Seni Quilting

depe_3rd

New member
Quilt? Apa pula itu? Kalau didefenisikan, quilting merupakan seni atau keterampilan menjahit jelujur dengan tangan menggunakan benang khusus untuk quilt bermerek Scott & Clark. Benang ini hanya bisa diperoleh di Singapura, Australia, dan Amerika.

Quilting adalah seni menggabung-gabungkan kain dengan ukuran dan potongan tertentu untuk membentuk motif-motif yang unik. Kemudian gabungan kain tersebut ditindas dengan jahitan model jelujur yang ukurannya harus sama jika dilihat dari sisi manapun. Karena prinsip mengerjakannya dengan tangan, maka nyaris karya yang satu tidak akan sama persis dengan karya yang lain.

Seni menjahit kain perca ini membutuhkan kreativitas yang lahir dari ketekunan. Dengan memotong, menyambungnya menjadi bentuk-bentuk yang khas, kemudian ditindas dengan jahitan yang mengikuti pola tertentu, sehingga tercipta karya Quilting nan indah.

Teknik quilting jadi bernilai seni karena penciptaannya bertumpu pada kreativitas pemilihan bahan, mengombinasikan warna, dan gambar hingga hasilnya benar-benar unik. Karena prinsip pengerjaannya dengan tangan, maka nyaris karya yang satu tidak ada yang sama persis dengan karya yang lain.

Dari sudut pengerjaannya, ada tiga variasi yang dihasilkan. Pertama, patchwork. Ini merupakan seni menggabung-gabungkan potongan kain dengan ukuran tertentu hingga membentuk suatu bentuk geometris. Kedua, applyque. Ini merupakan seni aplikasi atau seni menempel kain di atas kain. Ketiga, paper piecing. Ini merupakan teknik menjahit kain dengan menggunakan kertas roti yang bergambar.

Adapun produk-produk seni quilt yang dihasilkan adalah: bedcover, baby lap, hanging wall, table runner dan lain-lain.

origami%20quilting%20case.jpg


beginners-quilting-1.s600x600.jpg
 
Bls: Seni Quilting

butuh ketelitian yang lumayan tinggi itu.
kalo ada waktu..bisa dicoba nich..
thaks buat infonya..=b==b=
 
Back
Top