Asal Usul Lipstik

Megha

New member
Asal Usul Lipstik

chineselipstic.jpg


Pada zaman Tiongko kuno, terutama di Dinasti Tang, ada tujuh langkah
 dalam membuat kosmetik untuk wanita cantik : alas bedak, menerapkan warna ke
wajah, mewarnai alis mata, menerapkan "warna emas pada dahi", melukis lesung, menghiasi pipi dan memulas pewarna bibir, yang menjadi cikal bakal lipstik modern saat ini.

Jika mata adalah jendela jiwa, bibir adalah cermin dari karakter dan temperamen seseorang. Merias bibir mengalami sejarah panjang dan memiliki berbagai pola pada periode yang berbeda.

Hal ini diyakini bahwa merias bibir pada awalnya dilakukan pada ritual keagamaan. Seiring waktu berlalu, orang menyadari bahwa itu bisamenghidupkan semangat seseorang dan kadang-kadang bahkan bisa mengungkapkan status sosial seseorang. Sebagai akibatnya, bahan-bahan yang berbeda untuk produk kecantikan bibir terus menerus dikembangkan dan digunakan untuk membuat bibir merah dan cerah, membentuk seni makeup.

Produk kecantikan bibir di Tiongkok kuno yang biasanya disebut lip balm, sebagaimana dicatat oleh kamus Tiongkok berjudul Shiming yang ditulis oleh Liu Xi pada Dinasti Han Timur (AD25-AD220).

Lipstik pada mulanya tidak seperti lipstik yang kita lihat sekarang ini, namun berbentuk pasta
yang diletakkan dalam wadah tertentu. Setelah Dinasti Sui(589 AD - 618 AD) dan Tang, beberapa poles bibir diolah menjadi zat padat, dicetak dalam bentuk tertentu. Karena mudah dibawa kemana-mana , jenis baru ini segera mendapatkan popularitas. Produksi dari poles bibir tidak mengalami inovasi besar hanya zaman modern sekarang mulai diadakan inovasi.

Lipstik di Tiongkok kuno juga mengandung aroma wangi yang fantastis. Di dinasti Utara (AD 386-AD 581) bahan baku dari poles bibir antara lain Ageratum dan cengkeh. Pada Dinasti Tang, rasa buatan ditambahkan ke poles bibir.

Sumber : Erabaru/isw
 
Last edited by a moderator:
Ini Tipsnya ya :

Tips Pakai Lipstik Yang Benar Dan Pilih Sesuai Warna Kulit

Kalau mau cantik ya tentu ngga bisa asal juga ya, salah satunya ya soal lipstik ini, sadar ngga sadar ini tuuh berpengaruh banget tau sama penampilan wajah kita. Jadi baiknya sih kamu tau dulu deh nih ya tips pakai lipstik yang benar dari kutipan berikut :
Moko-Moko-Sugar-Lips-Lipstick.jpg

• Bersihkan bibir terlebih dahulu dengan menggunakan kain basah. Pastikan bibir telah bersih kemudian usap dengan kain kering atau kapas. Ini untuk memastikan kebersihan bibir sebelum anda memakai lipstik.
• Oleskan lipbalm merata ke seluruh permukaan bibir, cukup sekali oles dan tidak perlu diulang. Diamkan sekitar 10 – 15 menit, agar kandungan lipbalm meresap ke dalam kulit. Pilih lipbalm yang tidak terlalu glossy dan mengandung formula untuk melembabkan bibir.
• Gunakan lipliner yang sesuai dengan warna kulit anda atau setidaknya mendukung warna lipstik yang akan anda pakai. Oleskan tipis lipliner dan cukup sekali saja, tidak perlu anda ulangi kembali.
• Baru kemudian anda lakukan cara memakai lipstik yang benar pada bibir anda. Pastikan perlahan dan hati-hati agar lipstik tidak keluar dari bibir. Bila ada yang keluar dari bibir, usap dengan kapas atau tissu kering, disarankan agar anda lakukan pembersihan ini saat anda telah selesai memakai lipstik.
• Pakailah lipgloss sebagai tahap akhir setelah memakai lipstik. Lipgloss akan membuat bibir anda terkesan basah, namun bukan basah karena air liur melainkan karena efek kilau yang ditimbulkan dari lipgloss itu sendiri. Jangan dioleskan ke seluruh permukaan bibir, cukup anda tambahkan tipis lipgloss pada bibir bawah dan pada pertemuan kedua bibir.
• Selalu membersihkan bibir dari segala riasan dan setelah selesai memakai lipstik sebelum anda tidur. Berilah pelembab pada bibir anda dan jangan mencabut kulit bibir yang kering. Untuk mengatasinya, oleskan pelembab pada bibir kemudian pijatlah dengan lembut. Bersihkan dengan menggunakan pembersih wajah dan oleskan kembali pelembab pada bibir anda. Biarkan semalaman, tidak perlu dipegang-pegang lagi, anda tinggal tidur untuk melihat hasilnya esok hari.
Selain itu kamu Pilih juga warna yang cocok sesuai warna kulit kamu, ini pilihannya :
Moko-Moko-Sugar-Lips-Lipstick-Colors.jpg

Warna Kulit Putih :
Jangan pilih lipstik warna oranye, kulit akan terlihat kusam, kalau mau merah sebaiknya pilih warna merah lembut, merah muda atau nude.
Kalau mau warna lipstik cokelat, pilih cokelat kemerahan atau cokelat moka,sedangkan kalu mau warna lipstik merah jambu, pilih yang bernuansa rose, pucat,shimmer atau keemasan, pokoknya jangan yang mencolok karena hanya akan memperilahtkan wajah kamu jadi pucat.
Warna Kulit Sedang :
Disarankan untuk warna kulit sedang atau kuning langsat ini pakai yang berawarna cokelat, beige atau nude, dan kalau yang ingin tampil atau memamng penampilannya sporty, bisa pilih warna cokelat kismis ya.
Warna Kulit Sawo Matang dan Gelap :
Pilihan warna untuk kamu yang memiliki warna kulit agak gelap atau sawo matang ini cukup banyak juga kok, ada plum, burgundy, ungu muda, sheer red dan berries. Warna-warna ini memang disarankan dan cocok untukmu.
 
iyyaa, namanya lipstik bsa penyaruh buat kecantikan juga, cuma tergantu orangnya,.. kadang pantes kadang ada yg ga pantes
 
Lipstik itu penting banget buat cewe sih kalo menurut aku, tapi ya memang kalo yang menor2, kdg kurang pasntes dan ga enak juga diliatnya.. Kalo sekarang kan memang lagi in banget tuh dandan ala alami gitu.. dan memang terbukti lebih fresh aja :D
 
Back
Top