Sejarah Samurai & Ninja
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Sejarah Samurai & Ninja

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
    #51   Report Post     Original Poster (OP)

re: Sejarah Samurai & Ninja

Ketika pasukan Oda Nobunaga bersama kelompok aliran Koka menyerbu daerah Iga. Konon, organisasi aliran Iga melalui perang antarninja itu dihancurkan. Baik keluarga Momoji maupun keluarga Fujibayashi yang bergengsi itu terpaksa dibubarkan. Mereka lari ke Gunung Koya -- ke kuil Budha Shugenco yang bernama Kongoubuji. Aliran Iga -- Momoji dan Fujibayashi -- terpaksa menghilang dari sejarah. Aliran Koka juga akhirnya mengalami nasib sama. Soalnya, kelompok ninja yang dipimpin Hattori Hanzo dari aliran Iga, sebelum Momoji dan Fujibayashi dibubarkan pasukan Oda Nobunaga, ikut masuk payung Tokugawa Iyeyasu. Dan Tokugawa yang kemudian hari memerintah seluruh wilayah Jepang, menggunakan Hattori Hanzo untuk menguasai aliran Koka. "Tokugawa Iyeyasu membawahkan sebanyak 700-an ninja, 200 di antaranya dari aliran Koka, sisanya dari aliran Iga. Sementara daerah Iga ditunjuk Iyeyasu sebagai kantung ninja.

Dengan terbentuknya organisasi mata-mata yang amat besar di dalam pemerintah keshogunan Tokugawa, Iyeyasu dapat menyingkapkan rencana komplotan para daimyo, sekaligus menghancurkannya. Iyeyasu memang pandai memanfaatkan kemampuan ninja. Boleh dikatakan keselamatan pemerintah keshogunan Tokugawa yang bertahan selama 300 tahun itu, berkat terbentuknya organisasi ninja," kata Heishichiro Okuse, yang awal November lalu genap berusia 79 tahun. Tugas ninja ada pada masa perang, atau pada masa keadaan politik dan masyarakat tak stabil. Ninja butuh kekacauan untuk eksis. Sebaliknya, penguasa butuh ninja demi keselamatan dan demi kestabilan pemerintahan. Apabila keadaan politik dan sosial masuk era stabil dan aman, apa nasib ninja? Jelas, tugasnya menghilang. Dan itu terjadi pada awal pemerintahan Tokugawa. Ketiga Shogun Tokugawa -- dari Tokugawa Iyeyasu sampai Tokugawa Iyemitsu -- memobilisasi jaringan ninja. Tapi setelah pemerintah keshogunan Tokugawa masuk ke era stabil, peranan dan jasa Ninja mendadak berkurang.

Demikianlah para ninja akhirnya terpaksa masuk ke bawah payung organisasi kepolisian samurai. Di situ, mereka diberi tugas sebagai mata-mata polisi -- samurai. "Setelah pemerintahan Samurai Tokugawa runtuh dengan restorasi Meiji (tahun 1868), lucunya banyak keturunan ninja direkrut sebagai anggota polisi di bawah pemerintah Meiji. Maka, tak salah juga, kalau menyebut sang polisi kini sebagai keturunan ninja," ujar Okuse sambil tertawa.


Source


-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121

Loading...
       





    #52   Report Post     Original Poster (OP)

re: Sejarah Samurai & Ninja

Musashi vs Kojiro




Sasaki Kojiro ( disebut juga Ganryu Kojiro ) lahir tahun 1585 – 13 April 1612. Seorang samurai jepang yang lahir di daerah Fukui yang hidup dari jaman Sengoku sampai awal jaman Edo. Pertarungan dia dengan Miyamoto Musashi di Ganryu Island menjadi sejarah sampai sekarang.

Sasaki Kojiro beraliran pedang Ganryu yang juga dijadikan nama sebuah dojo yang dia dirikan. Dikatakan bahwa Sasaki Kojiro belajar gaya berpedang Chujo-ryu dari Kanemaki Jisai (murid Toda Seigen). Kanemaki Jisai sendiri adalah master menggunakan kodachi ( pedang kecil yang digunakan sebagai pendamping pedang katana ).

