Photo Credit: Halo Jasa
Press release atau siaran pers adalah media yang digunakan untuk memberikan informasi, berita, atau event dalam bentuk siaran pers, media release, foto, video, atau pernyataan pers yang dikemas dalam bentuk berita. Press release sendiri saat ini sering digunakan oleh banyak pihak—salah satunya perusahaan startup sebagai sarana branding atau promosi. Agar pesan dalam press release bisa sampai ke audience dengan baik dan dibaca banyak orang, tentu harus mengetahui cara menulis press release yang baik dan benar.
Bagi perusahaan startup, jenis press release yang cocok digunakan adalah product release. Product release sendiri adalah press release yang tujuannya untuk melakukan promosi atau branding dengan cara mempublikasikan transaksi atau jual beli akan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Product release biasanya berisi informasi tentang produk atau jasa yang perusahaan tersebut tawarkan seperti harga produk/jasa, kelebihan dan kekurangan produk, kualitas, dan informasi lainnya.
Dengan memahami cara menulis press release yang baik dan benar akan membantu memudahkan perusahaan startup untuk memasarkan produk/jasa mereka. Terlebih jika press release yang dibuat oleh startup tersebut berhasil diliput oleh media atau jurnalis, ini akan membuat promosi mereka semakin dilirik audience. Lalu, seperti apa press release yang baik dan benar bagi startup?
News Lead yang Out of the Box
News lead atau teras berita merupakan paragraf pertama dalam sebuah berita yang memuat bahasan utama atau inti utama dari berita yang disampaikan. News lead mengandung kumpulan informasi yang menjelaskan paragraf lainnya. News lead yang menarik akan menggoda audience untuk lanjut membaca, begitu pula sebaliknya. News lead harus ditulis dengan baik dan benar karena merupakan bagian yang sangat penting. Untuk membuat news lead yang menarik, yang harus dilakukan adalah mencantumkan hal yang paling penting, menarik, dan out of the box dari kejadian yang akan diberitakan.
Ilustrasi Menarik & Accessible
Ilustrasi menjadi salah satu unsur penting dalam sebuah press release. Ilustrasi bisa dijadikan teaser atau penggoda bagi audience. Untuk itu, ambil foto/gambar yang paling menarik dari event atau kejadian untuk dijadikan ilustrasi dalam press release. Selain menarik, alangkah lebih baik jika ilustrasi yang digunakan accessible atau tidak memiliki resolusi yang terlalu tinggi agar tidak loading lama, namun juga jangan terlalu rendah agar ilustrasi tidak blur.
Mengandung Unsur 5W+1H
Agar berita yang disampaikan dalam press release lengkap, maka press release yang baik harus mengandung unsur 5W+1H.
What (Apa), yang berisi informasi apa yang akan disampaikan.
When (Kapan), kapan event atau kejadian berlangsung.
Where (Dimana), dimana event atau kejadian berlangsung.
Who (Siapa), siapa yang terlibat di dalamnya.
Why (Mengapa), mengapa event atau kejadian itu berlangsung.
How (Bagaimana), menjelaskan bagaimana detail event atau kegiatan yang berlangsung.
Mencantumkan Link
Cara menulis press release yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan mencantumkan link. Dalam press release yang dibuat dengan tujuan promosi atau branding, pencantuman link di dalamnya akan sangat membantu audience untuk mengakses laman milik perusahaan. Saat audience penasaran, mereka hanya tinggal klik link perusahaan tersebut.
Value yang Jelas
Meski tujuan utama ditulisnya press release adalah untuk branding atau promosi perusahaan, press release yang baik adalah pres release yang memiliki value atau nilai yang jelas dan bermanfaat bagi audience. Misalnya perusahaan startup layanan jasa, apa manfaat yang diperoleh customer jika menggunakan jasa dari pelayan jasa tersebut? Mengapa customer harus menggunakan jasa tersebut? Bagaimana layanan jasa tersebut mengubah hidup customer? Dan alasan serta manfaat lain yang akan diperoleh customer atau audience.
Cara-cara di atas juga diterapkan oleh Halo Jasa. Halo Jasa adalah sebuah aplikasi on-demand yang menawarkan beragam layanan seperti jasa massage, service AC, cuci mobil, hingga cleaning service.
Last edited: