedor-gedor pintu kamer mandi waktu kita mandinya sejam :D:D.. Tapi "bentar lagi" disini adalah bentar lagi ukuran bintang...

Betelgeuse jg yang terdingin diantara yang lainnya. "Terdingin" juga bukan artinya dingin kayak es, tapi yang suhu(permukaan)nya paling rendah. Matahari kita suhu(permukaan)nya 5000-an C, tetangga kita si cebol proxima centauri suhunya 3000-an C. Lebih rendah lagi, bintang supergiant merah kayak betelgeux & antares suhunya dibawah 3000 C, jadi betelgeux emang yg paling dingin diantara bintang laennya..

Kalo bener ukuran betelgeuse 220x matahari, berarti dia bukan bintang merah yg paling besar, masih gedean antares yang ukurannya 800 kali matahari.

Sebenernya, mengenai ukuran betelgeuse ini masih simpang siur tergantung metoda pengukuran yang digunakan, ada yang bilang beberapa ratus kali matahari (640-an kali), tapi lewat teropong radio ukuran hasil "imaging" nya bisa nyampe lebih besar dari orbit planet saturnusss... (kalo emang ini bener, bayangin gedenya segimana, bisa hampir nelen tatasurya kita tuh bintang ! :D)
nyamuknet
nyamuknet nyamuknet is offline
National Level

Post: 512
 
Reputasi: 5






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Astronomi: Bintang Merah Betelguese 220x besar matahari

wah nanti ada matahari di malam hari
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.377
 
Reputasi: 269

__________________
Pangeran kegelapan

loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
R136a1, Bintang 'Monster' Lebih Berat 265 Kali Daripada Matahari jmw01 Science & Penemuan 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2022, Jelsoft Enterprises Ltd.