spirit
Mod
Ketika Anda merasa malas bekerja, ingat kembali apa tujuan Anda bekerja. Bila Anda sudah berkeluarga, tentu tujuan utama Anda bekerja adalah untuk keluarga khususnya anak. Anda dapat memasang foto anak Anda di meja kerja untuk memberikan motivasi kerja agar semangat.
Jangan kecewakan mereka dengan semangat kerja yang rendah. Justru Anda harus menjadi contoh bahwa Anda begitu semangat dalam bekerja. Sejauh mana semangat Anda, sadar tidak sadar, akan membekas di pikiran bawah sadar keluarga Anda. Anak-anak akan meneladani Anda.
2. Tetapkan target
Seseorang yang memiliki target dalam melakukan pekerjaan tentu selalu memiliki motivasi kerja agar semangat. Semangat inilah yang akan mendorong Anda untuk melakukan pekerjaan sebaik-baiknya sehingga memperoleh hasil yang maksimal pula. ÊSebagai contoh, seseorang yang memiliki tujuan untuk memiliki sebuah kendaraan dan tabungan dari hasil kerjanya, maka akan bekerja dengan penuh semangat dan motivasi yang tinggi untuk mencapai tujuannya tersebut.
Apabila target yang Anda tetapkan tercapai, tentu akan membuat Anda lebih bersemangat, bahkan menjadikan Anda semakin termotivasi untuk melakukan yang lebih baik lagi. Anda dapat memberikan hadiah pada diri sendiri ketika Anda berhasil mencapai target, seperti memanjakan diri di salon atau menonton film favorit Anda.
3. Fokus
Setelah Anda menetapkan target, Anda juga harus fokus pada target tersebut. Salah satu cara termudah mendorong diri sendiri adalah dengan merasa yakin pekerjaan tidak akan terasa berat saat Anda bekerja keras. Fokus pada tujuan Anda akan membuat pekerjaan apapun terasa jauh lebih mudah. Buatlah kerja keras sebagai sesuatu yang mudah dengan menganggapnya sebagai tantangan untuk ditaklukan.
4. Memupuk kreativitas
Kunci keberhasilan seseorang dalam bekerja adalah kreativitas dan memiliki ide yang cemerlang dalam menyelesaikan tantangan pekerjaan. Pekerjaan yang dilakukan selalu dijadikan tantangan bukan beban. Untuk itulah, penting bagi setiap Anda untuk memupuk kreativitas dan mengembangkan diri. Contoh konkritnya adalah memupuk kreativitas dengan cara memperbarui pengalaman dan kemampuan yang dimiliki agar selalu relevan dengan tantangan pekerjaan dan perubahan zaman, seperti mengikuti kursus atau pelatihan yang sesuai dengan pekerjaan.
5. Permudah pekerjaan yang ada
Buatlah pekerjaan menjadi mudah dengan membaginya ke dalam tugas-tugas kecil. Yang terpenting adalah mengerjakannya secara keseluruhan dan langkah tadi akan membantu Anda membuatnya menjadi lebih mudah.
6. Buat suasana kerja yang positif dan menyenangkan
Lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan akan memberikan Anda motivasi kerja agar semangat. Anda sebaiknya membuat suasana kerja menjadi lebih positif sehingga Anda termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.
Tentu saja Anda harus memelihara pemikiran positif terlebih dahulu. Jika Anda memiliki karakter positif dan selalu melihat bahwa segala sesuatu ada jalan keluarnya, akan sangat mudah menciptakan suasana kerja yang positif dan menyenangkan.
7. Berkumpul dengan rekan kerja yang bekerja keras
Hindari rekan kerja yang senang mengeluh dan malas. Pastikan Anda berkumpul dengan rekan kerja yang senang bekerja keras serta membantu Anda. Hal itu dikarenakan pikiran dan perilaku Anda juga sedikit banyak dipengaruhi rekan kerja lain.
8. Bersikap positif
Kegagalan dapat menimpa siapa saja yang tidak yakin dirinya dapat meraih kesuksesan. Pastikan Anda selalu berpikir dan bersikap positif saat bekerja. Jangan pernah melihat pegawai lain sukses dengan rendah diri. Tapi jadikan kesuksesan orang lain sebagai cambuk untuk diri sendiri agar gemilang dalam berkarir.
9. Beri diri Anda hiburan
Diri kita sama seperti mesin yang butuh istirahat. Jika kejenuhan mulai melanda maka segeralah berikan hiburan yang bermanfaat bagi diri Anda seperti melakukan hobi, menonton film, atau ambil cuti untuk berlibur. Meskipun hanya sebentar, hiburan tersebut sangat bermanfaat untuk motivasi kerja agar semangat.
~futuready.com