Bela Negara

bjhe

New member
image003.jpg

Setelah pernyataan dari menlu malaysia, Datuk Seri Anifah Aman yang menyatakan malaysia tidak perlu meminta maaf atas perlakuan penegak hukum malaysia ketika menangkap 3 petugas KKPRI, Rakyat Indonesia seperti dikhianati dari dalam. Banyak yang menyayangkan reaksi pemerintah yang masih mencoba untuk jalan damai.

Tidak lama ini, Susilo Bambang Yudhoyono telah mengirimkan surat langsung ke Perdana Mentri Malaysia Datuk Sri Najib Tun Razak untuk segera mendiskusikan yang terjadi. Karena, hal tentang malaysia ini sudah terlalu cepat memanas karena kegeramanan ini bukanlah hal baru yang dialami Indonesia.

Dilain sisi, beberapa masyarakat yang mencoba untuk bergerak cepat, segera membentuk posko RELAWAN BELA NEGARA; GANYANG MALAYSIA. Posko ini nantinya sebagai tempat penampung hasil diplomasi yang sebentar lagi akan diselenggarakan, mulai dari awal hingga akhir. Tempat ini juga sebagai tempat penampungan aspirasi rakyat yang berusaha melawan keras tindakan penegak hukum Malaysia kemarin itu.

Tidak hanya sampai disitu, gerakan BELA NEGARA sudah banyak disuarakan di beberapa kampus di Indonesia. Mengingat bulan ini adalah bulan pertama dari jadwal perkuliahan beberapa universitas, banyak yang mendapat pembekalan materi BELA NEGARA. (Salah satunya di http://belanegara.dephan.go.id/ <- belum tahu, ini situs benar milik pemerintah atau gak).

berikut adalah isi dihalaman utama dalam situs http://belanegara.dephan.go.id/:

Situs Pusat Informasi Bela Negara diselenggarakan sebagai salah satu wahana sosialisasi Bela Negara sebagai prasyarat terciptanya pembangunan potensi sumber daya manusia pertahanan serta membangun watak bangsa

Setiap bangsa dan negara di dunia ini senantiasa berusaha untuk mewujudkan cita-cita dan kepentingan nasionalnya. Demikian juga halnya dengan bangsa dan negera Indonesia. Dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4, tujuan bangsa Indonesia membentuk suatu pemerintahan negara adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, dalam wadah Negara Kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila.

Guna menjamin tetap tegaknya Negara Republik Indonesia dan kelangsungan hidup bangsa dan negara, maka sumber daya manusia menjadi titik sentral yang perlu dibina dan dikembangkan sebagai potensi bangsa yang mampu melaksanakan pembangunan maupun mengatasi segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (ATHG) yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
Salah satu upaya pembinaan potensi sumberdaya manusia agar mampu menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dapat dilakukan melalui pembelaan negara, sebagaimana yang tercantum dalam pasal 27 ayat (3) dan pasal 30 UUD 1945

BJ ngomong: wah, pantesan kemaren gw ikut paduan suara disuruh nyanyi lagu Mars Bela Negara. Pas Rapat Senat terbuka, juga disuruh nyanyi mars bela negara. Semoga negara ini memiliki pembela yang siap sedia mengatakan: NKRI HARGA MATI!
 
Bls: Bela Negara

dalam situasi damai aja kemiskinan menggila, apalagi kalau dlm situasi perang

perang ada etika, sehingga ada yang disebut ground zero. tapi entah kalau perang meletus, siapa yang kira-kira melanggar etika ini dalam artian halus memperlebar ground zero.
 
Bls: Bela Negara

Maksudnya ground zero ini yang gimana, mas?


-dipi-

maksudnya, biasanya etika berperang itu hanya diwilayah yang mendapat perlawanan yang dipeributkan antar 2 negara. misalnya daerah laut, ya hanya dilaut. di kota ini, ya kota itu. Intinya, mempertahankan. Bener gak sih?
 
Bls: Bela Negara

oh mungkin lebih tepat ke istilah demilitarized zone, kali ya, mas?
Ground zero lebih tepat sebagai istilah yang dipakai untuk menunjukkan suatu point lokasi di mana sebuah ledakan atau insiden terjadi. :)

oh iya, itu notasi lagu berarti Mars bela negara, ya?
belum pernah denger lagunya. :))

-dipi-
 
Bls: Bela Negara

oh mungkin lebih tepat ke istilah demilitarized zone, kali ya, mas?
Ground zero lebih tepat sebagai istilah yang dipakai untuk menunjukkan suatu point lokasi di mana sebuah ledakan atau insiden terjadi. :)

oh iya, itu notasi lagu berarti Mars bela negara, ya?
belum pernah denger lagunya. :))

-dipi-

hehe. istilah militer jarang denger sih aku. cuma dapet dikit-dikit dari film hollywood.

ya itu mars bela negara. menwa-menwa kampus sedang menggalakkan itu loh, gara2 kejadian belakangan ini. lagunya marchia 4/4 ciptaan Dharma Oratmangun.
Aku gak punya mp3 nya. Bingung, nyari mp3 kebangsaan sekarang ini.
 
Bls: Bela Negara

Gw mah mo bela negara dengan cara lain aja.. kan perang belom dimulai.. jadi banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk membela negara kita..
 
Back
Top