[Budaya] Suku bangsa Indian : Cree

uRaN

New member
Suku bangsa Indian : Cree

cree_warrior_500dnc.jpg


Cree (Kri). Suku bangsa Indian di pantai tenggara Teluk Hudson, Canada. Bahasanya termasuk keluarga bahasa Algonquian.
 
Bls: [Budaya] Suku bangsa Indian : Cree

Cree adalah salah satu kelompok terbesar Bangsa/penduduk asli Amerika di Amerika Utara, dengan 200.000 jiwa, yang hidup di Kanada. Di Kanada, proporsi utama Cree, hidup di utara dan barat Danau Superior, Ontario, Manitoba, Saskatchewan, Alberta dan teritorial Northwest, walaupun ada juga sekitar 15.000 jiwa tinggal di Quebec timur. Di Amerika Serikat, orang2 berbahasa Algonquian ini tinggal di sekitar Danau Superior bagian barat. Pada masa sekarang kebanyakan mereka tinggal di Montana, di mana mereka berbagi tempat dengan suku Indian lainnya yaitu suku Chippewa (Ojibwa).

CreeCamp1871.jpg

Suku-suku

Bangsa Cree umumnya dibagi menjadi delapan kelompok, berdasarkan budaya dan pandangan politiknya:

1. Naskapi (dalam golongan masyarakat yang sering disebut Masyarakat Innu). Innu orang sering dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Montagnais yang tinggal di sepanjang pantai utara Teluk Saint Lawrence, di Quebec, dan Naskapi yang tinggal di sebelah utara. Masyarakat Innu sendiri mengakui beberapa perbedaan (misalnya Mushuau Innuat, Maskuanu Innut, Uashau Innuat) berdasarkan afiliasi daerah yang berbeda dan berbagai dialek bahasa Innu.

2. Montagnais (Innu) adalah penduduk yang hidup di daerah yang mereka sebut sebagai Nitassinan. wilayah mereka sebagian besar terdiri pemerintahan yang masuk kewenganan yuridis Quebec timur dan Labrador. Montagnais berbeda dengan Naskapi dalam hal bertempat tinggal. Naskapi cenderung nomaden sedangkan Montagnais tidak. Dalam berkomunikasi Mereka memiliki dua dialek. Jumlah penduduk kedua kelompok ini pada tahun 2003 adalah sekitar 18.000 orang, yang sekitar 15.000 orang tinggal di Quebec. Dialek dan bahasa mereka adalah yang paling berbeda diantara bangsa Cree.

3. Attikamekw adalah penduduk di daerah yang mereka sebut sebagai Nitaskinan (Tanah Kami), di atas lembah Sungai St Maurice, Quebec (sekitar 300 km utara Montreal). Populasi mereka sekitar 4.500 jiwa.

4. James Bay Cree adalah suku bangsa Cree yang hidup di sekitar James Bay dan Nunavik yang masuk ke wilayah Quebec Utara. Suku ini mempunyai populasi sebesar 16.357 jiwa.

5. Moose Cree - Moose Factory tinggal di distrik Cochrane, Ontario; dan ada yang sebagian tinggal di Pulau Moose Factory, dekat muara Sungai Moose, di ujung selatan James Bay.

6. Swamps Cree - hidup kelompok ini di Manitoba utara di sepanjang pantai Teluk Hudson dan dekat daerah pedalaman di selatan dan barat teluk Hudson, dan di Ontario sepanjang pantai Teluk Hudson dan James Bay. Suku ini memiliki populasi sebesar 4.500 jiwa.

7. Woods Cree hidup berkelompok di Alberta utara.

8. Plains Cree, dengan jumlah populasi sekitar 34.000 orang yang hidup berkelompok di Manitoba, Saskatchewan, Alberta, dan Montana.


-dipi-
 
Back
Top