[Geografi] Planet Merkurius

gerimis

New member
Planet Merkurius

fenomenahalodipadang.jpg

Merkurius termasuk planet dalam atau inferior dan memiliki jarak paling dekat dengan Matahari (0,39 SA) atau kira-kira 58 juta km). Elongasi terbesarnya yakni 28° baik barat maupun timur. Planet ini merupakan planet kecil dengan diameter di ekuatornya adalah sebesar 4.878 km. Letaknya tidak pernah jauh dari Matahari sehingga sukar diamati. Pada waktu sore hari, Merkurius terlihat dari Bumi sebagai bintang sore dan cepat terbenam. Demikian pula pada waktu pagi hari nampak sebagai bintang pagi dan cepat menghilang disusul terbitnya matahari,
Masa edar (revolusi) planet ini 88 hari dan rotasinya 58 hari 15 jam. Karena letaknya dekat dengan Matahari, maka suhu di perrnukaan Merkurius pada slang hari bisa mencapai 350°C dan pada malarn hari — 170°C. Jadi, jelas dengan kondisi demikian tidak mungkin terdapat kehidupan di planet ini.

Massa Merkurius paling kecil di antara planet di tata surya, yaitu 0,06 massa bumi, sehingga tidak ada lapisan udara yang rnenyelimutinya. Merkurius menyeberangi (transit) Matahari sebanyak 3 kali dalam setahun. Bila planet ini berada di balik bayangan Matahari, berarti sedang beroposisi, dan bila berada di depan Matahari berarti sedang berkonjungsi.

Hasil penelitian NASA dengan pesawat angkasa luar Marinir X, mencatat bahwa Merkurius tidak memiliki atmosfer sama sekali, temperaturnya panas, permukaannya kasar dan berkawah. Hal tersebut dimungkinkan karena tumbukan dari batu-batu meteor yang jatuh di permukaannya. Kondisi tersebut dapat juga disebabkan aktivitas gunung api yang rneletus di planet ini. Gravitasi di planet ini tercatat sebesar 0,38 kali gravitasi di Bumi. Berarti benda dengan berat 38 kg di Merkurius akan berbobot 100 kg di Bumi. Planet ini tidak mempunyai bulan atau satelit maupun cincin (ring).
 
Back
Top