Fakta Pertandingan Arsenal Kontra Barcelona

aqha

New member
Bola.net - Oleh: Ronny Wicaksono

Dua tim yang menjadi kontestan final Liga Champions 2006 akan memperbarui rivalitas mereka di babak 16 besar edisi kali ini di mana Arsenal berambisi membalas dendam pada Barcelona setelah didepak jawara Spanyol itu setahun lalu.

Musim lalu, The Gunners disingkirkan Barca dengan agregat 6-3 dan mereka belum pernah mengalahkan Blaugrana dalam lima pertemuan sebelumnya - dua kali imbang, tiga kali kalah plus kebobolan 10 gol dalam kekalahan tersebut.

Namun kali ini mereka berniat untuk membalikkan keadaan.

Berikut adalah fakta-fakta yang menyelimuti pertemuan kedua kubu musim ini:

PERTEMUAN SEBELUMNYA:

- Arsenal bangkit dari ketinggalan 2-0 dan memaksakan hasil imbang 2-2 di leg pertama babak perempat final musim lalu. Dua gol Zlatan Ibrahimovic membawa sang juara bertahan unggul lebih dulu sebelum tuan rumah Arsenal membalas lewat Theo Walcott dan penalti Cesc Fabregas. The Gunners kemudian unggul lebih dulu pada leg kedua di camp Nou lewat Nicklas Bendtner sebelum Lionel Messi memborong empat gol dan menyudahi pertandingan dengan keunggulan Barca 4-1.

- Barcelona sempat tertinggal lebih dulu sebelum mengakhiri laga dengan kemenangan 2-1 pada partai final 2006 di Stade de France. Samuel Eto'o dan pemain pengganti Juliano Belletti mencetak dua gol berurutan untuk menggagalkan gol pembuka Arsenal yang disarangkan Sol Campbell. Arsenal sendiri bermain dengan 10 pemain sejak kiper Jens Lehmann diusir di awal pertandingan dan menjadikannya pemain pertama yang diusir keluar pada partai final Liga Champions.

- Kedua kubu juga bersua di fase grup Liga Champions 1999-2000. Laga di Spanyol berakhir imbang 1-1 sebelum Barca menang 4-2 di Wembley di mana kala itu pelatih Blaugrana saat ini, Pep Guardiola menjadi kapten tim.

LATAR BELAKANG PERTANDINGAN:

- Arsenal akan ambil bagian dalam turnamen Liga Champions ke-13 mereka dan musim ini adalah kali kesebelas mereka melaju dari babak fase grup. Dalam tiga tahun terakhir, mereka bisa mencapai babak perempat final atau lebih baik lagi.

- The Gunners memenangi semua tiga laga kandang mereka di fase grup, plus mencetak 14 gol. Tak ada tim di luar Inggris yang menang dalam 27 pertandingan Liga Champions, termasuk babak kualifikasi, yang digelar di kandang Arsenal. Sebelum kemenangan Manchester United di babak semifinal 2008-2009, skuad Arsene Wenger mencatat rekor lima tahun tak terkalahkan di kandang pada kompetisi ini, terbagi di dua stadion mereka.

- Barcelona adalah semifinalis tahun lalu, di mana mereka tersingkir di tangan tim yang akhirnya menjadi juara, Inter Milan, Musim ini mereka menjuarai grup untuk tahun keempat berturut-turut dan kali ini lolos dari fase pertama dalam sembilan turnamen terakhir yang mereka ikuti.

- Barcelona memenangkan semua tiga laga kandang mereka dan finis di puncak Grup G, meski kemenangan di matchday keenam melawan Panathinaikos adalah kemenangan pertama dari enam laga tandang mereka di Liga Champions dan yang kedua dari 12 laga. Di sisi lain, mereka hanya kalah sekali dari 15 laga tandang terakhir.

FAKTA PERTANDINGAN:

- Arsenal, bersama Tottenham Hotspur, menjadi tim yang mencetak gol terbanyak di Liga Champions musim ini dengan torehan 18 gol.

- Arsenal dan Barcelona telah bersua tiga kali di Eropa: fase grup 1999-2000, final 2006 final dan perempat final musim lalu, di mana Arsenal tak pernah menang dan kalah tiga kali dalam lima pertemuan.

- Selalu ada kartu merah yang muncul dalam tiga dari kelima pertemuan antara keduanya.

- Tak ada tim dari Eropa yang menang saat bertandang ke kandang Arsenal di Liga Champions sejak Inter Milan mengalahkan The Gunners 3-0 September 2003 silam - rangkaian 36 laga di mana kekalahan Arsenal hanya datang dari tim Inggris (Chelsea dan Manchester United).

- Hanya dua tim (Barcelona dan Manchester United) yang telah mencetak lebih dari satu gol di 33 pertandingan Liga Champions yang dihelat di Emirates Emirates, dan 21 tim bahkan tak bisa mencetak gol sama sekali.

- Arsenal mendapatkan penalti dalam delapan dari 11 pertandingan Liga Champions mereka di Emirates Stadium, termasuk masing-masing dalam lima laga terakhir.

- Arsenal hanya mempertahankan satu kali clean sheet dalam delapan pertandingan terakhir mereka di Liga Champions.

- Lionel Messi telah mencetak 13 gol dalam 11 pertandingan Liga Champions sebagai starter, termasuk empat gol dalam satu laga melawan Arsenal musim lalu.

- Arsenal melepaskan tembakan on target dengan akurasi 63% di fase grup - persentase terbaik di kompetisi musim ini.

- Barcelona adalah tim dengan pertahanan paling rapat di fase grup - total lawan mereka hanya bisa melepaskan delapan tembakan yang tepat mengarah ke gawang.

- Marouane Chamakh telah mencetak tiga gol dari hanya enam tembakan di ajang Eropa musim ini.

- Barcelona sukses mencapai babak semifinal dalam tiga musim terakhir.
 
Semalem Ane Sempet Nonton Sbentar..
Gak Nyangka Kalau Arsenal bakal menang. .
Leg 2 Kyaknya Arsenal Bakal Kalah. . .:):))(
 
Hmm... Di leg 1 kemaren mungkin barca kehilangan puyol, jadinya rada bolong ditengah. Dilihat dari sudut pandang manapun, emang sih leg 2 besar kemungkinan barca bakal menang.

Tapi... sekali-kali gw dukung arsenal ah, biar seru & unpredictable ntar di semifinal nya... (bosen barca terus yang nyampe final) :D
 
Yang pasti Barcelona masih unggul dari sisi kematangan juara di bandingkan dengan Arsenal
Kita tunggu aja leg 2 8 Maret 2011 nanti
 
kenapa tidak ada tim yang bisa mengalahkab barca

padahal sangat mudah untuk mengalahkan barca

dengan cara bermain negatif footbal
 
dan ternyata jreng..... Arsenal seperti macan ompong yang baru belajar mengenal sepak bola modern di Camp Nou....
 
Back
Top