Gunung-Gunung yang Ada di Indonesia.. dari A - Z

Kalina

Moderator
Gunung Agung di Bali

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem - Bali.

Masyarakat Hindu Bali percaya bahwa Gunung Agung adalah tempat bersemayamnya dewa-dewa, dan juga masyarakat mempercayai bahwa digunung ini terdapat istana dewata. Oleh karena itu, masyarakat bali menjadikan tempat ini sebagai tempat kramat yang disucikan.



GunungAgungAndBatur.jpg


Gunung%20Agung2.jpg


image023.jpg


gunung-agung-bertedung-awan.jpg

Fenomena awan bertedung di puncak Gunung Agung (Bali) menjelang acara Panca Bali Krama 2009

io033-700.jpg


id112973.jpg


mt_agung.jpg


079.jpg


agung-bali-island.png




Indah banget ya...
 
Gunung Arjuno di Jawa Timur

Gunung Arjuno (atau Gunung Arjuna, dalam nama kuna) terletak di Malang, Jawa Timur, bertipe Strato dengan ketinggian 3.339 m dpl dan berada di bawah Pengelolaan Tahura Raden Soeryo. Biasanya gunung ini dicapai dari tiga titik pendakian yang cukup dikenal yaitu dari Lawang, Tretes dan Batu.

Mount_Arjuna.jpg


mt-arjuna1.jpg


arjuna.jpg


arjuno9.jpg


3512799705_3d5e77571b.jpg


Gunung Arjuno ini.. punya saudara kembar berupa gunung juga. Namanya Gunung Welirang.

ni dia Gunung Welirang..

img_1175_welirang1a.jpg


kedua gunung ini.. memiliki satu titik puncak yang sama.. hehehehe
 
Gunung Argopuro di Jawa Timur

Gunung Argapura merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung ini sering juga disebut dengan Argopuro.
Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.

semeru002.jpg


16pb1.jpg


argopuro2.jpg


64343_gunung_semeru_300_225.jpg


semeru002.jpg



kalo pagi hari.. bener-bener pagi ya.. pas matahari baru nyembul... kira-kira jam 5.30... nampak banget nih di depan kamarku... tapi karena depan rumah sekarang dah banyak rumah yang sama-sama menjulang tinggi.. makin kabur juga tuh gunungnya...
 
gunung ciremai
Gunung ciremai adalah gunung tertinggi di jawa barat (3.078 Mdpl),dekat sekali dengan kampung halamanku,,kabupaten kuningan,,gak usah susah2 buat liat gunung ini dengan jelas,,,kalau di kampungku,,cukup melihat ke arah selatan dari rumah nenekku,,maka akan terlihat dengan jelas,,meskipun begitu indah,,gunung ciremai menyimpan banyak misteri dan keangkeran,,,:D:D:D:D

gunung ciremai


gunung-ciremai.jpg


ciremai1.jpg


800px-ciremai_040906_021_resize.jpg


images


4.jpg



gerbang jalan menuju gunung ciremai

2462769871_4c45a49022_m.jpg
 
Gunung Batok di Jawa Timur

Gunung Batok adalah gunung yang terletak di jawa timur dekat dengan gunung bromo dan semeru. Gunung ini satu - satunya gunung mati atau tidak aktif. gunung tersebut berkawasan di Gunung Tengger. Gunung batok Menepati empat wilayah yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Yang paling depan gunung Batok dan paling belakang gunung bromo yang sedang erupsi pada abad ke - 20,

COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Bromo_met_rookpluim_TMnr_10004104.jpg


photo-3858-18-02-08-11-23-31.jpg


img_0911.jpg


1.1220025840.gunung-batok.jpg


Gunung ini.. kalo dari deket.. jadi seperti seonggok batu guede aja.. :)
jadi inget.. pernah pipis di situ.. >_<
 
Gunung Batu di Bali

Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Terletak di barat laut Gunung Agung, gunung ini memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 km dan merupakan salah satu yang terbesar dan terindah di dunia (van Bemmelen, 1949). Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1267 m - 2152 m (puncak G. Abang). Di dalam kaldera I terbentuk kaldera II yang berbentuk melingkar dengan garis tengah lebih kurang 7 km. Dasar kaldera II terletak antara 120 - 300 m lebih rendah dari Undak Kintamani (dasar Kaldera I). Di dalam kaldera tersebut terdapat danau yang berbentuk bulan sabit yang menempati bagian tenggara yang panjangnya sekitar 7,5 km, lebar maksimum 2,5 km, kelilingnya sekitar 22 km dan luasnya sekitar 16 km2 yang yang dinamakan Danau Batur. Kaldera Gunung Batur diperkirakan terbentuk akibat dua letusan besar, 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu

800px-Gunung_Batur_from_Kintamani.jpg


Gunung_Batur.jpg


photo-11366-22-04-07-11-29-30.jpg

i love this.. jadi inget pelajaran melukis waktu SD dulu..

Mount_Batur.JPG
 
Gunung Bawakaraeng di Sulawesi Selatan

Gunung Bawakaraeng berada di wilayah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Di lereng gunung ini terdapat wilayah ketinggian, Malino, tempat wisata terkenal di Sulawesi Selatan. Secara ekologis gunung ini memiliki posisi penting karena menjadi sumber penyimpan air untuk Kabupaten Gowa, Kota Makassar, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Sinjai.

Menurut Mitos..

Bawakaraeng bagi masyarakat sekitar memiliki arti sendiri. Bawa artinya Mulut, Karaeng artinya Tuhan. Jadi Gunung Bawakaraeng diartikan sebagai Gunung Mulut Tuhan.Penganut sinkretisme di wilayah sekitar gunung ini meyakini Gunung Bawakaraeng sebagai tempat pertemuan para wali. Para penganut keyakinan ini juga menjalankan ibadah haji di puncak Gunung Bawakaraeng setiap musim haji atau bulan Zulhijjah, bersamaan dengan pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. Tepat tanggal 10 Zulhijjah, mereka melakukan salat Idul Adha di puncak Gunung Bawakaraeng atau di puncak Gunung Lompobattang.

bawakaraeng-arabika-view.jpg


gunung7


before.jpg


1.JPG


mirip ama Arafah loh.. bedanya.. kalo di Arafah panas.. di Bawakaraeng adem.. juga ada tugunya segala!!

gunung3


pagi-di-bawakaraeng_source-www-inart-wordpress-com.jpg



 
Gunung Bromo di Jawa Timur

Gunung Bromo (dari bahasa Sansekerta/Jawa Kuna: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.
Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.
Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

IMG_0288.jpg


BromoCloseup.jpg


Gunung-Bromo-2010.jpg

 
wah keren ni thread... bisa banyak tau jenis-jenis gunung yang ada di indonesia... tia jadi penasaran sama gunung bromo... jadi mau kesana deh hihiihih
 
Back
Top