Seni seni pentas kerakyatan Spontan
 
Go Back   Home > Sekolah & Pelajaran Sekolah > SMP/MTs Kelas 7

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Seni seni pentas kerakyatan Spontan

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[SBK-Seni Budaya Keterampilan] Seni seni pentas kerakyatan Spontan

Dagelan


Dagelan (Jawa). Sama dengan alan-alan atau lawak daham bahasa Melayu/Indonesia; bebodoran dalam dialek Jakarta. Dagelan merupakan salah satu seni pentas kerakyatan yang bersifat spontan dan tak pernah diikat naskah, melainkan berdasarkan improvisasi antara sesama pemain. Pada umumnya dagelan didasarkan atas suatu lakon singkat yang dikembangkan ketika permainan tengah berlangsung. Kejenakaan diusahakan melahui isi, gerak-gerik dan cara bicara. Dagelan bersifat parodi dan karenanya menghindari efek realistik. Peranan wanita biasanya dibawakan oleh pria. Pada umumnya pertunjukan dagelan dijadikan selingan dalam pertunjukan drama tradisional antara dua babak. Oleh karena itu biasanya hanya terdiri dari satu babak; tetapi ada juga dagelan yang punya lakon dan pertunjukan selama 4—S jam.
Mikoto Mikoto is offline
National Level

Post: 727
 
Reputasi: 1

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

re: Seni seni pentas kerakyatan Spontan

[lang=en]in this performance requires skill to improvise. Not everyone can find a joke without the guidance of the manuscript before it appeared.

That said, the perpetrators of this farce is an intelligent person, I was impressed with their prowess.

Is there among you who can joke here spontaneously without trace? :D[/lang]
Carissa_Terry
Carissa_Terry Carissa_Terry is offline
City Level

Post: 142
 
Reputasi: 3






Reply With Quote     #3   Report Post  

re: Seni seni pentas kerakyatan Spontan

[lang=en]in this performance requires skill to improvise. Not everyone can find a joke without the guidance of the manuscript before it appeared.

That said, the perpetrators of this farce is an intelligent person, I was impressed with their prowess.

Is there among you who can joke here spontaneously without trace? :D[/lang]
Carissa_Terry
Carissa_Terry Carissa_Terry is offline
City Level

Post: 142
 
Reputasi: 3






Reply With Quote     #4   Report Post  

re: Seni seni pentas kerakyatan Spontan

Kutip:
Oleh Mikoto View Post
Dagelan


Dagelan (Jawa). Sama dengan alan-alan atau lawak daham bahasa Melayu/Indonesia; bebodoran dalam dialek Jakarta. Dagelan merupakan salah satu seni pentas kerakyatan yang bersifat spontan dan tak pernah diikat naskah, melainkan berdasarkan improvisasi antara sesama pemain. Pada umumnya dagelan didasarkan atas suatu lakon singkat yang dikembangkan ketika permainan tengah berlangsung. Kejenakaan diusahakan melahui isi, gerak-gerik dan cara bicara. Dagelan bersifat parodi dan karenanya menghindari efek realistik. Peranan wanita biasanya dibawakan oleh pria. Pada umumnya pertunjukan dagelan dijadikan selingan dalam pertunjukan drama tradisional antara dua babak. Oleh karena itu biasanya hanya terdiri dari satu babak; tetapi ada juga dagelan yang punya lakon dan pertunjukan selama 4—S jam.

udah jarang keluar lagi nih
Gia_Viana Gia_Viana is offline
World Level

Post: 10.647
 
Reputasi: 304






Reply With Quote     #5   Report Post  

re: Seni seni pentas kerakyatan Spontan

Karya seni seperti dagelan, Ludruk dari Surabaya, Lenong dari Betawi, dan sebagainya .... udah kalah pamor dengan acara game-2 terbaru di televisi swasta tuh....
agen_pale
agen_pale agen_pale is offline
World Level

Post: 22.080
 
Reputasi: 490

__________________
The Legend's

Mau Repu? Klik ini


loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

re: Seni seni pentas kerakyatan Spontan

iya sayang banget ya den, padahal kesenian wayang orang (itu loh yang ada ditrans*) ludruk dan acara lawak terkait sangat digemari tapi sayang banget udah hampir gak ada acara seperti ini
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

__________________






Reply With Quote     #7   Report Post  

re: Seni seni pentas kerakyatan Spontan

sebenarnya semua itu hanya butuh kepedulian mereka yang menjadi produser di beberapa televisi swasta....

jadi sedih nih... rasa nasionalisme mereka sudah dikalahkan rasa "duitisme" dan
"ratingisme"...

nanti kalo kebudayaan itu dicaplok orang, baru tv-tv swasta itu yang berlagak sok pahlawan tuk memberitakannya.... hufh... memuakan sekali :eeek:
agen_pale
agen_pale agen_pale is offline
World Level

Post: 22.080
 
Reputasi: 490

__________________
The Legend's

Mau Repu? Klik ini





Reply With Quote     #8   Report Post  

re: Seni seni pentas kerakyatan Spontan

I love gabungan dari tari remong - kidungan - ludruk suroboyoan.. ala cak Kartolo dkk.. wkwkwkwk.. bener2 bisa ilangin stres.. tapi masih tayang sih di tv lokal jatim, meski gak seheboh dulu.. yang mau download ludruk coba kesini.. http://arsip.tommybudiawan.co.cc/200...i-lengkap.html
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.512
 
Reputasi: 155






Reply With Quote     #9   Report Post  

re: Seni seni pentas kerakyatan Spontan

iya.. ludruk ala cak kartolo.. mantaaaap
highly recommended for your haha hihi time..
darkgrey
darkgrey darkgrey is offline
National Level

Post: 1.885
 
Reputasi: 59

__________________
Abu abu paling gelap






Reply With Quote     #10   Report Post  

re: Seni seni pentas kerakyatan Spontan

jiakakakakakak ada 'welut ndas ireng'
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.512
 
Reputasi: 155

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.