Kojiro menjadi lawan tanding bagi gurunya karena gurunya sendiri memakai kodachi sedangkan kojiro menggunakan nodachi atau pedang panjang, karena ini lah mereka semakin terasah dalam menggunakan masing2 senjatanya. Setelah Kojiro mengalahkan adik termuda gurunya dia pergi dari dojo dan mendirikan dojonya sendiri yang bernama Ganryu.

Karena kepopuleran dojo dan banyaknya duel yang dimenangkan ( salah satunya ketika bertahan dari 3 orang sekaligus yang menyerang dia hanya dengan kipas kertas ), Kojiro diberi kehormatan oleh Lord Hosokawa Tadaoki sebagai kepala persenjataan dari Hosokawa Fief di utara Kyushu. Kojiro di kenal mahir menggunakan Nodachi ( pedang jepang dua tangan ) dan menggunakan salah satu pedangnya yang bernama “The Laundry-Drying Pole” sebagai senjata utamanya.



Sasaki Kojiro menjadi rival dari Musashi Miyamoto yang menurut Miyamoto Musashi sendiri mengakui kalau Sasaki Kojiro adalah lawan yang tangguh, ada banyak pertarungan antara mereka berdua tetapi yang paling banyak dijadikan cerita pada saat di Pulau Ganryu.

Awalnya Musashi Miyamoto mendengar kepopuleran Kojiro dan Miyamoto Musashi meminta Lord Hosokawa Tadaoki untuk mengatur duel antara mereka berdua.

Pertarungan disiapkan pada tanggal 13 April 1612 di Pulau Ganryujima of Funashima (Pulau antara Honshu dan Kyushu). Menurut sejarah Musashi datang terlambat sekitar 3 jam dan ketika Kojiro berteriak marah kepada Musashi hanya tersenyum. Karena marah Kojiro langsung bertarung dengan dipenuhi amarah, dengan teknik andalannya “Swallow Blade Cut’s” dia berusaha mengalahkan Musashi.

Sayangnya Musashi lebih dulu memukul iga kiri Kojiro yang menyebabkan patah dan menusuk paru-parunya yang menyebabkan kematian bagi Kojiro. Sebuah patung didirikan di jembatan kintai antara iwakuni dan shinwakuni.


-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






    #53   Report Post     Original Poster (OP)

re: Sejarah Samurai & Ninja

Shinsengumi

Shinsengumi adalah sebuah kesatuan polisi khusus pada masa keshogunan terakhir.

Latar Belakang Sejarah

Setelah Jepang membuka diri pada dunia Barat mengikuti kunjungan perwira AS Komodor Matthew Perry pada 1853, situasi politik secara bertahap menjadi makin keras. Negara terbagi menjadi beberapa garis pendapat politik; satu dari beberapa kelompok pemikiran ini (yang telah ada sejak kedatangan Perry) sonnō jōi: "Hormati Kaisar, Usir Orang Asing." Pengikut radikal dari ideologi ini mulai melakukan kegiatan pembunuhan dan kekerasan di Kyoto, ibukota kerajaan. Pada 1963, dalam usaha menjawab keadaan ini, Keshogunan Tokugawa membentuk Roshigumi, satu kelompok yang terdiri dari 234 samurai tak bertuan (rōnin), dibawah komando hatamoto Matsudaira Tadatoshi dan pimpinan Kiyokawa Hachirō (seorang ronin dinamis dari Shonai). Misi formal kelompok adalah bertindak sebagai pelindung Tokugawa Iemochi, shogun ke-14, yang mempersiapkan diri untuk mengadakan perjalanan ke Kyoto.

Rōshigumi, sebagaimana dinyatakan di atas, dibentuk oleh rejim Tokugawa. Meski demikian, tujuan Kiyokawa Hachirō, yang diungkapkannya menyusul kedatangan kelompok itu di Kyoto, adalah untuk mengumpulkan rōnin untuk bekerja dengan imperialis. Sebagai jawaban, tigabelas anggota Rōshigumi menjadi tigabelas anggota pendiri Shinsengumi. Anggota lain yang setia pada pemerintahan Tokugawa kembali ke Edo dan membentuk Shinchōgumi, yang mengikuti bentuk wilayah Shōnai.

