Al-Qur'an adalah kitab suci yang Allah Subhaanahu wa Ta'ala turunkan untuk jin dan manusia; sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, guna mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Benar tidaknya pemahaman Islam seseorang, tergantung pada benar atau tidaknya ia menafsirkan ayat-ayat Al-Qur'an. Oleh karena itu seruan kaum orientalis tidak hanya untuk menolak Al-Qur'an melainkan mengajak memahami Al-Qur'an menurut kaidah mereka, bukan sesuai kaidah salafus shalih. Melalui rubrik manhaj ini, kami ajak pembaca untuk menyelami kaidah ilmu tafsir yang ditulis oleh Ibnu Katsir, salah seorang ulama' ahlussunnah. Tulisan ini merupakan terjemah ringkas dari "Muqaddimah" beliau. (-red)
download tidak tersedia.
Manhaj Penafsiran Al-Qur'an
[Muqaddimah tafsir Ibnu Katsier]
Al-'Allamah Al-Hafidz Imaduddin Abul Fida' Isma'il bin Katsir yang lebih dikenal dengan nama Ibnu Katsir, berkata :
"Segala puji bagi Allah yang telah membuka kitab-Nya dengan kalimat pujian, sebagaimana tersebut dalam firman-Nya :
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (الفاتحة: 2).
"Artinya : Segala puji bagi Allah, pemelihara alam semesta." [Al-Fatihah 2]
dan memulai penciptaan-Nya dengan pujian, sebagaimana tersebut dalam firman-Nya :
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّورَ ... (الأنعام: 1).
"Artinya : Segala puji bagi Allah Yang telah menciptakan langit dan bumi, dan mengadakan gelap dan terang." [Al-An'am 1]
Kemudian, setelah menyebutkan keputusan terhadap ahli surga dan ahli neraka, Allah juga menyebutkan pujian, sebagaimana tersebut dalam firman-Nya :
... وَقُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْحَقِّ وَقِيلَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (الزمر: 75).
"Artinya : ... dan diberi putusan diantara hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan: 'Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam'." [Az-Zumar 75]
Oleh karena itu, segala pujian pun hanyalah milik Allah dari awal sampai akhir, terhadap semua yang telah diciptakan dan yang akan diciptakan. Dia sajalah yang terpuji dalam semua itu. Sehingga, Allah pun menjadikan ahli surga senantiasa melantunkan tasbih dan tahmid kepada Allah, sebagaimana tersebut dalam firman-Nya :
دَعْوَاهُمْ فِيهَا سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيهَا سَلاَمٌ وَآخِرُ دَعْوَاهُمْ أَنْ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (يونس: 10).
"Artinya : Doa mereka di dalamnya ialah: 'Subhanakallahumma', dan salam penghormatan mereka ialah: 'Salam' Dan penutup doa mereka ialah: 'Alhamdulillaahi Rabbil 'aalamin'." [Yunus 10]
Kemudian pujian pun terhaturkan kepada Allah, yang telah mengutus para rasul-Nya untuk menyampaikan berita gembira; disamping memberi peringatan dan ancaman keras, supaya tidak ada lagi alasan bagi manusia untuk tidak beriman sesudah datangnya para rasul itu. Allah menutup kerasulan itu dengan Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, seorang Nabi yang ummi, berasal dari bangsa Arab, kelahiran kota Mekkah, yang memberi tuntunan ke jalan yang lurus, jelas dan gamblang. Beliau diutus kepada seluruh umat manusia dan jin hingga Hari Kiamat sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala :
قُلْ يَاأَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا ... (الأعراف: 158).
"Artinya : Katakanlah, 'Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua.'" [Al-A'raf 158]
Dan firman-Nya :
... ِلأَنذِرَكُمْ بِهِ وَمَنْ بَلَغَ ... (الأنعام: 19).
"Artinya : supaya dengannya aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al-Qur'an (kepadanya)." [Al-An'am 19]
Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda :
"Aku diutus kepada orang-orang berkulit merah dan hitam."[1]
Jadi, Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa Sallam diutus oleh Allah Subhaanahu wa Ta'ala kepada manusia dan jin untuk menyampaikan risalah Allah berupa wahyu yaitu Al-Qur'an yang tidak mengandung kebatilan sedikit pun dari awal hingga akhirnya. Al-Qur'an benar-benar diturunkan oleh Allah yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.
Tugas Para Ulama
Kewajiban para ulama adalah menggali dan mengungkap makna firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala dan mempelajari hikmah yang terkandung di dalamnya, kemudian mengajarkan dan menyebarkannya, sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala :
... لَتُبَيِّنُنَّهُ لِلنَّاسِ وَلاَ تَكْتُمُونَهُ ... (آل عمران: 187).
"Artinya : Hendaklah kamu menerangkan isi kitab itu kepada manusia, dan jangan kamu menyembunyikannya." [Ali Imran 187]
Ayat di atas menerangkan bahwa Allah mencela Ahli Kitab (orang yang mengerti kitab Allah), namun mereka mengabaikan kitab yang mereka pahami itu karena semata-mata mengejar kekayaan dan keuntungan duniawi. Karena itu menjadi tugas dan kewajiban umat Islam menjauhkan diri dari apa yang dicela oleh Allah dan benar-benar mengikuti apa yang diperintahkan-Nya, yaitu mempelajari Kitab Allah yang diturunkan kepada kita, menghayati sedalam-dalamnya, kemudian mengajarkannya, sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala :
أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ آمَنُوا أَنْ تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنْ الْحَقِّ وَلاَ يَكُونُوا كَالَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلُ ... (الحديد: 16).
