Menanam Buah/Sayur Dalam Pot
 
Go Back   Home > Flora, Pertanian & Perkebunan

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Menanam Buah/Sayur Dalam Pot

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Menanam Buah/Sayur Dalam Pot

Saya pernah menanam jagung hibrida dari bibit yg sama dan waktu yg sama serta tanah yg sama dalam pot, hanya beda pupuk. yg satu pake pupuk ZA sebut saja "pot A", dan yg satu pake pupuk kandang (tai kambing) sebut saja "pot B". Dan setelah 4 bulan, pot A mulai berbuah dengan pohon yg normal. sementara pot B dengan pohonya yg agak kerdil namun batangnya kekar jagungnya masih belum nongol.
Dan setelah 5 bulan jagung dari pot A aku tuai dan langsung merebusnya, jagungnya dua tongkol. Dan rasanya seperti jagung hibrid pada umumnya cuma agak gurih sedikit.
Dan pada saat itu jagung di pot B masih berupa kuncup.
Setelah 6 bulan jagung di pot B siap di tuai, maka aku menuainya.
Dan langsung aku rebus walaupun cuma dua buah. Dan hasilnya ternya jagung di pot B lebih manis dan gurih. Lebih enak dari jagung manis.
Itu adalah pengalaman unik saya dalam bercocok tanam.
LintangBarat
LintangBarat LintangBarat is offline
City Level

Post: 104
 
Reputasi: 4

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Menanam Jagung dalam pot

wow keren bgt.. nanya dikit, klo tanam buah2an dalam pot, ane tanam belimbing dan sawo, biar cepet berbuah dikasih pupuk apaan ya??
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.519
 
Reputasi: 155






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Wah ga tau tuh,
sampai saat ini untuk semua jenis tanaman dalam pot aku masih mempercayai pupuk kandang alias tai kambing, karena hasilnya lebih bagus dan lebih sehat.
LintangBarat
LintangBarat LintangBarat is offline
City Level

Post: 104
 
Reputasi: 4






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Menanam Jagung dalam pot

Ada alternatir lain gak selain kotoran hewan? soalnya megha kurang berani kalo sama kotoran :D agak jijik dan agak bau
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

__________________






Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Menanam Jagung dalam pot

Mungkin alternatif lainya bisa dengan pupuk kompos, yg kemudian diatasnya kita menaruh potongan2 arang di sekeliling pohon. tapi jikalau kita mempunyai keinginan untuk menemukan sesuatu yg baru pasti banyk lah alternatif lain yg lebih hebat dan higienis.
LintangBarat
LintangBarat LintangBarat is offline
City Level

Post: 104
 
Reputasi: 4






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Menanam Jagung dalam pot

waduh ane gak punya kambing bro.. apalagi tai nya..
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.519
 
Reputasi: 155






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Menanam Jagung dalam pot

Den Nizhami, daku mau sharing soal tanaman buah dalam pot nih. Daku punya jambu australia dalam pot, ini jambu batu tapi daun, batang dan buahnya berwarna merah darah. Kalau tanaman (khususnya buah) dalam pot itu harus sering dipangkas daunnya. Terus pupuk yang dipakai adalah pupuk NPK cari yang kadar K nya tinggi, terus diberi tambahan pupuk dolomit CaMg(CO3)2. Itu diberikan setiap 2 minggu sekali. Nggak usah banyak-banyak cukup sekitar 1 ons aja (NPK+dolomit), dan sebelum dilakukan pemupukan daun dipangkas secukupnya.

Terus, untuk pupuk semprotnya pakai ZPT dari golongan auksin dan giberelin untuk merangsang tunas bunga keluar serempak. Dosisnya sekitar 1 cc per liter atau sesuai yang tertera di kemasan. Lakukan 4 kali setiap 5 hari.

Itu berhasil di tanaman buah pot ku, dan buahnya cukup banyak, batang dan akarnya juga kuat.
Second_Sister
Second_Sister Second_Sister is offline
Continent Level

Post: 3.117
 
Reputasi: 350

__________________
~ The ink of the scholar is more holy than the blood of the martyr ~
My Prophet Muhammad.





Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Menanam Jagung dalam pot

wah wah sip nih, punya tanaman apa aja non?? NPK ya? itu kadar K paling tinggi memangnya berapa non? maaf, nubie bgt klo tanam2an..


btw, jambu australia itu sama ndak dengan yang namanya brasil? soale dulu punya mangga brasil dan sawo brasil, tapi kok buahnya ndak enak dimakan, kecil2 pula kata orang sih itu cuma buat hiasan..
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.519
 
Reputasi: 155






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Menanam Jagung dalam pot

Kalau beli pupuk NPK, cari yang NPK 16-16-16, den. Itu udah cukup tinggi kadar K nya.
Daku sih kalau tanaman buah tinggal Jambu Australia doang, dulu pernah sih ada jambu air, kedondong, dan mahkota dewa, cuma karena di dalam pot jadi mudah diangkut dan hasilnya diangkut deh sama sodara-sodara. :))

Jambu Australia itu enak kok buahnya, lebih manis daripada jambu batu biasa. Nggak tau deh sama apa enggak dengan jambu brasil. Cuma ciri khas dari jambu australia ini adalah semua bagiannya berwarna merah darah, termasuk akar, batang, daun dan buahnya.
Second_Sister
Second_Sister Second_Sister is offline
Continent Level

Post: 3.117
 
Reputasi: 350

__________________
~ The ink of the scholar is more holy than the blood of the martyr ~
My Prophet Muhammad.





Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Menanam Jagung dalam pot

wah klo gtu kapan2 harus nyari bibitnya nih.. hehehe..
thx info pupuknya, sms bintang segera meluncur buat non..
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.519
 
Reputasi: 155

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.