cindyrella
New member
Pada umumnya, mayoritas masyarakat Indonesia pasti memiliki paling tidak satu atau dua unit AC atau pendingin ruangan di rumah. Bermukim di daerah tropis seperti Indonesia yang bercuaca panas, lembab, dan berdebu, aktivitas keseharian pun berpotensi terganggu bila tak ada kehadiran AC. Bayangkan jika anda bekerja di gedung kantor atau ruangan tertutup tanpa AC saat cuaca di luar panas menyengat. Pastinya sangat tidak nyaman, bukan?
Selain frekuensi service AC, salah satu faktor yang tak kalah pentingnya adalah tukang AC yang anda pilih. Dengan banyaknya jumlah tukang service AC yang tersedia di Indonesia terutama di daerah Jabodetabek (Jakarta dan sekitarnya), pelanggan harus berhati-hati dan cermat sebelum menyewa karena tidak semua tukang AC akan memberikan layanan berkualitas sesuai dengan harapan.
Lantas, aspek apa saja yang harus anda nilai dari seorang ahli service AC?
1. Kejujuran tukang service AC
Tak sedikit orang pun tertipu oleh tukang service AC yang rakus dan ingin meraup keuntungan lebih. Mereka menipu pelanggan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menganjurkan pengisian Freon yang tidak semestinya, atau menyatakan kerusakan AC yang lebih parah daripada kondisi sebenarnya.
2. Harga jasa service AC yang dikenakan
Bagi banyak orang, harga merupakan faktor penting yang mempengaruhi keputusan menentukan ahli service AC yang dipilih. Akan tetapi, sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya jika anda mengetahui harga pasaran service AC dan membandingkan lebih dari satu (1) atau beberapa tukang AC terlebih dahulu untuk menghindari penipuan atau pemerasan harga.
3. Ketepatan waktu yang dijanjikan
Di tengah aktivitas yang padat, hal yang paling tidak menyenangkan adalah jika ‘ngaret’ saat janjian molor waktu, apalagi hingga berjam-jam. Karenanya, ketepatan waktu tukang AC juga merupakan poin penting yang dapat menentukan baik buruknya impresi seseorang.
4. Tidak pelit informasi & komunikatif
Salah satu kriteria tukang service AC yang berkualitas adalah ketanggapan mereka terhadap pelanggan. Biasanya, ahli service AC yang baik mau menjawab dan menjelaskan segala pertanyaan dan keluhan pelanggan seputar ACnya.
5. Pemberian garansi
Sebagai bentuk tanggung jawab, beberapa tukang AC pun berani memberikan garansi atas hasil pekerjaan mereka. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap penyedia jasa yang disewanya.
image by masbadar.com
Selain frekuensi service AC, salah satu faktor yang tak kalah pentingnya adalah tukang AC yang anda pilih. Dengan banyaknya jumlah tukang service AC yang tersedia di Indonesia terutama di daerah Jabodetabek (Jakarta dan sekitarnya), pelanggan harus berhati-hati dan cermat sebelum menyewa karena tidak semua tukang AC akan memberikan layanan berkualitas sesuai dengan harapan.
Lantas, aspek apa saja yang harus anda nilai dari seorang ahli service AC?
1. Kejujuran tukang service AC
Tak sedikit orang pun tertipu oleh tukang service AC yang rakus dan ingin meraup keuntungan lebih. Mereka menipu pelanggan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menganjurkan pengisian Freon yang tidak semestinya, atau menyatakan kerusakan AC yang lebih parah daripada kondisi sebenarnya.
2. Harga jasa service AC yang dikenakan
Bagi banyak orang, harga merupakan faktor penting yang mempengaruhi keputusan menentukan ahli service AC yang dipilih. Akan tetapi, sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya jika anda mengetahui harga pasaran service AC dan membandingkan lebih dari satu (1) atau beberapa tukang AC terlebih dahulu untuk menghindari penipuan atau pemerasan harga.
3. Ketepatan waktu yang dijanjikan
Di tengah aktivitas yang padat, hal yang paling tidak menyenangkan adalah jika ‘ngaret’ saat janjian molor waktu, apalagi hingga berjam-jam. Karenanya, ketepatan waktu tukang AC juga merupakan poin penting yang dapat menentukan baik buruknya impresi seseorang.
4. Tidak pelit informasi & komunikatif
Salah satu kriteria tukang service AC yang berkualitas adalah ketanggapan mereka terhadap pelanggan. Biasanya, ahli service AC yang baik mau menjawab dan menjelaskan segala pertanyaan dan keluhan pelanggan seputar ACnya.
5. Pemberian garansi
Sebagai bentuk tanggung jawab, beberapa tukang AC pun berani memberikan garansi atas hasil pekerjaan mereka. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap penyedia jasa yang disewanya.
image by masbadar.com