"Artinya : Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al-Kitab kepadanya'" [Al-Hadid 16]
Dalam ayat di atas Allah mengingatkan bagaimana Dia telah menghidupkan bumi yang mati; demikian pula Allah juga dapat menghidupkan hati (jiwa) manusia dengan iman dan melunakkannya setelah sebelumnya keras karena dosa dan maksiat. Kita berharap semoga Allah memberikan hidayah-Nya kepada kita. Sesungguhnya Dia Maha Pemurah dan Maha Pemberi.
Metode Tafsir yang Benar
Jika ada orang bertanya, "Bagaimana metode tafsir yang baik?" maka jawabnya, "Metode yang terbaik dan terakurat adalah menafsirkan ayat Al-Qur'an dengan ayat Al-Qur'an, karena ada kalanya perkataan yang disingkat dalam suatu ayat ternyata dijelaskan secara rinci dalam ayat yang lain. Kemudian jika perkataan dalam suatu ayat tidak kita dapatkan penjelasannya dalam ayat lain, maka kita menengok kepada Sunnah Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, sebab Sunnah Rasul berfungsi menerangkan Al-Qur'an dan menjelaskannya. Hal itu sebagaimana tersebut dalam firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala :
وَمَا أَنزَلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ إِلاَّ لِتُبَيِّنَ لَهُمُ الَّذِي اخْتَلَفُوا فِيهِ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ (النحل: 64).
"Artinya : Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Qur'an) ini melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman." [An-Nahl 64]
Nabi juga bersabda :
"Artinya : Ketahuilah, sesungguhnya telah diturunkan Al-Qur'an kepadaku dan yang serupa dengannya (yakni Sunnah Rasul)"[2]
Sebab, Sunnah Rasulullah itu juga merupakan wahyu yang diturunkan kepada Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, hanya saja berbeda letaknya, sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah :
وَمَا يَنْطِقُ عَنْ الْهَوَى * إِنْ هُوَ إِلاَّ وَحْيٌ يُوحَى (النجم: 4).
"Artinya : Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)." [An-Najm 3-4]
Maksudnya adalah ketika kita menafsirkan ayat Al-Qur'an, carilah pada ayat Al-Qur'an lain; jika tidak kita dapati, carilah dari Sunnah Rasul. Contoh tentang hal ini adalah sebagaimana arahan Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam kepada Muadz bin Jabal ketika beliau mengutusnya ke Yaman.
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bertanya, "Dengan apakah engkau akan menetapkan hukum?" Muadz menjawab, "Dengan Kitab Allah." Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bertanya lagi "Bagaimana jika engkau tidak mendapatkannya?" Muadz menjawab, "Saya akan berijtihad semampu pikiranku." Maka Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menepuk dadanya sambil berkata, "Alhamdulillah, Segala Puji Bagi Allah yang telah memberi taufik kepada Utusan Rasulullah sehingga membuatnya puas."[3]
Artinya, jika kita tidak mendapatkan tafsiran suatu ayat Al-Qur'an dari ayat lain, kemudian kita juga tidak menemukan penjelasannya dalam Sunnah Rasul, maka kita cari pendapat sahabat Nabi, sebab mereka orang yang paling mengetahui masa dan sebab-sebab turunnya ayat, serta kondisi yang ada saat itu. Di samping itu, mereka adalah orang-orang yang ikhlas dan bertakwa, sehingga mereka mempunyai pemahaman yang lurus dan pengetahuan yang benar, terutama ulama dan pemimpin mereka seperti Khulafa' Ar-Rasyidin[4] yang telah mendapat hidayah.
***
Abdullah bin Mas'ud berkata, "Demi Allah yang tidak ada tuhan selain-Nya, tidak ada satu ayat pun dari kitab Allah melainkan aku mengetahui di mana turunnya atau terhadap siapa diturunkan. Oleh karena itu, sekiranya aku tahu ada orang yang lebih mengetahui dari pada aku mengenai suatu ayat dalam kitab Allah, sementara tempat orang itu dapat dicapai dengan kendaraan pasti aku akan datang untuk belajar kepadanya."
Abdullah bin Mas'ud juga berkata, "Kebiasaan kami (para sahabat Nabi), jika belajar Al-Qur'an cukup sepuluh ayat, tidak lebih, namun kami pelajari dan pahami hingga benar-benar mengetahui artinya dan cara mengamalkannya."
Abu Abdurrahman As-Sulaimi berkata, "Kami diberitahu oleh guru-guru yang mengajar Al-Qur'an bahwa mereka dahulu belajar Al-Qur'an dari Nabi sepuluh ayat. Mereka baru minta ditambah, setelah ayat yang telah mereka pelajari tadi mereka praktekkan -cara mengamalkan dan menyesuaikan diri dengan tuntunan ayat itu-".
Yang termasuk ulama dari kalangan sahabat ialah Abdullah bin Abbas. Beliau pernah dido'akan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wasallam,
"Ya Allah, pandaikanlah ia dalam agama dan ajarkan kepadanya takwil -tafsir- Al-Qur'an."[5]
Abdullah bin Mas'ud berkata, "Sebaik-baik penerjemah (penafsir) Al-Qur'an ialah Abdullah bin Abbas." Abdullah bin Mas'ud meninggal pada tahun 32 H, dan Abdullah bin Abbas meninggal kurang lebih tiga puluh enam tahun setelah wafatnya Abdullah bin Mas'ud.
Abu Wa'il berkata, "Ali mengangkat Abdullah bin Abbas sebagai pemimpin haji. Suatu ketika ia berkhotbah menafsirkan surat Al-Baqarah atau An-Nur, yang andaikata saat itu didengar oleh orang-orang Romawi, Turki dan Dailam, pasti mereka masuk Islam."
