Ambisi Vs Ambisius, Apa Bedanya?

Megha

New member
Ambisi Vs Ambisius, Apa Bedanya?

ambisius.jpg


Ambisius @ tribunindonesia.wordpress.com



SETIAP manusia harus memiliki ambisi untuk mengubah dirinya lebih baik dari kondisi yang saat ini tengah dijalaninya. Sikap ambisi menjadi suatu dorongan dalam diri yang memacu untuk mengerjakan sesuatu dengan hasil yang baik dengan tujuan yang ingin ditempuh.

Menurut psikolog ternama Tika Bisono MPsi Psi, setiap manusia harus memiliki sikap ambisi. “Ambisi itu sesuatu yang baik, setiap orang harus memilikinya. Karena ambisi merupakan cita-cita atau apa yang ingin dituju atau roh seorang manusia untuk survive dalam hidupnya. Kalau orang tidak memiliki ambisi, berarti dia tidak mengisi kehidupannya,” ucap Tika saat berbincang dengan okezone melalui telepon selulernya, Senin (10/11/2008).

Lebih lanjut Tika menuturkan, pada dasarnya memiliki sifat ambisi itu bagus selama masih bisa dikendalikan dengan baik, namun jika tidak akan menimbulkan sikap ambisius.

“Ambisius itu kata sifat dari ambisi. Yang namanya kata sifat ada positif dan negatifnya. Ambisi yang positif dimiliki oleh orang supaya bisa berprestasi dengan baik dan menghasilkan karya terbaik, sementara kalau yang negatif itu sebuah ambisi yang tidak sebanding dengan potensi yang dimiliki, sehingga dia akan memaksakan segala cara,” papar mantan penyanyi terkenal di era 1980-an itu.

Ambisius yang berlebihan, sambung psikolog kelulusan Universitas ini, akan membuat mereka memiliki minat dan keinginan yang menggebu-gebu terhadap suatu bidang. Dengan begitu mereka dapat menghalalkan segala cara demi mencapai keinginannya itu.

“Ciri-ciri mereka yang ambisius itu misalnya secara finansial atau kemampuan lainnya sudah tidak mampu, tapi tetap memaksakan kehendaknya. Yaitu dengan menghalalkan segala cara, menjatuhkan lawannya atau sudah tahu kalah malah mencari-cari kesalahan lawannya. Padahal sifat ksatria (menerima kekalahan, rendah hati kalau menang) itu dibutuhkan untuk meredakan ambisius negatif seseorang,” imbuhnya.

Nah agar ambisi yang dimiliki tak berubah menjadi ambisius, maka setiap orang harus memiliki kerangka program dan ukuran-ukuran yang jelas. Mengenai hal itu, mantan Puteri Remaja 1978 ini membeberkannya untuk Anda.

“Tentu setiap orang harus memiliki kerangka program dan ukuran-ukuran yang mengacu pada kemajuannya, kalau berkompetisi berarti sudah tepat. Tapi agar tidak melebihi kompetensi maka harus terukur,” ungkap wanita ramah ini.

Kompetensi, masih menurut Tika, tetap harus diasah dan diusahakan untuk selalu menghasilkan tingkah laku yang sesuai diinginkan.

“Kompetensi merupakan aspek-aspek pribadi dari seseorang untuk mencapai kinerja yang baik. Aspek-aspek ini termasuk sifat, motif-motif, sistem nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi akan mengarahkan tingkah laku yang menghasilkan kinerja,” pungkasnya. (nsa)

Sumber
 
nice info nya dik egha

aku termasuk berambisi ngak dik egha

hemmm kalo aku ditanya apa kak lolo punya ambisi apa enggk, aku kurang tau..

coba kak jawab ini dulu deh ;)
kak lolo sendiri punya keinginan gak?
terus apa aja cara kak lolo untuk mencapai keinginan kakak?
 
hmmm klo ambisiku apa ya? tapi apa pun ambisiku itu kayaknya ga berlebihan deh, jadinya aku sama sekali bukan seseorang yang bisa dikatakan ambisius gtu deh
 
ambisi sama ambisius?
sama aja nanya, malu ama malu2in...hmm,.gitulah broo kira2..
 
Ya beda dong...
Satunya noun satunya adjective...:))

Dan nggak selamanya ambisius itu jelek..


-dipi-
 
ambisius yang positif?
hmm,.sperti selalu pengen tidur trusss....
 
ambisius yang positif?
hmm,.sperti selalu pengen tidur trusss....
..And do that then....:))

Ambisius yang positif itu jika kita tahu perbedaan antara yang benar dan salah dalam mencapai tujuan yang hendak dicapai.

Bottom line is, being ambitious is good when you know how to appreciate the people around you and never having to let power and money take over your soul. :))


-dipi-
 
Back
Top