Anggota Shinsengumi aslinya dikenal sebagai Miburō, artinya "ronin dari Mibu," Mibu adalah wilayah kumuh di pusat Kyoto di mana mereka ditempatkan. Kendatipun, reputasi Shinsengumi menjadi kusam dengan cepat, dan panggilan mereka kemudian berubah menjadi “Serigala Mibu" (sama pengucapannya). Shinsengumi bisda diartikan "Kesatuan Pilihan Baru" (Shinsen berarti “baru dipilih," sementara "gumi" diartikan sebagai “kelompok," "tim," atau "pasukan"). Komandan asli Shinsengumi adalah Serizawa Kamo, Kondō Isami, and Shinmi Nishiki. Awalnya, kelompok dibagi dalam tiga faksi utama: kelompok Serizawa, kelompok Kondo, kelompok Tonouchi (daftar anggota di bawah). Meski demikian, Tonouchi dan Iesato dibunuh tak lama setelah pembentukannya.

Faksi Serizawa:
  • Serizawa Kamo
  • Niimi Nishiki
  • Hirayama Gorou
  • Hirama Juusuke
  • Noguchi Kenji
  • Araya Shingorou
  • Saeki Matasaburou

Faksi Kondo:
  • Kondo Isami
  • Hijikata Toshizo
  • Inoue Genzaburō
  • Okita Souji
  • Nagakura Shinpachi
  • Saito Hajime
  • Harada Sanosuke
  • Todo Heisuke
  • Yamanami Keisuke

Faksi Tonouchi:
  • Tonouchi Yoshio
  • Iesato Tsuguo
  • Abiru Aisaburo
  • Negishi Yuuzan

Setelah hilangnya Tonouchi Yoshio dan faksi ketiganya, kelompok kemudian terdiri dari dua faksi: kelompok Mito Serizawa dan anggota Shiekan Kondō Isami, keduanya berpusat di lingkungan Mibu Kyoto. Kelompok menyerahkan sebuah surat ke klan Aizu memohon ijin ke polisi Kyoto, dan membalas para revolusioner yang mendukung kaisar melawan keshogunan Tokugawa. Permohonan mereka dikabulkan.

Pada 30 September (kalender bulan 18 Agustus), klan Chōshū dipaksa keluar dari dewan Kekaisaran oleh rejim Tokugawa, klan Aizu dan klan Satsuma. Semua anggota Mibu Rōshigumi dikirim untuk membantu Aizu dan membantu menghadang Chōshū dari dewan kekaisaran dengan mengawal gerbang-gerbangnya. Ini menyebabkan perpindahan kekuasaan di dunia politik di Kyoto, dari kekuatan ekstrem Chōshū yang anti-Tokugawa ke kekuatan Aizu yang pro-Tokugawa. Nama baru "Shinsengumi" disebutkan telah diberikan ke kelompok ini oleh Dewan Kekaisaran atau Matsudaira Katamori (daimyo klan Aizu) atas pekerjaan mereka dalam mengawal gerbang.

Musuh terbesar Shinsengumi adalah ronin samurai klan Mori dari Chōshū yang mendukung imperialis (dan kemudian, mantan sekutu Klan Shimazu dari Satsuma).

Ironisnya, tindakan gegabah Serizawa dan Shinmi, berimbas pada nama Shinsengumi, menyebabkan kelompok ini ditakuti di Kyoto ketika tugas mereka adalah untuk menjaga kedamaian. Pada 19 Oktober 1863, Shinmi Nishiki, yang diturunkan menjadi wakil komandan karena sebuah perkelahian dengan pegulat, dipaksa melakukan seppuku oleh Hijikata dan Yamanami. Kurang dari dua minggu kemudian, Serizawa dibunuh oleh faksi Kondō atas perintah Matsudaira Katamori.

Kasus Ikedaya Affair pada 1864, di mana mereka mencegah pembakaran Kyoto, membuat Shinsengumi terkenal dalam semalam; mereka mendapat banyak anggota baru.