Karena itulah, As-Suddi dalam kitab tafsirnya selalu menyebut keterangan Abdullah bin Mas'ud dan Ibnu Abbas, meskipun ada kalanya membawakan keterangan ahli kitab. Tentang digunakannya keterangan ahli kitab ini telah diizinkan oleh Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam :
"Sampaikan (ajaran) dariku walau satu ayat; dan ceritakan perihal Bani Israil (karena hal itu) tidak berdosa bagi kalian. Barangsiapa berdusta atas namaku dengan sengaja hendaklah menempatkan diri dalam api neraka."[6]
Ketika selesai perang Yarmuk Abdullah bin Amr mendapat dua gerobak kitab-kitab ahli kitab. Oleh karena itulah, ia sering membawakan cerita ahli kitab karena dia tahu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam telah mengijinkannya.
Cerita-cerita tentang Bani Israil boleh disampaikan sebatas sebagai bukti; tidak boleh dijadikan sebagai pegangan dan hujjah.
Cerita tentang Bani Israil terbagi menjadi tiga macam, yaitu:
1. Kita benarkan bila sesuai dengan ajaran agama kita.
2. Kita dustakan bila menyalahi ajaran agama kita.
3. Kita diamkan bila tidak ada keterangan dalam agama kita yang menyatakan kebenarannya, namun juga tidak menyalahi ajaran agama kita. Terhadap cerita Bani Israil yang seperti ini, sikap kita tidak mempercayai dan juga tidak mendustakannya. Cerita semacam itu boleh kita sampaikan, karena kebanyakan menyangkut hal-hal yang tidak penting dalam urusan agama kita, seperti nama-nama dan jumlah Ashhabul Kahfi.
Dalam surat Al-Kahfi ayat 22 Allah mengajarkan kepada kita cara' menghadapi berita-berita yang serupa itu. Allah Subhaanahu wa Ta'ala berfirman :
سَيَقُولُونَ ثَلاَثَةٌ رَابِعُهُمْ كَلْبُهُمْ وَيَقُولُونَ خَمْسَةٌ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًا بِالْغَيْبِ وَيَقُولُونَ سَبْعَةٌ وَثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ قُلْ رَبِّي أَعْلَمُ بِعِدَّتِهِمْ مَا يَعْلَمُهُمْ إِلاَّ قَلِيلٌ فَلاَ تُمَارِ فِيهِمْ إِلاَّ مِرَاءً ظَاهِرًا وَلاَ تَسْتَفْتِ فِيهِمْ مِنْهُمْ أَحَدًا (الكهف: 22).
"Artinya : Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (bahwa jumlah mereka) tiga orang dan yang keempatnya adalah anjingnya; dan (yang lain akan) mengatakan : "(Jumlah mereka) adalah lima orang dan yang keenamnya adalah anjingnya" menerka-nerka perkara yang gaib; - dan' (yang lain lagi akan) mengatakan, :"(Jumlah mereka) tujuh orang dan yang kedelapannya adalah anjingnya." Katakanlah, "Rabbku lebih mengetahui jumlah mereka. Hanya sedikit orang-yang mengetahui (bilangan) Mereka." Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang jumlah mereka itu, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorang pun di antara mereka." [Al-Kahfi 22]
***
Kemudian, jika kita tidak menemukan tafsir suatu ayat Al-Qur'an, baik dalam ayat yang lain, dalam Sunnah Rasul, atau keterangan para sahabat, maka para imam salaf akan melihat kepada pendapat ulama dari kalangan tabi'in, seperti Mujahid bin Jabir yang terkenal sebagai ahli tafsir.
Mujahid sendiri berkata, "Saya belajar Al-Qur'an kepada Abdullah bin Abbas mulai dari surat Al-Fatihah hingga khatam tiga kali, dantiap-tiap ayat telah saya tanyakan kepadanya."
Ibnu Abi Mulaikah berkata, "Saya pernah melihat Mujahid membawa buku catatannya kepada Abdullah bin Abbas, lalu menanyakan tafsir Al-Qur'an kepadanya; sementara Abdullah bin Abbas selalu mengarahkan kepadanya: 'Tulislah ini, tulislah ini!'"
Sufyan Ats-Tsauri berkata, "Jika Anda mendapat keterangan tafsir dari Mujahid, maka itu sudah mencukupi dan peganglah." Demikian juga Said bin Jubair, Ikrimah Maula Ibnu Abbas, Atha' bin Abi Rabah, Al-Hasan Al-Basri, Masruq bin Al-Aida, Sa'id bin Al-Musawab, Abul 'Aliyah, Ar-Rabi' bin Anas, Qatadah, Adh-Dhahak bin Al-Muzahim dan ulama lain dari kalangan tabi'in dan pengikut mereka sebagaimana diterangkan oleh Ibnu Katsir. Anda boleh menukil keterangan mereka. Memang, mungkin ada perbedaan keterangan yang disampaikan oleho masing-masing dari mereka, sehingga orang yang tidak berilmu akan menganggapnya bertentangan. Sebetulnya inti pembicaraan mereka sama. Hanya saja di antara merka ada yang langsung menyebut pokok permasalahan dan ada yang menyebutkan perbandigan-perbandingan atau hal-hal yang berkaitan dengan masalah pokoknya. Semuanya intinya sama.
PERINGATAN
Pendapat ulama dari kalangan tabi'in sama sekali tidak boleh dijadikan hujjah dalam masalah furu; lebih-lebih dalam bidang tafsir. Dan jika terjadi perbedaan pendapat di antara mereka, maka kedudukan masing-masingnya sama kuat; yang satu tidak dapat membatalkan yang lain. Adapun menafsirkan ayat Al-Qur'an langsung dengan ra'yu karena merasa sudah mengerti bahasa Arab, maka hukumnya haram, karena sabda Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam.
