2003, Tahun Mobil 'Supercar'

nurcahyo

New member
2003, Tahun Mobil 'Supercar'


Kapanlagi.com - Tahun 2003 adalah tahun milik 'supercar'. Yang merajai jalanan adalah mobil-mobil dengan tampang yang super aneh, harga super mahal namun punya performance yang super. Setelah bertahun-tahun diuji dan dipamerkan oleh produsennya, pada tahun ini mobil-mobil gila ini akan muncul di pasaran.

Ferrari Enzo

Dari semua supercar yang mulai di jual tahun ini, yang paling banyak digembar-gemborkan datang dari Maranello, Italia. Apalagi kalau bukan Ferrari Enzo. Menggunakan nama pendiri perusahaan, mobil ini memang dianggap keramat oleh Ferrari. Hanya 349 unit akan dibuat dan dijual.

Enzo adalah mobil tercepat yang pernah diproduksi Ferrari. Hubungannya dengan formula 1 tampak jelas. Hidungnya berbentuk seperti sayap depan mobil F1, mesinnya di belakang dan setirnya mirip dengan yang digunakan Michael Schumacher di lintasan.

Mesinnya sendiri 6.000cc, V12 silinder,mampu menghasilkan 650 tenaga kuda.Dari posisi diam, mobil ini bisa mencapai 100km/jam hanya dalam waktu 3,6 detik. Top speednya lebih dari 350km/jam. Harganya US$700 ribu.

Porsche Carrera GT

Pertama kali diperkenalkan di Paris tahun 2000 lalu. Porscheini bentuknya tak terlalu spektakuler. Namun performanya tetap dahsyat. Mobil ini menggunakan mesin aluminium V10 silinder berkapasitas 5,7 liter di letakkan di bagian tengah.

Tenaga yang dihasilkan 558 tenaga kuda, dengan kecepatan puncak sekitar 340km/jam. Untuk menjaga kestabilan, sayap belakangnya bergerak naik ketika mobil menembus kecepatan 110km/jam. Harganya US$345 ribu.

Pagani Zonda

Pagani bermarkas di Modena, Italia. Dekat dengan markas Ferrari. Meski ukurannya jauh lebih kecil, Pagani tetap mampu menghasilkan mobil yang disegani produsen supercar lainnya. Pagano Zonda ini awalnya bernama C12S.

Seperti pabrikan independen lainnya, Pagani harus membeli mesinnya. Untuk Zonda yang digunakan adalah mesin Mercedes 7.000cc V12 silinder yang menghasilkan 550 tenaga kuda.

Berkat penggunaan bahan serat karbon pada bodinya, berat Zonda juga bisa ditekan menjadi 1500 kg. Dengan mesin dan bodi yang mahal konstruksinya, Pagani Zonda dijual seharga US$350 ribu.

B-Engineering Edonis

Supercar asal Italia ini dibuat terbatas, hanya 21 unit saja. Nama 'Edonis' diambil dari bahas Yunani yang artinya 'Kenyamanan'.Mengapa hanya 21 unit?. Karena B-Engineering mengklaim mobil ini adalah mobil pertama yang di launching di abad 21.

Sasisnya dibuat dari serat karbon, sementara bodinya dari aluminium. Mesinnya dicomot dari Bugatti EB 110, yaitu 3,8 liter V12 silinder twin turbo. Power yang dihasilkan mencapai 680 tenaga kuda dengan kecepatan puncak sekitar 340km/jam. Harga jualnya sekitar US$600 ribu.

TVR Tuscan R

Inggris tak mau kalah. TVR meluncurkan mobil cepat yang bentuknya agak beda. TVR Tuscan R tidak landai ataupun lancip, melainkan melengkung. Mobil ini adalah TVR pertama yang bisa menembus kecepatan 320km.jam. Untuk mencapai itu mobil ini menggunakan mesin 4.000cc 6 silinder segaris yang mampu menghasilkan 440 tenaga kuda.

