Contraflow/Melawan arus, Setujukah kamu?

Setujukah dengan penerapan contraflow (berlawanan arah) yang diperuntukkan bagi busway transjakarta?

  • Setuju!Agar penerobos separator tidak lagi menghambat busway

    Votes: 2 22.2%
  • tidak setuju!Kendaraan lain juga perlu menghindari kemacetan, dong

    Votes: 2 22.2%
  • Sebaiknya ditunda dulu wacana tersebut

    Votes: 0 0.0%
  • Sebaiknya benahi dulu manjemen busway

    Votes: 5 55.6%

  • Total voters
    9
  • Poll closed .
Status
Not open for further replies.


Saat ini laju busway searah dengan kendaraan umum lainnya, namun akibat pengkhususan jalur busway masih sering diserobot kendaraan non-busway hal ini menyebabkan terhambatnya laju busway sehingga hilang fungsi dan tujuan pengadaan angkutan massal alternatif yang bebas macet.

Namun belakkangan ini dengan adanya wacana contraflow (arus berlawanan arah) yang diperuntukkan bagi angkutan massal busway transjakarta oleh pemprov DKI, telah mengundang polemik bagi pengguna lalu lintas kendaraan non busway lainnya. Alasannya, dengan adanya jalur searah saja sudah menyebabkan banyak korban kecelakaan, apalagi jika diterapkan berlawanan arah.

Sementara pemerintah menilai cara contraflow (arus berlawanan arah) merupakan solusi terbaik untuk menghindari para pelanggar separator busway agar tidak lagi menerobos jalur busway yang dapat menghambat lalin busway itu sendiri.

Bagaimana dengan opini Anda atas isu tersebut, please masukannya semoga bermanfaat.

Thx ya :)
 
Last edited:
Busway memang terlahir dari konsep yang tidak matang, dan hanya menguntungkan dari segi bisnis bagi orang no.1 di Jakarta pada waktu itu..

Namun skrg Busway sdh terlanjur hadir, dan menambah ruwetnya kemacetan di Jakarta, saya rasa kalau Busway mau dipertahankan, dibuatkan saja Jalan Layang diatas jalur Busway yang sdh ada sekarang, toh sudah tidak perlu membayar ganti rugi tanah, hanya tinggal biaya pembangunannya saja dengan demikian Busway tidak lagi mengambil hak pengguna jalan lain yang sama2 membayar pajak.
 
yg non dki kurang memahami medan (bukannya medan d sumut? :D), jd ga bisa komen banyak ...baiknya gmana aja deh :D
 
Nggak setuju.
Ini kebijakan aneh dan lucu. Pada awalnya ide ini muncul, sekitar tahun 2009, bertujuan untuk mengurangi kecelakaan di jalur busway karena banyaknya penyerobot yang masuk ke jalur itu. Nah disinilah letak keanehannya yang bahkan oleh mata awam dapat terlihat dengan jelas, dan nggak perlu paham manajemen lalu lintas. Untuk jalur yang lurus, tentu nggak jadi masalah, katakanlah jalur koridor I, CMIIW (bukan pengguna busway soalnya :D ), itupun nggak termasuk jalur bundaran HI dan Bundaran BI.....

Kalo ini diterapkan akan susah mengingat banyaknya U-Turn dijalanan jakarta, juga berapa banyak Traffic light, tunnel dll. Bisa2 yang terjadi bukannya mengurangi kecelakaan dan kemacetan, tapi malah menambahnya.


-dipi-
 
@mba sholeha,masak ga boleh ngritik presiden? Kan brpendapat dilindungi undang2 ...:D

monggo dilanjutkan diskusinya ...
 
Busway memang terlahir dari konsep yang tidak matang, dan hanya menguntungkan dari segi bisnis bagi orang no.1 di Jakarta pada waktu itu..

Namun skrg Busway sdh terlanjur hadir, dan menambah ruwetnya kemacetan di Jakarta, saya rasa kalau Busway mau dipertahankan, dibuatkan saja Jalan Layang diatas jalur Busway yang sdh ada sekarang, toh sudah tidak perlu membayar ganti rugi tanah, hanya tinggal biaya pembangunannya saja dengan demikian Busway tidak lagi mengambil hak pengguna jalan lain yang sama2 membayar pajak.

Ide bagoos nie
 
apapun cara yang d lakukan tak akan menyelesaikan kemacetan.

yang utama d jakarta adalah:
1. kepemilikan kendaraan d batasi
2. polantas tak melakukan negosiasi terhadap pelanggar lalin
3. benahi management busway
 
Kebijakan yan aneh, satu arah aja udah bikin ruwet malah mau pk lawan arah, apa sih maunya?
 
melawan arus? makin banyak kecelakaan lah!
aku kasih alasan masuk akal kenapa ini hal yang sangat aneh.