Ibnu Abbas berkata, Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda :
"Barangsiapa menafsirkan ayat Al-Qur'an hanya dengan pendapatnya atau dengan kebodohannya, maka hendaknya ia menempatkan dirinya dalam neraka."[7]
Jundub berkata, Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda :
"Siapa yang menafsirkan Al-Qur'an semata-mata dengan pendapatnya maka ia telah keliru (salah)."[8]
Dalam riwayat lain disebutkan :
"Siapa yang membicarakan Kitab Allah semata bardasarkan akal pikirannya, walau bertepatan benar, maka itu pun tetap dipandang salah."[9]
Dia dipandang salah karena dia memaksakan diri membicarakan sesuatu yang dia sendiri sebenarnya tidak mengetahui. Dia telah menempuh jalan yang melanggar tuntunan Allah maka dipandang salah. Dia tidak melalui jalan yang seharusnya dilalui sehingga dinilai salah. Dleh karena itu, dalam ayat 13 surat An-Nuur, Allah menamai orang yang menuduh orang lain berzina dengan sebutan pendusta, meskipun menurut pemikirannya benar. Atas dasar ini pulalah, kebanyakan sahabat Nabi tidak mau menafsirkan ayat yang belum mereka ketahui karena takut berdosa. Abu Bakar As-Siddiq berkata, "Langit mana yang akan dapat menaungiku, atau bumi mana yang dapat aku pijak, jika mengatakan sesuatu dalam Al-Qur'an yang belum aku ketahui"
Anas berkata, "Ketika Umar berada di atas mimbar membacakan ayat "wafakihatan wa abba", ia berkata, 'fakihah sudah kami ketahui, tetapi apakah abba itu?' Kemudian ia berkata kepada dirinya sendiri, 'Ini termasuk memaksakan diri, wahai Umar.' Sebenarnya dari ayat tersebut telah jelas bahwa abba termasuk tumbuhan yang ditumbuhkan oleh Allah sebagaimana tumbuhan lainnya, tetapi untuk mengetahui tumbuhan apa 'sebenarnya, )ni termasuk tindakan takalluf (=memaksakan diri)."
Suatu ketika ada sesearang bertanya kepada Abdullah bin Abbas tentang ayat "fi yaumin kaana miqdaaruhu alfa sanah' Abdullah bin Abbas balik bertanya kepada orang itu, "Apakah maksud ayat 'fi yaumin kana miqdaruhu khamsina alfa sanah 'Orang itu berkata, "Aku bertanya untuk mendapatkan keterangan' darimu," Jawab Ibnu Abbas, "Keduanya adalah hari yang disebut oleh Allah; dan Allah lebih mengetahui apa hakikatnya."
Ubaidullah bin Umar berkata, "Saya mendapati ulama Madinah benar-benar menganggap sesat arang yang-berani menafsirkan Al-Qur'an dengan ra'yu (akal)-nya",
Suatu ketika Ubaidillah As-Salmani ditanya tentang pengertian ayat Al-Qur'an. Beliau menjawab, "Tidak ada yang mengetahui mengenai apa turunnya ayat Al-Qur'an tersebut, karena itu hendaknya Anda bertaqwa kepada Allah dan berhati-hati."
Masruq berkata, "Berhati-hatilah kalian dalam menafsirkan ayat Al-Qur'an, sebab menafsirkan ayat Al-Qur'an berarti meriwayatkan sesuatu dari Allah Subhaanahu wa Ta'ala."
Riwayat-riwayat yang shahih dari ulama salaf tersebut menunjukkan keenganan mereka dalam menafsirkan ayat yang tidak mereka ketahui dan menerangkan ayat-ayat tentang hukum yang telah mereka ketahui. Mereka hanya mau menerangkan apa yang mereka ketahui dan diam terhadap apa yang belum mereka ketahui. Demikianlab seharusnya; seorang muslim diam terhadap apa yang belum diketahuinya dan menerangkan apa yang benar-benar telah diketahuinya. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala :
... لَتُبَيِّنُنَّهُ لِلنَّاسِ وَلاَ تَكْتُمُونَهُ ... (آل عمران: 187).
"Artinya : Hendaklah kamu menerangkan isi kitab itu kepada manusia, dan jangan kamu menyembunyikannya." [Ali Imran 187]
Abu Hurairah berkata, Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda :
"Siapa ditanya tentang urusan agama yang telah ia ketahui tetapi ia. menyembunyikannya, maka akan diikat mulutnya dengan kendali dari api nereka di hari kiamat "[10]
Ibnu Abbas menyebutkan bahwa Al-Qur'an diturunkan mengandung empat hal, yaitu :
1. Halal dan haram, yang tidak akan dima'afkan orang yang tidak mengetahuinya,
2. Bagian yang dapat ditafsirkan oleh semua orang yang tahu bahasa Arab,
3. Bagian yang hanya bisa ditafsirkan oleh para ulama,
4 Yang mutasyabih, yaitu yang tidak diketahui aleh seorang pun kecuali Allah semata.
[1] Muslim, hadits no. 521; Ahmad IV/416, dan ini lafaznya.
[2] Ahmad IV/131; Abu Dawud, hadits no. 4604. Lihat Shahih Al-Jami' no. 2643.
[3] HR Ahlu Sunan dan Musnad dengan sanad baik. (Lihat silsilah Ad-Dha'ifah, hadits no. 881).
[4] Yaitu : Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali.
[5] Bukhari, hadits no. 143; Muslim, hadits no. 138; Ahmad 1/266,314,328,335 dan ini lafadznya.
[6] HR Bukhori, hadits no. 3274 dari Abdullah bin Amr.
[7] HR At-Tirmidzi, hadits no. 2950; An-Nasa'i, hadits no. 8085 dan Ibnu Jarir 1/34, lihat dha'if Tirmidzi hal.313 8 H.R. Ibnu Jarir 1/35; At Tirmidzi, hadits no. 2952, lihat dho'if At Tirmidzi hal. 313-314.
[8] HR At-Tirmidzi, hadits no. 2952; Abu Dawud, hadits no. 3652; An Nasa'i,hadits no. 8086.
[9] Hadits ini gharib. Lihat dha'if At-Tirmidzi hal. 313-314.
