Pengunduran Diri Yahya Zaini Pupuskan Pengusutan BK DPR

nurcahyo

New member
Pengunduran Diri Yahya Zaini Pupuskan Pengusutan BK DPR

Kapanlagi.com - Kasus perselingkuhan anggota DPR RI, Yahya Zaini dengan Maria Eva yang berakhir antiklimaks dengan pengunduran diri Yahya dari DPR dan dari kepengurusan DPP Golkar serta pengunduran diri Maria Eva dari kepengurusan DPP AMPI telah memupuskan harapan bagi peran badan Kehormatan (BK) DPR untuk mengusut kasus itu.

Menurut Ketua DPR RI Agung Laksono di Gedung DPR/MPR Senayan Jakarta, Jumat, dengan pengunduran diri Yahya dari DPR RI, maka tidak ada hak BK untuk memeriksa Yahya.

Semula BK DPR telah menetapkan kasus perselingkungan Yahya menjadi prioritas untuk segera dituntaskan. Sejak kasus itu merebak, BK masih menelusuri bukti-bukti dan sedang membahas penetapan jadwal pemanggilan.

Namun dengan pengunduran diri Yahya Zaini, maka langkah BK DPR pun terhenti.

"Mekanisme pergantian di DPR sedang diproses," kata Agung Laksono yang juga Wakil Ketua Umum DPP Golkar.

Yahya Zaini akhirnya mengmbil keputusan mengundurkan diri dari keanggotaannya di DPR RI menyusul skandal seksnya dengan penyanyi dangdut dan pemain sinetron Maria Eva terbongkar.

"Yang bersangkutan sudah mengajukan pengunduran diri melalui surat yang diajukan Kamis malam," kata Agung Laksono.

Namun surat pengunduran diri itu tidak diajukan langsung oleh Yahya Zaini kepada pimpinan DPR atau pimpinan fraksi. Yahya mengajukan pengunduran diri melalui DPP Golkar dan diajukan melalui salah satu Ketua DPP Golkar.

"Dia mengatakan mengundurkan diri secara `legowo` (ikhlas)," kata Agung yang juga Wakil Ketua DPP Golkar.

Dalam surat pengunduran dirinya, Yahya meminta maaf kepada DPP Golkar dan pimpinan DPR RI. Yahya juga memohon maaf kepada masyarakat atas prilakunya yang tidak baik.

Sebelumnya, Yahya telah mengajukan pengunduran diri sebagai salah satu Ketua DPP Golkar. Dalam kaitan skandal itu pula, Yahya telah dinonaktifkan oleh DPP Golkar dari jabatannya sebagai Sekretaris FPG DPR RI.

Sedangkan Maria Eva telah pula mengundurkan diri dari jabatannya di DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), salah satu Ormas kepemudaan di bawah naungan Golkar.
 
Back
Top