Ini adalah cockpit lNissan GTR yang didesain untuk pemakai Asia. Termasuk Indonesia yang juga DIWAJIBKAN untuk memiliki kendaraan SETIR SEBELAH KANAN:

right-side-drive-2009-nissan-gtr-interior-photo-of-black-leather-wrapped-steering-wheel-and-electronic-display-car-reviews_c_1280x1024.jpg


Ini adalah kondisi jalan raya kita. Dimana KIRI berarti LURUS, KANAN berarti ARUS SEBALIKNYA. (walau sebenarnya dibawah ini gambar satu arah, tapi bisa diingat-ingat lagi kalau kita selalu melihat arus sebaliknya disebelah kanan kan? dan selalu terbalik seperti gambar ini) Sama seperti dinegara asia lainnya kebanyakan:

macet.jpg


Dan yang terakhir adalah peraturan lalu lintas kita. Semoga ada yang tahu artinya ini:

pasal 108 aturan soal Jalur atau Lajur Lalu Lintas:
pertama, dalam berlalu lintas pengguna jalan harus menggunakan jalur jalan sebelah kiri. Kedua, penggunaan jalur jalan sebelah kanan hanya dapat dilakukan jika: a. Pengemudi bermaksud akan melewati Kendaraan di depannya; atau b. diperintahkan oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk digunakan sementara sebagai jalur kiri.
Ketiga, sepeda motor, kendaraan bermotor yang kecepatannya lebih rendah, mobil barang, dan kendaraan tidak bermotor berada pada lajur kiri Jalan.
keempat, penggunaan lajur sebelah kanan hanya diperuntukkan bagi kendaraan dengan kecepatan lebih tinggi, akan membelok kanan, mengubah arah, atau mendahului Kendaraan lain.

pasal 109 aturan soal Jalur atau Lajur Lalu Lintas:
pertama, pengemudi kendaraan bermotor yang akan melewati kendaraan lain harus menggunakan lajur atau jalur jalan sebelah kanan dari kendaraan yang akan dilewati, mempunyai jarak pandang yang bebas, dan tersedia ruang yang cukup.
Kedua, dalam keadaan tertentu, pengemudi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat menggunakan lajur jalan sebelah kiri dengan tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.
Ketiga, jika kendaraan yang akan dilewati telah memberi isyarat akan menggunakan lajur atau jalur jalan sebelah kanan, pengemudi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilarang melewati Kendaraan tersebut.


apa arti itu semua? Artinya adalah:
1. Setiap pengemudi dengan stir kanan di peruntukkan untuk JALUR KIRI YANG LAMBAT DAN JALUR KANAN YANG ARUSNYA CEPAT. Itu kenapa? karena stir sebelah kanan bisa saling melihat dengan arus sebaliknya yang juga kencang. Menghindari kecelakaan.
2. Jalur sebelah kiri diperuntukkan untuk pengguna sepeda motor, dan mengapa itu terjadi? karena pengguna roda 4 keatas memiliki stir disebelah kanan yang artinya dengan pengawasan yang lebih untuk jalur kanan.
3. Mengapa orang-orang memotong dari sebelah kanan? Karena jalur sebelah kanan itu arusnya lebih cepat.
4. Mengapa kita berhenti disebelah kiri? Karena jalur sebelah paling kanan adalah arus sebaliknya.
5. Bagaimana dengan traffic light??





Bayangkan kalau ada jalur khusus seperti wacana. Wih-wih makin banyak kecelakaannya dan makin ruwet sistem jalannya >:l
 
Last edited:
@bjhe : nggak kebalik tuh?
kyknya mobil di negeri kita setirnya di kanan deh :)
lagipula jalur busway kan hanya 1 lajur. jadi nggak ada jalur kiri maupun jalur kanan.
 
@bjhe : nggak kebalik tuh?
kyknya mobil di negeri kita setirnya di kanan deh :)
lagipula jalur busway kan hanya 1 lajur. jadi nggak ada jalur kiri maupun jalur kanan.

iya mau di edit. hehehe.

sebenarnya mau ngasih tau kegunaan setir yang berlawanan dari pemakaian jalan. yaitu menghinndari tabrakan dari arus sebaliknya. Karena pengemudinya bisa saling melihat.

coba perhatiin deh. . .
 
Terimakasih untuk partisipasinya, thread ini ditutup setelah 4 hari tidak ada post terakhir yaitu setelah post no. #15 oleh bjhe


Post terakhir yang dianggap valid adalah post bjhe di post #15, setelahnya dianggap tidak ada post yang dapat menyanggah/membalas postnya lagi, wasit forum debat menyatakan bjhe pemenang dalam debat thread ini. Untuk pemenang dikirimkan 1 sms bintang + 1 reputasi dari staff ii, jika member lain ingin memberikan hadiah juga dipersilahkan

Post setelahnya dianggap tidak valid/tidak relevant atau tidak cukup untuk berdebat


Hasil polling terbanyak thread ini : Sebaiknya benahi dulu manjemen busway 55.56%


Mohon diperhatikan keputusan Moderator dan Staff sebagai wasit forum debat adalah mutlak, tidak bisa diganggu gugat. Jika ingin melanjutkan debat ini dapat membuat thread baru yang serupa/mirip
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top