[10] HR Abu Dawud,hadits no. 3658 dan At Tirmidzi, hadits no. 2649. Lihat Shahih At-Tirmidzi . III/57-58.
Sumber : majalah Fatawa vol. 01/Ramadhan 1423H-2002M, Rubrik Manhaj oleh Abu Isa, dengan beberapa pengeditan yang tidak merubah makna.
download tidak tersedia.
Manhaj Penafsiran Al-Qur'an
[Muqaddimah tafsir Ibnu Katsier]
Al-'Allamah Al-Hafidz Imaduddin Abul Fida' Isma'il bin Katsir yang lebih dikenal dengan nama Ibnu Katsir, berkata :
"Segala puji bagi Allah yang telah membuka kitab-Nya dengan kalimat pujian, sebagaimana tersebut dalam firman-Nya :
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (الفاتحة: 2).
"Artinya : Segala puji bagi Allah, pemelihara alam semesta." [Al-Fatihah 2]
dan memulai penciptaan-Nya dengan pujian, sebagaimana tersebut dalam firman-Nya :
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّورَ ... (الأنعام: 1).
"Artinya : Segala puji bagi Allah Yang telah menciptakan langit dan bumi, dan mengadakan gelap dan terang." [Al-An'am 1]
Kemudian, setelah menyebutkan keputusan terhadap ahli surga dan ahli neraka, Allah juga menyebutkan pujian, sebagaimana tersebut dalam firman-Nya :
... وَقُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْحَقِّ وَقِيلَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (الزمر: 75).
"Artinya : ... dan diberi putusan diantara hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan: 'Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam'." [Az-Zumar 75]
Oleh karena itu, segala pujian pun hanyalah milik Allah dari awal sampai akhir, terhadap semua yang telah diciptakan dan yang akan diciptakan. Dia sajalah yang terpuji dalam semua itu. Sehingga, Allah pun menjadikan ahli surga senantiasa melantunkan tasbih dan tahmid kepada Allah, sebagaimana tersebut dalam firman-Nya :
دَعْوَاهُمْ فِيهَا سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيهَا سَلاَمٌ وَآخِرُ دَعْوَاهُمْ أَنْ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (يونس: 10).
"Artinya : Doa mereka di dalamnya ialah: 'Subhanakallahumma', dan salam penghormatan mereka ialah: 'Salam' Dan penutup doa mereka ialah: 'Alhamdulillaahi Rabbil 'aalamin'." [Yunus 10]
Kemudian pujian pun terhaturkan kepada Allah, yang telah mengutus para rasul-Nya untuk menyampaikan berita gembira; disamping memberi peringatan dan ancaman keras, supaya tidak ada lagi alasan bagi manusia untuk tidak beriman sesudah datangnya para rasul itu. Allah menutup kerasulan itu dengan Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, seorang Nabi yang ummi, berasal dari bangsa Arab, kelahiran kota Mekkah, yang memberi tuntunan ke jalan yang lurus, jelas dan gamblang. Beliau diutus kepada seluruh umat manusia dan jin hingga Hari Kiamat sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala :
قُلْ يَاأَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا ... (الأعراف: 158).
"Artinya : Katakanlah, 'Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua.'" [Al-A'raf 158]
Dan firman-Nya :
... ِلأَنذِرَكُمْ بِهِ وَمَنْ بَلَغَ ... (الأنعام: 19).
"Artinya : supaya dengannya aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al-Qur'an (kepadanya)." [Al-An'am 19]
Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda :
"Aku diutus kepada orang-orang berkulit merah dan hitam."[1]
Jadi, Nabi Muhammad Shallallaahu 'alaihi wa Sallam diutus oleh Allah Subhaanahu wa Ta'ala kepada manusia dan jin untuk menyampaikan risalah Allah berupa wahyu yaitu Al-Qur'an yang tidak mengandung kebatilan sedikit pun dari awal hingga akhirnya. Al-Qur'an benar-benar diturunkan oleh Allah yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji.
Tugas Para Ulama
Kewajiban para ulama adalah menggali dan mengungkap makna firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala dan mempelajari hikmah yang terkandung di dalamnya, kemudian mengajarkan dan menyebarkannya, sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala :
... لَتُبَيِّنُنَّهُ لِلنَّاسِ وَلاَ تَكْتُمُونَهُ ... (آل عمران: 187).
"Artinya : Hendaklah kamu menerangkan isi kitab itu kepada manusia, dan jangan kamu menyembunyikannya." [Ali Imran 187]
Ayat di atas menerangkan bahwa Allah mencela Ahli Kitab (orang yang mengerti kitab Allah), namun mereka mengabaikan kitab yang mereka pahami itu karena semata-mata mengejar kekayaan dan keuntungan duniawi. Karena itu menjadi tugas dan kewajiban umat Islam menjauhkan diri dari apa yang dicela oleh Allah dan benar-benar mengikuti apa yang diperintahkan-Nya, yaitu mempelajari Kitab Allah yang diturunkan kepada kita, menghayati sedalam-dalamnya, kemudian mengajarkannya, sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala :
أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ آمَنُوا أَنْ تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنْ الْحَقِّ وَلاَ يَكُونُوا كَالَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلُ ... (الحديد: 16).
"Artinya : Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al-Kitab kepadanya'" [Al-Hadid 16]
Dalam ayat di atas Allah mengingatkan bagaimana Dia telah menghidupkan bumi yang mati; demikian pula Allah juga dapat menghidupkan hati (jiwa) manusia dengan iman dan melunakkannya setelah sebelumnya keras karena dosa dan maksiat. Kita berharap semoga Allah memberikan hidayah-Nya kepada kita. Sesungguhnya Dia Maha Pemurah dan Maha Pemberi.
