This is, Vespaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !
 
Go Back   Home > Otomotif

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


This is, Vespaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

This is, Vespaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !

Kutip:
ASAL MULA



Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.

Lahir Kembali
Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah. Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.

Maka pada 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur.

Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ''kaki lima'' merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin oleh Corradino d'Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi.

Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik, bagai binatang penyengat (lebah/tawon) karena bentuk kerangkanya.

Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor Paperino. Harap diingat, Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Maka, d'Ascanio pun putar akal untuk memperbaiki model tersebut.

D’ascanio hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk desain kendaraannya dan prototipnya diberi nama MP6. Saat Enrico Piaggio melihat protototip MP6 itu, ia secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti Tawon). Akhirnya dari seruan tak sengaja itu, diputuskan kendaraan ini dinamakan ‘Vespa’ (tawon dalam bahasa Indonesia). Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia.




Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu.

Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India -- selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.
Pada saat itu banyak negara lain yang mencoba membuat produk serupa, tetapi ternyata mereka tak sedikit pun mampu menyaingi Piaggio. Di antara pesaing itu adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an.

Selidik punya selidik, fanatisme terhadap Vespa ternyata muncul akibat ciri dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya. Bahkan saat mereka terbilang melakukan ''revolusi'' bentuk pada produk baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih terasa melekat.

Produk 150 GS -- kala itu dikenal sebagai Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an -- memang kemudi dan lampu sorotnya mulai dibuat menyatu. Tetapi, secara keseluruhan apalagi bentuk pantatnya, benar-benar masih membulat. Dan cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.

Sejarah Vespa di Indonesia


“Demam Vespa” di tanah air sangat di pengaruhi oleh “Vespa Congo”. Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh Pemerintah Indonesia terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congo saat itu.

Menurut beberapa narasumber, setelah banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan, mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia. Importir lokal turut mendukung perkembangan Vespa di tanah air.

Sampai saat ini sudah puluhan varian Vespa yang mampir di Indonesia. Dari yang paling tua hingga yang paling baru ada di Indonesia. Sampai saat ini Indonesia mungkin masih bisa disebut sebagai surganya Vespa. Maraknya ekspor Vespa, sedikit banyak mengurangi populasi Vespa di Indonesia.

Kutip:







Uploaded with ImageShack.us



Uploaded with ImageShack.us
THIS IS VESPAAAAAAAAAAAAAAAAAA !!!!!!
satriani
satriani satriani is offline
National Level

Post: 1.038
 
Reputasi: 202

HulkHogan:
__________________


terima kasih reppunya kaka
Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: This is, Vespaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !

Vespa memang terdengar jadul, padahal banyak banget sekarang bentuknya kayak vespa.
misalnya motor scopy ampir mirip ama Vespa, trus motor vario mirip ama Vespa juga. Cuman bedanya Vespa dulu pakai kopling, sementara sekarang gampang automatic.
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.822
 
Reputasi: 374

__________________





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: This is, Vespaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !

ane benci banget ama vespa yang ceper panjang itu.. sudah jelek berkarat pula, seni apaan??? ditambah lagi suara knalpotnya keras bgt, seperti pesawat jet yang pistonnya ambrol. lama2 ane lempar juga klo lewat depan rumah!!!
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.512
 
Reputasi: 155






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: This is, Vespaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !

sabar cak
emang bunyinya bising banget yak, yang make PD aja juga
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.822
 
Reputasi: 374

__________________





Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: This is, Vespaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !

iya misa, apalagi klo malam.. beuhhh..!! dulu pespa model modif konyol gtu pernah dirazia dan dipotong oleh pak pulisi tapi kini koq muncul lagi.
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.512
 
Reputasi: 155



loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: This is, Vespaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !

Kutip:
Oleh nizhami View Post
ane benci banget ama vespa yang ceper panjang itu.. sudah jelek berkarat pula, seni apaan??? ditambah lagi suara knalpotnya keras bgt, seperti pesawat jet yang pistonnya ambrol. lama2 ane lempar juga klo lewat depan rumah!!!
siram aja cak kan kaya kucing kalo berisik ya disiram hehehhee

tapi lumayan juga tuh idenya vespa panjang, bisa main kereta-keretaan vespa atau sekalian aja di ojek-kin :)) mayan tuh nambah duit jajan hahaha..
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

__________________






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: This is, Vespaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !

Kutip:
Oleh nizhami View Post
ane benci banget ama vespa yang ceper panjang itu.. sudah jelek berkarat pula, seni apaan??? ditambah lagi suara knalpotnya keras bgt, seperti pesawat jet yang pistonnya ambrol. lama2 ane lempar juga klo lewat depan rumah!!!
Terus biasanya...maaf...yang naik baunya luar biasa
gw pernah nggak sengaja ngeliat ada Vespa fair waktu perjalanan menuju salatiga dari jakarta, sampai semarang ada vespa fair, terus iseng-iseng mampir lihat stand-standnya, sampai ditengah-tengah lokasi gw langsung muntah-muntah ditempat tanpa basa basi, karena bau ditengah-tengah pameran itu wuuih dahsyat. :))
depe_3rd
depe_3rd depe_3rd is offline
National Level

Post: 1.334
 
Reputasi: 262

__________________
Berani Sumpah!!
Gw itu lucu!!!





Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Re: This is, Vespaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !

:)) tapi aq suka sama bentuknya yang panjang itu, dan kayaknya lucu aja kalo di rombeng2in gitu.. emang c berisik.. cuman kalo pas mau belok di jalan yang agak sempit tu yang bisa bikin ngakak, biasanya mereka pada turun dari vespa buat ngangkat body pantatnya biar bisa masuk gang :))
satriani
satriani satriani is offline
National Level

Post: 1.038
 
Reputasi: 202

__________________


terima kasih reppunya kaka





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: This is, Vespaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !

Nambahin : Vespa 400 [<:)

Kutip:

Mirip Fiat 500


Jangan tanya sabuk pengaman apalagi airbag


Enjin 2-tak 393cc
Tenaga : 12hp
=================================================

Masih kurang unik? Vespa TAP

Kutip:

Entah apa maksudnya, kendaraan infantri urban?


Gak usah pakai lampu sein atau klakson. Kasih "peringatan" aja


Dijamin gak akan kena razia (meski Vespa sendiri memang jarang kena razia)


Jangankan Tiger atau Scorpio, Harley bahkan mobil polisi pun pasti keder ngeliat nih "Vespa"
pedal2themetal
pedal2themetal pedal2themetal is offline
Home Level

Post: 6
 
Reputasi: 1

satriani: mantap
__________________





Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: This is, Vespaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa !

haghaghaghag.. keren, pict vespanya unik bro.. semoga vespa panjang ceper rongsok suara halilintar ala indo segera musnah.
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.512
 
Reputasi: 155

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.