Premenstrual Syndrome (PMS)

nurcahyo

New member
Premenstrual Syndrome (PMS)

PMS adalah gangguan nyeri yang banyak diderita wanita menjelang haid. Gejala yang biasanya timbul adalah kembung, nyeri perut dan payudara, perubahan mood, serta emosi yang fluktuatif. Meskipun keluhan yang timbul pada tiap wanita berbeda-beda, namun beberapa jenis suplemen dapat meringankan gejala PMS. Yang paling popular adalah vitamin B6. Beberapa hasil studi menyatakan, kelebihan produksi estrogen yang terjadi pada saat pra-haid dapat ditangkis dengan mengkonsumsi 200-400 mg vitamin B6 setiap hari. Hasilnya baru terasa 2-3 bulan setelah konsumsi rutin.

Haid dengan perdarahan berat akan memerlukan tambahan zat besi (Fe) yang cukup untuk memproduksi darah baru. Jika asupan zat besi - misalnya dari daging, ikan dan unggas - kurang, tambahan suplemen Fe setiap hari dapat mengatasi kekurangan tersebut.

Suplemen yang mengandung asam lemak esensial dari minyak ikan, evening primrose atau flaxseed juga dapat memulihkan keseimbangan asam lemak yang terganggu selama PMS. Dari sebuah studi diketahui bahwa wanita yang rutin menambah suplemen kalsium (1000mg/hari) atau magnesium (250mg/hari) di dalam pola makannya, lebih kecil beresiko mengalami PMS. Vitex berry adalah bahan alami yang banyak dipercaya dapat mengobati PMS, karena efeknya yang mampu menyeimbangkan hormon estrogen dan progesteron selama menstruasi.
 
yuup, da bgusss,,, but Q pngen da ulasan yang nyebutin klo PMS tu bKAL ilang ntar pas Qt da dewasa sempurna / da nikah??? coz klo g slah Q pernah dkasi tw m dkter obgyn gt,trus mw Q bwt KTI gtu tp Q g tw cri dmn???
 
PMS memang bisa ganggu aktivitas n hubungan sosial, makanya klo lagi kena PMS mening ngerem di kamar jangan ketemu orang soalnya hal kecil aja bisa bikin perang armagedon
 
Back
Top