[geografi] Kota Dacca

Mikoto

New member
Cotfried Coenraad Ernst van Daalen

u9300e09.jpg




Ibu kota Republik Bangladesh; penduduk 915 ribu, terletak di dataran rendah aliran S. Brahmaputera. Pusat perdagangan dan industri. Industri utama ialah tekstil, penggilingan padi dan yute; industri berat dalam tahap pembangunan. Dacca dan Chittagong (kota pelabuhan terpenting) dihubungkan oleh jalan raya dan jalan kereta api, begitu juga dengan provinsi-provinsi India seperti Assam dan Benggala Barat; khususnya dengan kota Calcutta.
 
Udah jadi tugasku untuk memperjelas thread ini, OK aku mulai ya..

Dhaka dahulu merupakan ibu kota Kekaisaran Mughal. Pada saat itu, Dhaka dikenal dengan nama Jahangir Nagar sebagai bentuk penghormatan bagi Kaisar Jahangir. Dhaka dikuasai oleh Britania Raya pada 1765. Dia kemudian menjadi ibu kota Pakistan Timur pada tahun 1947, dan ibu kota Bangladesh pada 1971.

Berikut data statistik Dhaka sebagai ibu kota negara Bangladesh :

Didirikan : 1608
status kota : 1947
Jenis Pemerintahan : Munisipalitas *)
Luas Kota : 304 km2


*) Munisipalitas, adalah :

suatu entitas administratif yang terdefinisi secara jelas wilayah dan penduduknya, yang umumnya merujuk pada suatu kota atau desa, atau kelompok kecil dari entitas-entitas tersebut. Suatu munisipalitas biasanya diperintah oleh seorang walikota (mayor) dan suatu dewan kota atau dewan munisipal.
 
Back
Top