Tips Mengolah Bebek

uRaN

New member
Tips Mengolah Bebek

2037343_frozen-duck-meat.png


Siapa tak suka olahan bebek yang gurih? Banyak warung kaki lima hingga resto yang menyuguhkan masakan bebek sebagai menu utamanya. Penasaran ingin tahu mengolah bebek, agar bisa membuat sendiri di rumah?​



• MEMILIH BEBEK
Bebek yang dijual di supermarket sudah bersih dan siap diolah, bahkan biasanya tidak berbau amis. Tapi, untuk memastikan kesegaran bebek, pilihlah bebek hidup yang biasanya dijual di pasar tradisional. Baik bebek hidup atau yang sudah siap olah, pilih yang dadanya berdaging tebal.

• MEMBERSIHKAN BEBEK HDUP
Untuk mengurangi bau anyir, sebelum dipotong, suapkan 2 - 3 sdm cuka ke mulut bebek, diamkan hingga 2 jam agar cuka meresap ke dalam daging. Setelah disembelih, keluarkan jeroannya, rendam daging bebek dalam air mendidih selama 10 menit. Cabuti bulu-bulunya, lalu bakar bebek di atas bara api hingga bulu-bulunya habis terbakar. Cara ini membuat daging beraroma lebih harum, lebih gurih, dan tidak amis.

• MENGOLAH
Buang kelenjar minyak di dekat ekor dan sebagian lemak yang terdapat dalam rongga perut. Bagian inilah yang menyebabkan bebek berbau anyir. Untuk mengurangi bau anyirnya, olah dengan bumbu dan rempah yang cukup banyak. Bila perlu, masukkan rempah, bawang bombay, atau jeruk ke dalam rongga perut bebek saat memasaknya.

• BENTUK POTONGAN
Untuk bebek goreng, biasanya bebek dibelah empat sehingga tiap bagian mendapat bagian tulang dan daging yang sama banyak. Untuk bebek pan ggang biasanya dibuat dalam bentuk utuh, baru dipotong-potong setelah matang.

FEMINA
 
Back
Top