Metode Tafsir yang Benar
Jika ada orang bertanya, "Bagaimana metode tafsir yang baik?" maka jawabnya, "Metode yang terbaik dan terakurat adalah menafsirkan ayat Al-Qur'an dengan ayat Al-Qur'an, karena ada kalanya perkataan yang disingkat dalam suatu ayat ternyata dijelaskan secara rinci dalam ayat yang lain. Kemudian jika perkataan dalam suatu ayat tidak kita dapatkan penjelasannya dalam ayat lain, maka kita menengok kepada Sunnah Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, sebab Sunnah Rasul berfungsi menerangkan Al-Qur'an dan menjelaskannya. Hal itu sebagaimana tersebut dalam firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala :
وَمَا أَنزَلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ إِلاَّ لِتُبَيِّنَ لَهُمُ الَّذِي اخْتَلَفُوا فِيهِ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ (النحل: 64).
"Artinya : Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Qur'an) ini melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman." [An-Nahl 64]
Nabi juga bersabda :
"Artinya : Ketahuilah, sesungguhnya telah diturunkan Al-Qur'an kepadaku dan yang serupa dengannya (yakni Sunnah Rasul)"[2]
Sebab, Sunnah Rasulullah itu juga merupakan wahyu yang diturunkan kepada Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, hanya saja berbeda letaknya, sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah :
وَمَا يَنْطِقُ عَنْ الْهَوَى * إِنْ هُوَ إِلاَّ وَحْيٌ يُوحَى (النجم: 4).
"Artinya : Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Qur'an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)." [An-Najm 3-4]
Maksudnya adalah ketika kita menafsirkan ayat Al-Qur'an, carilah pada ayat Al-Qur'an lain; jika tidak kita dapati, carilah dari Sunnah Rasul. Contoh tentang hal ini adalah sebagaimana arahan Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam kepada Muadz bin Jabal ketika beliau mengutusnya ke Yaman.
Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bertanya, "Dengan apakah engkau akan menetapkan hukum?" Muadz menjawab, "Dengan Kitab Allah." Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bertanya lagi "Bagaimana jika engkau tidak mendapatkannya?" Muadz menjawab, "Saya akan berijtihad semampu pikiranku." Maka Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menepuk dadanya sambil berkata, "Alhamdulillah, Segala Puji Bagi Allah yang telah memberi taufik kepada Utusan Rasulullah sehingga membuatnya puas."[3]
Artinya, jika kita tidak mendapatkan tafsiran suatu ayat Al-Qur'an dari ayat lain, kemudian kita juga tidak menemukan penjelasannya dalam Sunnah Rasul, maka kita cari pendapat sahabat Nabi, sebab mereka orang yang paling mengetahui masa dan sebab-sebab turunnya ayat, serta kondisi yang ada saat itu. Di samping itu, mereka adalah orang-orang yang ikhlas dan bertakwa, sehingga mereka mempunyai pemahaman yang lurus dan pengetahuan yang benar, terutama ulama dan pemimpin mereka seperti Khulafa' Ar-Rasyidin[4] yang telah mendapat hidayah.
***
Abdullah bin Mas'ud berkata, "Demi Allah yang tidak ada tuhan selain-Nya, tidak ada satu ayat pun dari kitab Allah melainkan aku mengetahui di mana turunnya atau terhadap siapa diturunkan. Oleh karena itu, sekiranya aku tahu ada orang yang lebih mengetahui dari pada aku mengenai suatu ayat dalam kitab Allah, sementara tempat orang itu dapat dicapai dengan kendaraan pasti aku akan datang untuk belajar kepadanya."
Abdullah bin Mas'ud juga berkata, "Kebiasaan kami (para sahabat Nabi), jika belajar Al-Qur'an cukup sepuluh ayat, tidak lebih, namun kami pelajari dan pahami hingga benar-benar mengetahui artinya dan cara mengamalkannya."
Abu Abdurrahman As-Sulaimi berkata, "Kami diberitahu oleh guru-guru yang mengajar Al-Qur'an bahwa mereka dahulu belajar Al-Qur'an dari Nabi sepuluh ayat. Mereka baru minta ditambah, setelah ayat yang telah mereka pelajari tadi mereka praktekkan -cara mengamalkan dan menyesuaikan diri dengan tuntunan ayat itu-".
Yang termasuk ulama dari kalangan sahabat ialah Abdullah bin Abbas. Beliau pernah dido'akan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wasallam,
"Ya Allah, pandaikanlah ia dalam agama dan ajarkan kepadanya takwil -tafsir- Al-Qur'an."[5]
Abdullah bin Mas'ud berkata, "Sebaik-baik penerjemah (penafsir) Al-Qur'an ialah Abdullah bin Abbas." Abdullah bin Mas'ud meninggal pada tahun 32 H, dan Abdullah bin Abbas meninggal kurang lebih tiga puluh enam tahun setelah wafatnya Abdullah bin Mas'ud.
Abu Wa'il berkata, "Ali mengangkat Abdullah bin Abbas sebagai pemimpin haji. Suatu ketika ia berkhotbah menafsirkan surat Al-Baqarah atau An-Nur, yang andaikata saat itu didengar oleh orang-orang Romawi, Turki dan Dailam, pasti mereka masuk Islam."
Karena itulah, As-Suddi dalam kitab tafsirnya selalu menyebut keterangan Abdullah bin Mas'ud dan Ibnu Abbas, meskipun ada kalanya membawakan keterangan ahli kitab. Tentang digunakannya keterangan ahli kitab ini telah diizinkan oleh Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam :
"Sampaikan (ajaran) dariku walau satu ayat; dan ceritakan perihal Bani Israil (karena hal itu) tidak berdosa bagi kalian. Barangsiapa berdusta atas namaku dengan sengaja hendaklah menempatkan diri dalam api neraka."[6]
Ketika selesai perang Yarmuk Abdullah bin Amr mendapat dua gerobak kitab-kitab ahli kitab. Oleh karena itulah, ia sering membawakan cerita ahli kitab karena dia tahu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam telah mengijinkannya.