Sayang mobil ini adalah mobil sport minimalis. Tidak dilengkapi perangkat canggih seperti kontrol traksi, sistem rem ABS (anti lock breaking system) dan perangkat elektronik lainnya.

Di sisi lain minimnya piranti tambahan itu membuat harga mobil jadi lebih murah dari yang lainnya. Tuscan R hanya dijual seharga US$105 ribu.

Koenigsegg CC

Namanya cukup sulit dilafalkan. Koenigsegg CC adalah supercar buatan Swedia. Mesin 4,2 liter V 8 silinder pada mobil ini didukung dengan supercharger. Jadi Koenigsegg CC mampu digeber sehingga 390km/jam.

Yang menarik mobil ini bisa dipasangi chip GSM, supaya pabriknya di Swedia bisa melacak keberadaannya dan mengawasi 'kesehatannya'. Tapi semua itu baru bisa dinikmati bila kita membayar seharga US$450 ribu.

Spyker C8

Dari produsen raksasa, bergeser ke perusahaan independen. Yang pertama adalah Spyker, produsen yang berbasiskan di Belanda. Mobil ini sangat ringan, total bobotnya hanya sekitar 1.000kg. Itu bisa dicapai karena mobil ini menggunakan bahan aluminium dan karbon.

Beban yang ringan membuat mesin Audi V8 silinder 4,2 liter bisa mendorong mobil ini mencapai kecepatan maksimal lebih dari 310km/jam.

Spyker ditawarkan dalam dua desain bodi. Yang pertama adalah Spyder dan yang kedua adalah Laviolette. Yang kedua menggunakan atap kaca. Harga mobil ini relatif murah untuk ukuran supercar, hanya US$200 ribu.

Mercedes SLR

Yang satu ini sudah lama dipamerkan. Pertama kali diperkenalkan tahun 2001. Seperti Ferrari Enzo, Mercedes SLR juga meniru hidung ala Formula 1. Mencontek bentuk mobil McLaren-Mercedes, tentunya.

Banyak yang diunggulkan dalam supercar ini. salah satunya yaitu mesin 5,5 liter V8 silinder yang membuahkan 557 tenaga kuda dan kecepatan puncak lebih dari 320km/jam.

Mobil ini juga menggunakan sistem pengereman canggih yaitu Brake by Wire. Pengemudi menginjak pedal rem dan komputer akan mengukur seberapa keras kemampuan rem yang dibutuhkan. Harga mobil ini tidak semahal Enzo, tapi mencapai US$375 ribu.

Bugatti Veyron

Seperti halnya Mercedes SLR, Veyron sudah lama dipamerkan. Ini adalah supercar yang paling bertenaga, meski juga yang termahal. Bugatti Veyron menggunakan mesin 8.000cc W16 silinder plus 4 turbocharger. Tak heran power yang dihasilkan pun menembus 1.000 tenaga kuda.

Kecepatan puncak? Hampir 400km/jam. Harganya juga cukup ekstrem. Per unitnya dijual seharga US$1,5 juta.

Ascari KZ-1

Mobil ini didebutkan di Birmingham Autu Show, Inggris 2000. Namaya memang Italia namun basis produsennya di Banbury, Inggris. Ascari menawarkan KZ-1 sebagai supercar yang handal untuk digeber di sirkuit balap maupun jalanan.

Supercar ini memanfaatkan mesin V8 silinder milik BMW M5, yang menghasilkan 400 tenaga kuda. Acsari KZ-1 bobotnya juga ringan, hanya 1.200kg. Ini karena Ascari menggunakan bahan serat karbon untuk bodinya. Harga mobil ini hampir 2 kali lipat harga TVR Tuscan R.
 
Mobil memang sangat banyak jenisnya, dan mobil super harganya tentu mahal. Di sini bisa dikondisikan agar tetap murah meriah saja.
 
Back
Top