Shinsengumi tetap setia ke Tokugawa Bakufu, dan meninggalkan Kyoto dengan damai di bawah pengawasan wakadoshiyori Nagai Naoyuki, tak lama setelah pengunduran diri Tokugawa Yoshinobu. Meski demikian, sebagaimana mereka ditempatkan sebagai kesatuan keamanan di Fushimi, mereka segara ikut ambil bagian dalam Perang Toba-Fushimi. Kemudian, ketika melanjutkan pertempuran di luar Edo, Isami Kondō tertangkap dan dipenggal oleh pemerintahan Meiji. Sekelompok anggota Shinsengumi di bawah Saitō Hajime bertempur dalam melindungi wilayah Aizu, dan banyak di antara mereka yang pergi ke wilayah utara di bawah Hijikata, bergabung dengan kesatuan dari Republik Ezo. Selama masa ini, Shinsengumi mampu mengembalikan kekuatanya, hingga mencapai angka di atas 100. Secara umum, kematian Toshizō Hijikata pada 20 Juni (kalender bulan 11 Mei) 1869 dilihat sebagai tanda berakhirnya Shinsengumi, meski ada sekelompok yang bertahan, di bawah Sōma Kazue, yang sebelumnya berada di bawah pengawasan Nagai Naoyuki di Benten-daiba, menyerah secara terpisah.

Sedikit dari anggota inti, seperti Nagakura Shinpachi, Saito Hajime, dan Shimada Kai, bertahan dari bubarnya kelompok. Anggota lainnya, seperti Takagi Teisaku, malah menjadi tokoh terkemuka di masyarakat.


Bersambung


-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






    #54   Report Post     Original Poster (OP)

re: Sejarah Samurai & Ninja

Anggota-anggota Kelompok

Pada puncaknya, Shinsengumi memiliki sekitar 300 anggota. Mereka adalah golongan samurai pertama masa Tokugawa yang memperbolehkan mereka yang bukan berasal dari golongan samurai seperti petani dan pedagang untuk bergabung. Sebelumnya, Jepang memiliki system hierarki golongan yang ketat. Banyak yang bergabung dengan kelompok ini karena keinginan untuk menjadi samurai dan terlibat di dunia politik. Meski demikian, adalah anggapan yang salah bahwa sebagian besar anggota Shinsengumi berasal dari golongan bukan samurai. Dari 106 anggota Shinsengumi (dari total 302 anggota saat itu), terdiri atas 87 samurai, 8 petani, 3 pedagang, 3 dokter, 3 pendeta, dan 2 tukang kayu. Beberapa pemimpin, seperti Yamanami, Okita, Nagakura, dan Harada, terlahir sebagai samurai.

Susunan Shinsengumi setelah Ikedaya
  • Komandan: Kondō Isami, penerus keempat Tennen Rishin Ryū
  • Sekretaris Jenderal (Wakil Komandan): Yamanami Keisuke
  • Wakil Komandan: Hijikata Toshizō
  • Penasihat Militer: Ito Kashitarō
  • Kapten Pasukan:
  • Okita Sōji
  • Nagakura Shinpachi
  • Saitō Hajime
  • Matsubara Chūji
  • Takeda Kanryūsai
  • Inoue Genzaburō
  • Tani Sanjūrō
  • Tōdō Heisuke
  • Suzuki Mikisaburō
  • Harada Sanosuke
  • Mata-mata: Shimada Kai, Yamazaki Susumu
Peraturan Shinsengumi