Cerita-cerita tentang Bani Israil boleh disampaikan sebatas sebagai bukti; tidak boleh dijadikan sebagai pegangan dan hujjah.
Cerita tentang Bani Israil terbagi menjadi tiga macam, yaitu:
1. Kita benarkan bila sesuai dengan ajaran agama kita.
2. Kita dustakan bila menyalahi ajaran agama kita.
3. Kita diamkan bila tidak ada keterangan dalam agama kita yang menyatakan kebenarannya, namun juga tidak menyalahi ajaran agama kita. Terhadap cerita Bani Israil yang seperti ini, sikap kita tidak mempercayai dan juga tidak mendustakannya. Cerita semacam itu boleh kita sampaikan, karena kebanyakan menyangkut hal-hal yang tidak penting dalam urusan agama kita, seperti nama-nama dan jumlah Ashhabul Kahfi.
Dalam surat Al-Kahfi ayat 22 Allah mengajarkan kepada kita cara' menghadapi berita-berita yang serupa itu. Allah Subhaanahu wa Ta'ala berfirman :
سَيَقُولُونَ ثَلاَثَةٌ رَابِعُهُمْ كَلْبُهُمْ وَيَقُولُونَ خَمْسَةٌ سَادِسُهُمْ كَلْبُهُمْ رَجْمًا بِالْغَيْبِ وَيَقُولُونَ سَبْعَةٌ وَثَامِنُهُمْ كَلْبُهُمْ قُلْ رَبِّي أَعْلَمُ بِعِدَّتِهِمْ مَا يَعْلَمُهُمْ إِلاَّ قَلِيلٌ فَلاَ تُمَارِ فِيهِمْ إِلاَّ مِرَاءً ظَاهِرًا وَلاَ تَسْتَفْتِ فِيهِمْ مِنْهُمْ أَحَدًا (الكهف: 22).
"Artinya : Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (bahwa jumlah mereka) tiga orang dan yang keempatnya adalah anjingnya; dan (yang lain akan) mengatakan : "(Jumlah mereka) adalah lima orang dan yang keenamnya adalah anjingnya" menerka-nerka perkara yang gaib; - dan' (yang lain lagi akan) mengatakan, :"(Jumlah mereka) tujuh orang dan yang kedelapannya adalah anjingnya." Katakanlah, "Rabbku lebih mengetahui jumlah mereka. Hanya sedikit orang-yang mengetahui (bilangan) Mereka." Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang jumlah mereka itu, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorang pun di antara mereka." [Al-Kahfi 22]
***
Kemudian, jika kita tidak menemukan tafsir suatu ayat Al-Qur'an, baik dalam ayat yang lain, dalam Sunnah Rasul, atau keterangan para sahabat, maka para imam salaf akan melihat kepada pendapat ulama dari kalangan tabi'in, seperti Mujahid bin Jabir yang terkenal sebagai ahli tafsir.
Mujahid sendiri berkata, "Saya belajar Al-Qur'an kepada Abdullah bin Abbas mulai dari surat Al-Fatihah hingga khatam tiga kali, dantiap-tiap ayat telah saya tanyakan kepadanya."
Ibnu Abi Mulaikah berkata, "Saya pernah melihat Mujahid membawa buku catatannya kepada Abdullah bin Abbas, lalu menanyakan tafsir Al-Qur'an kepadanya; sementara Abdullah bin Abbas selalu mengarahkan kepadanya: 'Tulislah ini, tulislah ini!'"
Sufyan Ats-Tsauri berkata, "Jika Anda mendapat keterangan tafsir dari Mujahid, maka itu sudah mencukupi dan peganglah." Demikian juga Said bin Jubair, Ikrimah Maula Ibnu Abbas, Atha' bin Abi Rabah, Al-Hasan Al-Basri, Masruq bin Al-Aida, Sa'id bin Al-Musawab, Abul 'Aliyah, Ar-Rabi' bin Anas, Qatadah, Adh-Dhahak bin Al-Muzahim dan ulama lain dari kalangan tabi'in dan pengikut mereka sebagaimana diterangkan oleh Ibnu Katsir. Anda boleh menukil keterangan mereka. Memang, mungkin ada perbedaan keterangan yang disampaikan oleho masing-masing dari mereka, sehingga orang yang tidak berilmu akan menganggapnya bertentangan. Sebetulnya inti pembicaraan mereka sama. Hanya saja di antara merka ada yang langsung menyebut pokok permasalahan dan ada yang menyebutkan perbandigan-perbandingan atau hal-hal yang berkaitan dengan masalah pokoknya. Semuanya intinya sama.
PERINGATAN
Pendapat ulama dari kalangan tabi'in sama sekali tidak boleh dijadikan hujjah dalam masalah furu; lebih-lebih dalam bidang tafsir. Dan jika terjadi perbedaan pendapat di antara mereka, maka kedudukan masing-masingnya sama kuat; yang satu tidak dapat membatalkan yang lain. Adapun menafsirkan ayat Al-Qur'an langsung dengan ra'yu karena merasa sudah mengerti bahasa Arab, maka hukumnya haram, karena sabda Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam.
