[Budaya] Ciudad Trujillo

uRaN

New member
Ciudad Trujillo​



Sejak 1961 bernama Santo Domingo de Guzman. Ibu kota Republik Dominica; terletak di muara Rio Ozama. Penduduk 671 ribu; merupakan pusat pemerintahan, perekonomian dan perindustrian. Memiliki lapangan terbang dan 2 universitas. Di gereja Katedral Santo Domingo terdapat makam Columbus (1524).
 
Bls: [Budaya] Ciudad Trujillo

Santo Domingo, atau Santo Domingo de Guzmán, adalah ibu kota dan kota terbesar di Republik Dominika. Jumlah penduduk kota metropolitan ini adalah 2.084.852 pada tahun 2003, dan diperkirakan 2.253.437 pada tahun 2006. Kota ini terletak di Laut Karibia, di mulut Sungai Ozama. Didirikan oleh Bartholomew Columbus di tahun 1496, dan merupakan kota tertua yang dihuni sebagai pemukiman orang-orang Eropa di Amerika, yang merupakan tempat kekuasaan kolonial Spanyol di Dunia Baru.

Santo Domingo mempunyai nama "Ciudad Trujillo", setelah diktator itu berkuasa pada tahun 1930 sampai 1961. Saat ini, Santo Domingo adalah kota metropolis utama Republik Dominika, dan kota terbesar di Karibia menurut jumlah penduduk.

Sebelum kedatangan Christopher Columbus pada 1492, orang-orang Taino adalah penduduk pulau yang mereka sebut Quisqueya (ibu dari semua tanah) dan Ayiti (tanah pegunungan tinggi), yang oleh Columbus disebut Hispanolia. Hal ini termasuk bagian yang sekarang diduduki oleh Republik Haiti. Pada saat itu, wilayah pulau itu terdiri dari lima bagian: Marien, Maguá, Maguana, Jaragua, dan Higüey. Masing ini diperintah oleh caciques (kepala) Guacanagarix, Guarionex, Caonabo, Bohechio, dan Cayacoa.

Para pelaut Spanyol mendarat di sana pada tahun 1496, dan secara resmi mendudukinya pada 5 Agustus 1498, Santo Domingo adalah kota Eropa tertua di Amerika. Bartholomew Columbus mendirikan pemukiman dan menamakannya Nueva La Isabela, setelah sebelumnya dinamai Ratu Spanyol Isabella I. kemudian berganti nama menjadi "Santo Domingo", untuk menghormati Santo Dominic. Santo Domingo kemudian dikenal sebagai "gerbang" menuju Karibia.

Santo Domingo dihancurkan oleh angin topan pada tahun 1502, dan Gubernur baru Nicolás de Ovando membangun kembali kota itu yang letaknya dekat dengan kota lama yang telah hancur. Tata kota yang masih asli dan sebagian besar tembok pertahanan masih dapat dilihat hingga hari ini, dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1990. Daerah kolonial, yang dibatasi oleh sungai Ozama , juga memiliki koleksi bangunan abad ke-16, termasuk rumah mewah dan gereja-gereja megah yang mencerminkan gaya arsitektur masa abad pertengahan.

Bangunan paling penting di kota kolonial itu antara lain termasuk Catedral Santa Maria La Menor, bernama La Catedral Primada de América, sebuah katedral yang pertama kali berdiri di benua Amerika. Ada juga Museo de las Casas Reales, Istana tempat tinggal gubernur,dan the Alcázar de Colón, Kastil yang pertama didirikan di benua Amerika.

2099854_f520.jpg

Catedral Santa Maria La Menor

yacim_1937-museocasasreales.jpg

Museo de las Casas Reales

Sepanjang abad pertama, Santo Domingo adalah batu loncatan untuk banyak eksplorasi dan penaklukan Dunia Baru. banyak ekspedisi yang dimulai dari santo Domingo seperti penaklukan Hernando Cortes dari Meksiko.


-dipi-
 
Back
Top