eddy_irwan
New member
Tanyakan kepada sepuluh orang bagaimana pendapat mereka tentang kritik, dan sembilan orang akan menyebutnya menakutkan dan destruktif. Mereka berusaha sekuat tenaga untuk menghindarinya. Hanya orang yang kesepuluh saja mungkin yang melihat segi positifnya, yaitu pertumbuhan.
Memang, Anda bisa membuat kritik bermanfaat bagi diri Anda. Beginilah caranya Anda bisa menanggapi kritik tanpa kehilangan ketenangan serta membuat diri Anda dan orang lain merasa sengsara. Ketika Anda mendapatkan diri Anda dikritik, pastikanlah apakah kritik itu memang pada tempatnya. Suruhlah diri Anda sendiri untuk meninjau sumbernya.
Apa yang tidak Anda katakan sebagai tanggapan terhadap kritik kerap kali sama pentingnya dengan apa yang Anda katakan. Tanggapan yang destruktif bisa menghentikan kritik, dan Anda mungkin melewatkan maksud sesungguhnya, sebab kritik pada tingkat permulaan jarang yang tepat mengenai sasaran. Dengan mendengarkan kritik, Anda akan tahu kemana sebenarnya arahnya. Baik atau buruk penyampaian kritik, jadikanlah sebagai alat pertumbuhan Anda.
Namundemikian ada beberapa tanggapan yang harus Anda hindari saat menerima kritik :
Jangan memberikan tanggapan yang melampaui batas. Kalau seseorang mengatakan sepatu Anda tidak serasi dengan pakaian Anda,bereaksilah hanya terhadap hal itu saja. Jangan katakan pada diri sendiri "Itu berarti aku punya citarasa yang buruk dalam segala hal, dan aku orang kampungan yang dungu". Kalau atasan Anda menegur agar datang tepat pada waktunya, ini tidak berarti bahwa ia akan memecat Anda. Intinya, tanggapi kritik dengan batasan-batasannya.
Jangan balas menyerang. Kritik dibalas kritik hanya akan membuat kritik-kritik baru, dan tidak menyelesaikan masalah. Teknik membalas hanya menimbulkan perasaan tidak enak. Varble - seorang ahli di AS yang mempelajari aspek kritik dalam kehidupan manusia menjelaskan,"kalau saya pulang ke rumah terlambat dan suami saya menyambut dengan, "Kau terlambat lagi", tidak ada manfaatnya bagi saya untuk membalas, "Bagaimana dengan kau sendiri ?, kau tidak pernah pulang tepat waktu". Balasan atas kritik biasanya akan menciptakan pertengkaran.
Jangan memberikan dalih atau diam membisu. Membela diri tidak menghasilkan apa pun, dan berdiam diri dalam konteks ini jauh dari pasif. Kedua tanggapan ini menghentikan pembicaraan lebih lanjut.
Jangan menggunakan "persetujuan" yang tidak jujur. Kalau Anda berpura-pura setuju dengan kritik yang dilontarkan, orang yang mengritik Anda akan mencari bukti apakah ada dusta di situ. Persetujuan terhadap kritik haruslah dengan jujur, karena pada dasarnya orang yang mengritik akan mencari tahu mengapa Anda setuju terhadap kritikannya.
Para ahli perilaku mengatakan kita seharusnya menghindari tanggapan yang destruktif , dan kita juga harus membantu si pengritik dengan cara :
Apa yang tidak Anda katakan sebagai tanggapan terhadap kritik kerap kali sama pentingnya dengan apa yang Anda katakan. Tanggapan yang destruktif bisa menghentikan kritik, dan Anda mungkin melewatkan maksud sesungguhnya, sebab kritik pada tingkat permulaan jarang yang tepat mengenai sasaran. Dengan mendengarkan kritik, Anda akan tahu kemana sebenarnya arahnya. Baik atau buruk penyampaian kritik, jadikanlah sebagai alat pertumbuhan Anda.
Namundemikian ada beberapa tanggapan yang harus Anda hindari saat menerima kritik :
Jangan memberikan tanggapan yang melampaui batas. Kalau seseorang mengatakan sepatu Anda tidak serasi dengan pakaian Anda,bereaksilah hanya terhadap hal itu saja. Jangan katakan pada diri sendiri "Itu berarti aku punya citarasa yang buruk dalam segala hal, dan aku orang kampungan yang dungu". Kalau atasan Anda menegur agar datang tepat pada waktunya, ini tidak berarti bahwa ia akan memecat Anda. Intinya, tanggapi kritik dengan batasan-batasannya.
Jangan balas menyerang. Kritik dibalas kritik hanya akan membuat kritik-kritik baru, dan tidak menyelesaikan masalah. Teknik membalas hanya menimbulkan perasaan tidak enak. Varble - seorang ahli di AS yang mempelajari aspek kritik dalam kehidupan manusia menjelaskan,"kalau saya pulang ke rumah terlambat dan suami saya menyambut dengan, "Kau terlambat lagi", tidak ada manfaatnya bagi saya untuk membalas, "Bagaimana dengan kau sendiri ?, kau tidak pernah pulang tepat waktu". Balasan atas kritik biasanya akan menciptakan pertengkaran.
Jangan memberikan dalih atau diam membisu. Membela diri tidak menghasilkan apa pun, dan berdiam diri dalam konteks ini jauh dari pasif. Kedua tanggapan ini menghentikan pembicaraan lebih lanjut.
Jangan menggunakan "persetujuan" yang tidak jujur. Kalau Anda berpura-pura setuju dengan kritik yang dilontarkan, orang yang mengritik Anda akan mencari bukti apakah ada dusta di situ. Persetujuan terhadap kritik haruslah dengan jujur, karena pada dasarnya orang yang mengritik akan mencari tahu mengapa Anda setuju terhadap kritikannya.
Para ahli perilaku mengatakan kita seharusnya menghindari tanggapan yang destruktif , dan kita juga harus membantu si pengritik dengan cara :
- Tetaplah tenang dan mendengarkan. Kekanglah emosi Anda dan cobalah dengarkan apa sesungguhnya yang dikatakan oleh si pengritik.
- Mintalah informasi secara spesifik lebih banyak.
- Mintalah pemecahan, atau bantuan untuk mendapatkan pemecahan.
Sekali lagi, baik atau buruk penyampaian kritik, jadikanlah sebagai alat pertumbuhan Anda. Jangan tutup diri Anda terhadap kemungkinan menerima kritik, apalagi harus menakutinya. Dengan kritik: Anda akan lebih banyak tahu kelemahan orang lain