penyebab operasi cesare pada anjing

Status
Not open for further replies.

Megha

New member
penyebab operasi cesare pada anjing

235.jpg


Dalam beberapa kasus melahirkan kadang ada anjing yang harus melewati proses Cesar. Banyak sebab yang menyebabkan anjing harus dicesar.

Faktor ras,

Ada beberapa jenis anjing yang memang harus melewati proses cesar jika melahirkan. Contohnya: Bulldog, anatomi Bulldog yang menyebabkan anjing ini harus di cesar. Anakan Bulldog memiliki badan yang lebih besar dibanding kepalanya, kaki bengkang sehingga menyulitkan untuk dilahirkan secara normal. Ditambah dengan indukan Bulldog yang tidak mempunyai leher sehingga nafas pendek menyebabkan anjing Bulldog tidak kuat untuk ngeden. Anjing ras kecil seperti Chihuahua, Pomeranian, Yorkshire ,dll juga sering mengalami operasi cesar karena tidak mempunyai tenaga atau anaknya terlalu besar.

Faktor anatomi dan genetic,

Anjing yang memiliki pinggul yang sempit biasanya mengalami kesulitan untuk melahirkan secara normal. Untuk mengetahui apakah anjing kita memiliki pinggul yang sempit dapat diperiksa oleh seorang dokter hewan. Anjing yang memiliki pinggul sempit dan anak yang dikandung berukuran besar sudah pasti tidak bisa melahirkan secara normal.

Anjing yang berpinggul sempit, seringkali juga melahirkan anak yang berpinggul sempit. Oleh karena itu, jika anda ingin membeli anjing betina harus ditanyakan kepada breedernya apakah ada generasi diatasnya yang melahirkan secara cesar . Memang, tidak 100% benar kalau induknya berpinggul sempit anaknya juga akan berpinggul sempit tapi setidaknya ada kemungkinan indukan ini akan menurunkan kejelekannya pada anaknya.

Faktor kesehatan,

Faktor ini sering terjadi, anjing yang dalam keadaan hamil terserang penyakit. Penyakit yang sering menyebabkan anjing harus di cesar biasanya infeksi saluran rahim dan vagina. Anjing hamil yang terserang penyakit keputihan kemungkinan besar akan melahirkan anak dengan kondisi buta karena anakan yang keluar akan melewati cairan keputihan yang banyak mengandung bakteri atau virus.

Ada anjing yang sedang hamil nafsu makannya menurun sehingga mengganggu kualitas kesehatannya . Biasanya terjadi ketika usia kehamilan makin tua, rahim yang membesar menekan usus pencernaan sehingga anjing susah makan. Anjing hamil yang kesulitan makan akan semakin turun tingkat kesehatannya dan ini akan mempengaruhi kesehatan janin pula. Anjingpun tidak mempunyai tenaga untuk melahirkan secara normal sehingga memerlukan operasi cesar untuk membantu kelahirannya.

Anjing yang sudah melewati hari ke 60 masa kehamilan tapi belum ada tanda-tanda akan melahirkan sebaiknya di bawa ke dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan. Banyak kasus cesar terjadi karena sang induk tidak mengalami kontraksi padahal placenta sudah lepas dari dinding rahim. Hal ini jika tidak segera dilakukan operasi cesar akan membahayakan sang janin. Placenta yang sudah copot tidak lagi menyalurkan oksigen ke janin. Biasanya setelah lepas, janin dapat bertahan antara 3 jam – 24 jam.

Biasanya dokter hewan akan menginduksi dengan oksitosin agar sang induk mengalami kontraksi. Tapi, jika sudah diinduksi dengan aksitosin dalam 3 jam belum kontraksi sang induk harus segera menjalankan operasi cesar.

Ada beberapa kasus , anjing pada awalnya melahirkan secara normal tetapi karena banyaknya anak yang harus dilahirkan atau janin terlalu besar sehingga sang induk kehabisan tenaga. Maka sang induk juga harus segera di cesar. Kalau janin ternyata sudah mati didalam kandungan tetapi tidak diangkat secepatnya ,nyawa sang induk akan terancam karena proses pembusukan janin sangat cepat dan akan meracuni semua system yang ada.

Sumber
 
[lang=en]It is so crazy, how expensive for maintain this kind of dog. Perhaps, this breed is also called the modern dog. :D I'm sure the price is so high.[/lang]
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top