[Biografi] James Ramsay Daihouse

Takoyaki

New member
James Ramsay Daihouse

the_abolitionists_gallery_06.jpg




Daihouse, James Ramsay (Istana Dalhouse, 22 Apr 1812—Istana Dalhouse, 19 Des 1860). Gubernur jenderal india. Memperluas daerah di bawah pemerintah Inggeris dengan pendudukan dan ane ksasi. Mempercepat westernization (ing.) sehingga menimbulkan kebencian. Kebijaksanaannya dianggap menyebabkan pemberontakan tahun 1857 (Ing.: Indian Marine).
 
Bls: [Biografi] James Ramsay Daihouse

Pemberontakan di India 1857

Pemberontakan di India 1857 dimulai sebagai pemberontakan sepoy-sepoy East India Company Britania pada 10 Mei 1857 di kota Meerut, dan segera meluas menjadi pemberontakan penduduk di dataran Gangga hulu dan India Tengah. Pemberontakan ini mengancam kekuatan EIC di India.

Setelah pemberontakan berhasil dipadamkan, EIC dibubarkan pada tahun 1858. Selanjutnya, kekuasaan di India dijalankan secara langsung oleh mahkota Britania.

British East India Company

Perusahaan Hindia Timur Britania (bahasa Inggris: British East India Company), kadangkala disebut sebagai John Company, merupakan sebuah perusahaan saham-gabungan dari para investor, yang diberikan Royal Charter oleh Elizabeth I pada 31 Desember 1600, dengan tujuan untuk menolong hak perdagangan di India. Royal Charter (Piagam Kerajaan) secara efektif memberikan perusahaan yang baru berdiri ini sebuah monopoli dalam seluruh perdagangan di Hindia Timur. Perusahaan berubah dari sebuah gabungan perdagangan komersial ke salah satu yang memerintah India ketika perusahaan ini mengambil fungsi pemerintahan dan militer tambahan, sampai pembubarannya pada 1858.

Adam Smith menulis, "Perbedaan antara konstitusi Britania yang jenius yang melindungi dan memerintah Amerika Utara, dan dari yang perusahaan perdagangan menekan dan mendominasi Hindia Timur, tidak dapat mungkin dapat digambarkan dari perbedaan "state" dari negara-negara tersebut."


-dipi-
 
Back
Top