[Biografi] Charcot, Seorang peletak dasar ajaran tentang histeria

Administrator

Administrator
Jean-Martin_Charcot.jpg


Charcot, Jean Martin (Paris, 29 Nov 1825—Mor- van, 16 Ags 1893). Dokter Perancis, ahli penyakit saraf dan penyakit jiwa. Guru besar di Paris; memimpin klinik penyakit jiwa; banyak melakukan penelitian penyakit jiwa dan saraf yang berharga. Merupakan salah seorang peletak dasar ajaran tentang histeria. Charcot merupakan pendorong bagi Freud dalam usaha mempelajari keadaan bawah sadar pada manusia.

Sumber : Ensiklopedia
 
Bls: [Biografi] Charcot, Seorang peletak dasar ajaran tentang histeria

Jean Martin Charcot ini juga dikenal dalam soal hipnosis. Disamping nama besarnya dalam dunia medis, eksperimennya dalam bidang hipnotis tidak dilandasi oleh pengetahuan yang mendalam. Sehingga dia menyimpulkan bahwa hipnotis adalah kondisi tidak normal yang bisa melemahkan pikiran seseorang. Apa yang dikatakan Charcot tentang hipnotis telah membuat ilmu hipnotis mundur, sehingga hanya sedikit orang yang mempelajari hipnotis. Pendapat Charcot ini kemudian ditentang oleh Nancy School of Hypnosis.

Menurut Charcot, hipnotis adalah akibat kerentanan secara psikis, dan menurutnya perempuan itu lebih rentan terhadap hipnotis daripada pria.


-dipi-
 
Back
Top