Cara Bertahan Di Lingkungan Kerja

wnks

New member
Banyak dari kita yang begitu mendapat pekerjaan kemudian lupa bahwa bekerja tidak cukup hanya dengan kepandaian, kecermatan ataupun koneksi...

Terkadang tidak penting sebagus apapun hasil kerja kita, sebaik apapun kita sama rekan kerja dan boss yang namanya apes bisa saja mengenai siapa saja.

Saya sendiri terkadang hampir menjadi korban "konspirasi" di tempat kerja. Tindakan pencegahan yang saya lakukan adalah
  • Membaca aturan dan prosedur tempat kita bekerja
  • Membiasakan meng arsip surat-menyurat kita secara rapi dan jelas
  • Jika kita menerima perintah dari atasan-usahakan office mengeluarkan internal memo penugasan kita.
  • Kalau point 3 hanya di lakukan secara lisan (per telepon misalnya).. kirm e-mail ke orang yang menugaskan kita dengan contoh seperti ini" as per of our conversation by phone/apa saja tergantung tempatnya, date of ........ that ....... jadi kalau ada yang menanyakan penugasan kita maka kita sudah mempunyai back up
  • Jika office tidak mengeluarkan memo penugasan kita- kenapa kita tidak menyiapkannya? Ini juga serings aya lakukan, bisa saja karena si atasan lagi sibuk- sehingga terlupa hal-hal yang keliahatan remeh pada awalnya akhirnya malah merugikan kita

Saran saya kenalilah kantor dan lingkungan anda. Amati siapa saja rekan kerja saja. Usahakan jangan terlalu suka "bergosip" apalagi mengenai pekerjaan
 
wah kayaknya ngegosip di kantor seakan2 penghilang kejenuhan loh..

selama sekedar sosialisasi mungkin nggak apa-apa..mmm saya nggak tahu gosip apa yang kalian kerjakan di Office..he..he... apesnya adalah gosip yang menjadi boomerang buat kita.. saya sendiri limited diri saya untuk tidak melampui apa yang saya tahu.. kalau hanya sekedar si A tidur sama si B,dan mereka junior staff is fine-fine saja.
 
baik saya pakai tips ini, terimakasih Tuan Will @-->

Hi Miyuki...silahkan di pakai sebagai guide lines saja..karena tentus aja yang paling tahu kondisi perushaan tempat bekerja adalah si karyawan sendiri. Yang saya tulis adalah pengalam pribadis aja..karena memang di mungkinkan kondisinya.
 
Tambahan dari saya... usahakan untuk tidak memakai alamat surat elektronik pekerjaan untuk urusan pribadi. Pakailah alamat surat elektronik yang gratis semacam yahoo,live, ataupun Google.

Jika office anda mempunyai sistem internet yang canggih, kalau tidak perlu sekali jangan pernah memakai jaringan intyernet di kantor untuk membuka website yang di larang oleh perusahaan. Saya sendiri selalu membawa koneksi internet sendiri kemanapun saya pergi selama ada jangkauan internet.

Biasanya selalu ada "copy" atau jejak di server perusahaan kita, jadi proteksi informasi pribadi anda.
 
Buat yang memakai e-mail corporate, biasakan untuk mengaktifkan automatic send messages dan electronic receive, gunanya untuk mengetahui apakah e-mail kita sampai atau tidak dan apakah di baca/lihat atau tidak sama orang yang kita kirim.

kalau e-mail penting, bcc juga ke e-mail kita (kalau memungkinkan bcc ke e-mail pribadi) dan archive menurut subject
 
Jangan terlalu melampaui wewenang kita....karena tidak semua orang menyukai hal tersebut. Umpamanya anda dan kolega anda bekerja di bidang yanga sama tetapi urusannya ada pembagian..usahakan jangan mengambil pekerjaan teman kecuali di minta bantuan dan kita juga ada waktu untuk melakukannya
 
buat yang suka "sok lembur" baiknya tanya diri anda..apakah lembur ini di perlukan atau tidak? apakah lembur itu di bayar atau tidak bukan lah masalah utama..yang menjadi masalah adalh ketika profesionalisme dan efisiensi kerja kita di pertanyakan.

