Afsel mendongkrak perekonomian dunia

emansipasi

New member
Berbagai sektor bisnis diperkirakan akan terdongkrak oleh penyelenggaraan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan yang berlangsung selama sebulan penuh mulai 11 Juni 2010.


Demikian hasil survei terbaru The Nielsen Company Indonesia atau The Nielsen yang dipaparkan di Kantor The Nielsen Indonesia, Mayapada Tower, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (10/6).

Managing Director Audience Measurement Irawati Pratignyo mengatakan. selama Piala Dunia berlangsung penggunaan dan penjualan televisi selalu meningkat secara signifikan. Mengutip data Electronic Marketer Club, pada Piala Dunia 2006 di Jerman, penjualan televisi bulan Juni 2006 naik 25 persen dibanding bulan sebelumnya. Hal serupa diprediksi juga akan terjadi pada ajang Piala Dunia tahun ini.

Bahkan Managing Director and Consumer Nielsen Steve Mitchell meyakini, penjualan televisi bisa lebih tinggi dibanding pada Piala Dunia tahun 2006. Alasannya, keadaan ekonomi Indonesia lebth balk daripada empat tahun lalu.

Hasil survei Nielsen juga menemukan, 50 persen konsumen Indonesia akan mengikuti Piala Dunia 2010 dengan televisi sebagai media utama. Sebanyak 77 persen reponden menjawab bahwa mereka akan menonton liputan langsung dan pertandingan.

Namun televisi bukan satu-satunya media untuk mengakses pertandingan, sebab sebesar 62 persen responden akan mengikuti Piala Dunia melalui koran. Hanya saja media-media baru seperti online dan telepon genggam menjadi alternatif bagi konsumen untuk mengikuti Piala Dunia.

“Sebanyak 31 persen berencana menonton live streaming. Kemudian 45 persen akan membaca artikel online dan 32% akan membaca melalui blog dan forum online,’ paparnya.

Dengan penetrasi telepon genggam yang mengelami kenaikan, sebanyak 34 persen responden akan mengikuti event olahraga terbesar di dunia ini melalui internet di telepon genggam. “Sebanyak 13 persen akan mengunduh aplikasi yang berhubungan dengan piala dunia di telepon genggam mereka,” ujarnya.

Piala Dunia 2010 juga diperkirakan akan mendongkrak penjualan makanan ringan dan rokok. Jika pada Piala Dunia 2006, penjualan produk Piala Dunia naik hingga 31 persen atau mencapai Rp 67 miliar di minggu berlangsungnya Piala Dunia di tahun 2006, menurut Irawati Pratignyo, hal yang sama juga akan terjadi pada Piala Dunia 2010.

“Event Piala Dunia tidak hanya berarti sepak bola dan pertandingan saja namun juga uang. Manufaktur melihat ini merupakan kesempatan untuk mendongkrak penjualan mereka,” katanya.





Sumber : Warkot


Kalau kita berjualan bakso di Afsel, pasti untungnya besar banget ya? BTW ongkosnya kesana brapa ...

Alangkah beruntungnya 4 taun kedepan jika Indonesia bisa jadi tuan rumah PD.
 
Back
Top