Inti dari Peraturan Shinsengumi sebagian besar ditulis oleh Hijikata Toshizo. Intinya termasuk lima pasal, melarang tindakan sebagai berikut:
  1. Melarang menghindar dari nilai-nilai samurai (Bushido)
  2. Melarang meninggalkan Shinsengumi
  3. Melarang mengumpulkan uang sepihak
  4. Melarang ikut campur dalam urusan orang lain
  5. Melarang maju dalam pertarungan pribadi
Hukuman dari pelanggaran atas salah satu aturan ini adalah seppuku. Sebagai tambahan, Shinsengumi mempunyai aturan-aturan ini:
  1. Jika pimpinan unit terluka di pertempuran, seluruh anggota unit harus bertempur dan mati di tempat.
  2. Meski dipertempuran di mana tingkat kematiannya tinggi, tidak diperbolehkan untuk menarik jasad yang meninggal, kecuali jasad pimpinan unit.
Yang paling terkenal di antaranya adalah: "Jika seorang anggota Shinsengumi maju ke pertempuran melawan seorang asing, apakah sedang bertugas atau tidak, jika dia terluka dan tidak dapat membunuh musuhnya, membiarkan dia melarikan diri, meski hanya terluka di punggung, seppuku tetap diperintahkan."

Hijikata memaksa mereka untuk mengikuti aturan-aturan yang sangat keras untuk membuat kelompok menjiwai semangat bushido (atau samurai), dan untuk menciptakan ketakutan dalam kelompok sehingga mereka mau mematuhi perintah-perintah Hijikata and Kondo secara mutlak. Aturan-aturan ini adalah alasan utama mengapa mereka tumbuh menjadi sebuah kekuatan yang tangguh dan ditakuti, yang terdiri dari ratusan ahli ilmu pedang, masing-masing dibebani dengan sanksi resmi dan kesiapan untuk membunuh yang tak tergoyahkan.

Ada beberapa anggota yang dipaksa melakukan seppuku karena pelanggaran aturan, atau terbunuh karena menjadi mata-mata.

Seragam

Anggota Shinsengumi sangat mencolok dalam peperangan karena seragam mereka yang berbeda. Mengikuti perintah dari kapten Shinsengumi Serizawa Kamo, seragam standar terdiri dari haori dan hakama di atas kimono, dengan tali putih yang disebut tasuki mengelilingi dada dan diikat di belakang. Fungsi tasuki adalah untuk mencegah lengan kimono dari menghalangi pergerakan tangan. Keunikan seragam yang paling utama adalah pada haori, yang berwarna asagiiro (umumnya biru muda, tapi bisa juga kuning muda). Lengan haori dihiasi dengan "garis-garis gunung putih," menghasilkan pakaian yang sangan cerah, sangat berbeda dengan yang umum coklat, hitam, dan abu-abu yang ditemukan pada pakaian pejuang. Di tengah pertempuran, seragam Shinsengumi menyediakan tidak hanya berarti memudahkan identifikasi, tapi juga merupakan ancaman yang mudah terlihat oleh musuh.


-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






    #55   Report Post  

Re: Sejarah Samurai & Ninja

Ninjutsu Bandung adalah sebuah klub beladiri yang mempelajari berbagai macam Ryuha dalam Ninjutsu seperti Togakure-Ryu, Gyokko Ryu, Kukishinden Ryu, Gikan Ryu dll.

Kontak info selengkapnya 081227350007 PinBB: 32988bc9
Kami bukanlah grup kostum (Cosplay) namun kami berisikan anggota yang mendedikasikan dirinya kepada seni beladiri.Bujinkan Indonesia Ninjutsu Bandung klub latihan yang berafiliasi kepada Hombu Dojo di Jepang yang dipimpin langsung oleh Soke Masaaki Hatsumi murid terakhir dr "The Real Ninja" Toshitsugu Takamatsu. Bujinkan sendiri mempelajaran 6 aliran Samurai dan 3 aliran Ninjutsu, yang terdiri dari Gyokko Ryu Koppojutsu, Koto Ryu Koshijutsu, Takagi Yoshin Ryu Jutaijutsu, Kukishinden Ryu Kenjutsu, Togakure Ryu Biken Jutsu, Togakure Ryu Taijutsu dsb. Sedangkan Dojo pusat di Indonesia sendiri ada di pulau Bali. Kunjungi website kami untuk lebih jelasnya http://togakure-ryu.org/a/

Jelajahi Tradisi Klasik Ribuan Tahun Para Samurai & Ninja di ...
"Hati Prajurit Murni & Penuh Kepastian"

fachrymanganti fachrymanganti is offline
Home Level

Post: 2
 
Reputasi: 0

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 2
Tonisanjaya
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.