lembur tidak selalu berarti kerjaan banyak, hendaknya lembur di lakukan jika emergency cases saja. bukan regular work yang semestinya selesai tepat waktu. staff saya selalu saya sarankan untuk pulang sekitar jam 5 atau sebelum jam 6 sore. jadi mereka nggak ada alasan datang siang dengan alasan lembur... dan end of report saya patok sampai jam 4 sore....

Overtime? think again!
 
menerima hadiah...

terkadang karena peerjaan kita; serig kita menerima hadiah sebagai ucapan terimakasih.. biasanya di kantor saya di larang.
Umpamanya; kalau memang kita yang membuat evaluasi suatu kerja dari satu ontraktor, bersikaplah profesional. mereka memang cenderung memberi kita hal-hal yang kecil semacam merchandise. Kelihatannya sepele dan tidak berharga; saran saya usahakan untuk menolak karena takutnya akan membawa efek yang negative.

saya sendiri beberapa kali terpaksa menolak free hotel, free laundry ataupun sekedar makan siang karena memang agak riskan juga.
 
Buat schedule liburan dan diskusikan dengan teman-teman kerja untuk menghindari kekosongan office. Terkecuali memang ada libur bersama. Jika tidak..usahakan leave plan untuk 6 bulan kedepan (kalaus aya satu tahun kedepan) sudah di rencanakan.

tentu saja jika ada kasus darurat, leave plan tidak selalu di ikuti..
 
selama sekedar sosialisasi mungkin nggak apa-apa..mmm saya nggak tahu gosip apa yang kalian kerjakan di Office..he..he... apesnya adalah gosip yang menjadi boomerang buat kita.. saya sendiri limited diri saya untuk tidak melampui apa yang saya tahu.. kalau hanya sekedar si A tidur sama si B,dan mereka junior staff is fine-fine saja.

yang paling sering kami gosipin tuh masalah system pemerintahan yang sarat dengan birokrasi. buat sebel. soale saya di lingkungan birokrasi
 
yang paling sering kami gosipin tuh masalah system pemerintahan yang sarat dengan birokrasi. buat sebel. soale saya di lingkungan birokrasi

wah anak brirokrat ya? he..he...... sebagai bagian dari birokrasi kenapa tidak membuat suatu terobosan bersama teman-teman sekantor? sekedar saran lo..karena saya tidak pernah bekerja di lingkungan pemerintahan... kayaknya asaya tidak sanggup deh kerja di tempat berat seperti anda
 
update setiap kali goal kita tercapai di dalam resume/php/Cv kita karena akan sangat membantu kita jika mau melamar ke tempat lain secara kilat.

sesuaikan pakain kerja dengan jenis pekerjaan kita...tentunya tata tertib berpakaian biasanya menjadi bagian dari policy perusahaan.

banyak yang bilang; Work hard play hard....
 
buat yang suka "sok lembur" baiknya tanya diri anda..apakah lembur ini di perlukan atau tidak? apakah lembur itu di bayar atau tidak bukan lah masalah utama..yang menjadi masalah adalh ketika profesionalisme dan efisiensi kerja kita di pertanyakan.

lembur tidak selalu berarti kerjaan banyak, hendaknya lembur di lakukan jika emergency cases saja. bukan regular work yang semestinya selesai tepat waktu. staff saya selalu saya sarankan untuk pulang sekitar jam 5 atau sebelum jam 6 sore. jadi mereka nggak ada alasan datang siang dengan alasan lembur... dan end of report saya patok sampai jam 4 sore....

Overtime? think again!

Big Thanks for the tip.=b=
 
Back
Top