Ducati Ingin Maksimalkan Potensi Komponen Up-Grade GP12

askom

New member
0121GuareschiOPtimalkanPOtensi-2142734441617702996_jpg.png


Saat masih bersama Valentino Rossi, tim Ducati melakukan banyak improvisasi pada beberapa komponen. Bukan hanya rangka, sistem geometri motor dan suspensi, namun juga pada sistem kelistrikan yang baru. Namun program yang terlalu terburu-buru dan sesi tes yang sangat singkat, membuat Rossi terkadang harus mengetes dua hal yang dirasakan tidak optimal oleh tim Ducati.

Nah, karena tidak maksimalnya proses pengetesan yang mereka berikan pada pembalapnya, membuat Ducati masih penasaran pada performa semua komponen tersebut. Tidak heran jika mereka tidak banyak melakukan perubahan pada GP13, sebab masih banyak hal yang perlu mereka maksimalkan pada komponen up date tahun lalu.

“Potensi terbak motor kami hanya terlihat nyata pada dua kesempatan yaitu di Misano dan Mugello. Meski kami memiliki tambahan sesi tes di Misano, tapi hasilnya sama saja di Mugello. Kenyataan yang ada sebenarnya adalah kami punya banyak komponen yang harus di ujicoba tahun lalu,” jelas Vittoriano Guareschi, selaku Manager tim Ducati.

“Kondisi ini yang membuat tim tes kami kewalahan, sehingga banyak komponen yang langsung diberikan ke Rossi. Akibatnya Rossi sendiri harus melakukan pengetesan pada beberapa komponen sekaligus. Hal inilah yang membuat tidak optimalnya sesi pengetesan. Jika lap tercepatnya tidak bagus, maka komponen-komponen itu pun tidak akan digunakan lagi,” imbuhnya.

Guareschi mengakui bahwa ini melakukan sesi pengetesan saat musim berjalan, resikonya memang seperti itu. Sehingga Bernhard Gobmeier sebagai General Manager Ducati, mengembalikan sistem pengetesan seperti dulu lagi. Dimana tim tes akan punya peran besar untuk mengevaluasi sebelum komponen diberikan ke pembalap.

“Komponen-komponen up-grade yang kami rasa belum optimal tahun lalu, kami akan tetap gunakan tahun ini. Jadi kami akan mencari maksimalisasi sebuah komponen sebelum memberikannya kepada pembalap utama. Diantaranya seperti rangka atau lengan ayun. Adapun komponen lain seperti sistem kelistrikan alias engine management, bisa langsung di uji oleh pembalap utama kami,” pungkasnya.

KLIK --> sumber
 
Back
Top