Ibnu Abbas berkata, Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda :
"Barangsiapa menafsirkan ayat Al-Qur'an hanya dengan pendapatnya atau dengan kebodohannya, maka hendaknya ia menempatkan dirinya dalam neraka."[7]
Jundub berkata, Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda :
"Siapa yang menafsirkan Al-Qur'an semata-mata dengan pendapatnya maka ia telah keliru (salah)."[8]
Dalam riwayat lain disebutkan :
"Siapa yang membicarakan Kitab Allah semata bardasarkan akal pikirannya, walau bertepatan benar, maka itu pun tetap dipandang salah."[9]
Dia dipandang salah karena dia memaksakan diri membicarakan sesuatu yang dia sendiri sebenarnya tidak mengetahui. Dia telah menempuh jalan yang melanggar tuntunan Allah maka dipandang salah. Dia tidak melalui jalan yang seharusnya dilalui sehingga dinilai salah. Dleh karena itu, dalam ayat 13 surat An-Nuur, Allah menamai orang yang menuduh orang lain berzina dengan sebutan pendusta, meskipun menurut pemikirannya benar. Atas dasar ini pulalah, kebanyakan sahabat Nabi tidak mau menafsirkan ayat yang belum mereka ketahui karena takut berdosa. Abu Bakar As-Siddiq berkata, "Langit mana yang akan dapat menaungiku, atau bumi mana yang dapat aku pijak, jika mengatakan sesuatu dalam Al-Qur'an yang belum aku ketahui"
Anas berkata, "Ketika Umar berada di atas mimbar membacakan ayat "wafakihatan wa abba", ia berkata, 'fakihah sudah kami ketahui, tetapi apakah abba itu?' Kemudian ia berkata kepada dirinya sendiri, 'Ini termasuk memaksakan diri, wahai Umar.' Sebenarnya dari ayat tersebut telah jelas bahwa abba termasuk tumbuhan yang ditumbuhkan oleh Allah sebagaimana tumbuhan lainnya, tetapi untuk mengetahui tumbuhan apa 'sebenarnya, )ni termasuk tindakan takalluf (=memaksakan diri)."
Suatu ketika ada sesearang bertanya kepada Abdullah bin Abbas tentang ayat "fi yaumin kaana miqdaaruhu alfa sanah' Abdullah bin Abbas balik bertanya kepada orang itu, "Apakah maksud ayat 'fi yaumin kana miqdaruhu khamsina alfa sanah 'Orang itu berkata, "Aku bertanya untuk mendapatkan keterangan' darimu," Jawab Ibnu Abbas, "Keduanya adalah hari yang disebut oleh Allah; dan Allah lebih mengetahui apa hakikatnya."
Ubaidullah bin Umar berkata, "Saya mendapati ulama Madinah benar-benar menganggap sesat arang yang-berani menafsirkan Al-Qur'an dengan ra'yu (akal)-nya",
Suatu ketika Ubaidillah As-Salmani ditanya tentang pengertian ayat Al-Qur'an. Beliau menjawab, "Tidak ada yang mengetahui mengenai apa turunnya ayat Al-Qur'an tersebut, karena itu hendaknya Anda bertaqwa kepada Allah dan berhati-hati."
Masruq berkata, "Berhati-hatilah kalian dalam menafsirkan ayat Al-Qur'an, sebab menafsirkan ayat Al-Qur'an berarti meriwayatkan sesuatu dari Allah Subhaanahu wa Ta'ala."
Riwayat-riwayat yang shahih dari ulama salaf tersebut menunjukkan keenganan mereka dalam menafsirkan ayat yang tidak mereka ketahui dan menerangkan ayat-ayat tentang hukum yang telah mereka ketahui. Mereka hanya mau menerangkan apa yang mereka ketahui dan diam terhadap apa yang belum mereka ketahui. Demikianlab seharusnya; seorang muslim diam terhadap apa yang belum diketahuinya dan menerangkan apa yang benar-benar telah diketahuinya. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Subhaanahu wa Ta'ala :
... لَتُبَيِّنُنَّهُ لِلنَّاسِ وَلاَ تَكْتُمُونَهُ ... (آل عمران: 187).
"Artinya : Hendaklah kamu menerangkan isi kitab itu kepada manusia, dan jangan kamu menyembunyikannya." [Ali Imran 187]
Abu Hurairah berkata, Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda :
"Siapa ditanya tentang urusan agama yang telah ia ketahui tetapi ia. menyembunyikannya, maka akan diikat mulutnya dengan kendali dari api nereka di hari kiamat "[10]
Ibnu Abbas menyebutkan bahwa Al-Qur'an diturunkan mengandung empat hal, yaitu :
1. Halal dan haram, yang tidak akan dima'afkan orang yang tidak mengetahuinya,
2. Bagian yang dapat ditafsirkan oleh semua orang yang tahu bahasa Arab,
3. Bagian yang hanya bisa ditafsirkan oleh para ulama,
4 Yang mutasyabih, yaitu yang tidak diketahui aleh seorang pun kecuali Allah semata.
[1] Muslim, hadits no. 521; Ahmad IV/416, dan ini lafaznya.
[2] Ahmad IV/131; Abu Dawud, hadits no. 4604. Lihat Shahih Al-Jami' no. 2643.
[3] HR Ahlu Sunan dan Musnad dengan sanad baik. (Lihat silsilah Ad-Dha'ifah, hadits no. 881).
[4] Yaitu : Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali.
[5] Bukhari, hadits no. 143; Muslim, hadits no. 138; Ahmad 1/266,314,328,335 dan ini lafadznya.
[6] HR Bukhori, hadits no. 3274 dari Abdullah bin Amr.
[7] HR At-Tirmidzi, hadits no. 2950; An-Nasa'i, hadits no. 8085 dan Ibnu Jarir 1/34, lihat dha'if Tirmidzi hal.313 8 H.R. Ibnu Jarir 1/35; At Tirmidzi, hadits no. 2952, lihat dho'if At Tirmidzi hal. 313-314.
[8] HR At-Tirmidzi, hadits no. 2952; Abu Dawud, hadits no. 3652; An Nasa'i,hadits no. 8086.
[9] Hadits ini gharib. Lihat dha'if At-Tirmidzi hal. 313-314.
[10] HR Abu Dawud,hadits no. 3658 dan At Tirmidzi, hadits no. 2649. Lihat Shahih At-Tirmidzi . III/57-58.
Sumber : majalah Fatawa vol. 01/Ramadhan 1423H-2002M, Rubrik Manhaj oleh Abu Isa, dengan beberapa pengeditan yang tidak merubah makna.