andro_meda
New member
Nokia sedang mengemborkan Scalable UI
Nokia yang terus mengeluarkan produk produk terbarunya untuk memenuhi semua kebutuhan pasar dengan beraneka model handphone akhirnya kewalahan sendiri, hal ini karena platform Series 60 (S60) milik Nokia sudah semakin maju dan cepat berevolusi sehingga tidak sejalan dengan kecepatan perkembangan developer khususnya mobile content developer.
Hal yang sedang digemborkan (diberikan edukasi khusus) adalah masalah resolusi layar S60 yang sekarang ada tiga macam, yaitu 176 x 208 pixels (contoh 3650, NGage, dll), 240 x 320 pixels (contoh: 6265, N92, dll), and 352 x 416 pixels (contoh: N80, N90, dll), tentukan bagi para developer pembuat aplikasi dan game untuk platform S60 akan kewalahan karena harus bekerja lebih giat agar software mereka dapat digunakan (kompatibel) untuk banyak handphone S60.
Untuk ini masalah ini, Nokia telah membuatkan Scalable UI yang berupa API-API yang diperlukan agar aplikasi atau game yang dibuat dapat berjalan dengan mulus (fullscreen) di semua handphone S60 tanpa ada banyak perubahan source code atau pembuatan aplikasi/game yang terpisah untuk masing masing handphone tersebut.
Sayangnya API-API Scalable UI yang khusus ini hanya dapat digunakan untuk handphone S60 yang termasuk dalam kategori "2nd Edition Feature Pack 3" dan tentunya hanya untuk OS Symbian yang menggunakan bahasa pemrograman C++, untuk sementara pihak editor belum melihat adanya API API tambahan tersebut untuk Java (J2ME), jadi mungkin untuk sementara para developer aplikasi/game J2ME (catatan editor: di Indonesia "rasanya" lebih banyak developer mobile content yang menggunakan J2ME dari pada Symbian) hanya harus menunggu hingga Nokia selesai mematangkan API API Scalable UI untuk Symbian sebelum membuatkan hal yang sama untuk J2ME.
Tapi team developer J2ME Cellular Diary yang telah mempraktekkan pembuatan game dengan J2ME tidak merasakan adanya masalah dengan beraneka ragamnya resolusi layar handphone, contohnya adalah MOthello yang telah dibuat/didesain dengan sengaja untuk "semua" jenis handphone dan PDA yang support Java, hasil tes MOthello tidak menunjukan adanya masalah perbedaan resolusi, dalam setiap resolusi MOthello dapat dimainkan dengan baik, full screen dan proporsional (tidak miring/gepeng), source code Java untuk menangani perbedaan resolusi tidak terlalu banyak/rumit, game MOthello hanya berukuran kurang dari 10 kilobyte yang sudah termasuk desain game, AI dan lainnya, bahkan sebenarnya untuk masalah ukuran resolusi image (PNG/JPG/GIF) yang digunakan dalam J2ME dapat diperbesar atau diperkecil (stretch) secara dinamik tanpa source code yang banyak, jadi bagi developer J2ME tidak perlu pusing dengan masalah perbedaan resolusi di setiap handphone, team developer Cellular Diary akan bersedia memberikan informasi source code jika diminta.
sumber: Cell Phone Reviews and News - Welcome to Mobiledia
Nokia yang terus mengeluarkan produk produk terbarunya untuk memenuhi semua kebutuhan pasar dengan beraneka model handphone akhirnya kewalahan sendiri, hal ini karena platform Series 60 (S60) milik Nokia sudah semakin maju dan cepat berevolusi sehingga tidak sejalan dengan kecepatan perkembangan developer khususnya mobile content developer.
Hal yang sedang digemborkan (diberikan edukasi khusus) adalah masalah resolusi layar S60 yang sekarang ada tiga macam, yaitu 176 x 208 pixels (contoh 3650, NGage, dll), 240 x 320 pixels (contoh: 6265, N92, dll), and 352 x 416 pixels (contoh: N80, N90, dll), tentukan bagi para developer pembuat aplikasi dan game untuk platform S60 akan kewalahan karena harus bekerja lebih giat agar software mereka dapat digunakan (kompatibel) untuk banyak handphone S60.
Untuk ini masalah ini, Nokia telah membuatkan Scalable UI yang berupa API-API yang diperlukan agar aplikasi atau game yang dibuat dapat berjalan dengan mulus (fullscreen) di semua handphone S60 tanpa ada banyak perubahan source code atau pembuatan aplikasi/game yang terpisah untuk masing masing handphone tersebut.
Sayangnya API-API Scalable UI yang khusus ini hanya dapat digunakan untuk handphone S60 yang termasuk dalam kategori "2nd Edition Feature Pack 3" dan tentunya hanya untuk OS Symbian yang menggunakan bahasa pemrograman C++, untuk sementara pihak editor belum melihat adanya API API tambahan tersebut untuk Java (J2ME), jadi mungkin untuk sementara para developer aplikasi/game J2ME (catatan editor: di Indonesia "rasanya" lebih banyak developer mobile content yang menggunakan J2ME dari pada Symbian) hanya harus menunggu hingga Nokia selesai mematangkan API API Scalable UI untuk Symbian sebelum membuatkan hal yang sama untuk J2ME.
Tapi team developer J2ME Cellular Diary yang telah mempraktekkan pembuatan game dengan J2ME tidak merasakan adanya masalah dengan beraneka ragamnya resolusi layar handphone, contohnya adalah MOthello yang telah dibuat/didesain dengan sengaja untuk "semua" jenis handphone dan PDA yang support Java, hasil tes MOthello tidak menunjukan adanya masalah perbedaan resolusi, dalam setiap resolusi MOthello dapat dimainkan dengan baik, full screen dan proporsional (tidak miring/gepeng), source code Java untuk menangani perbedaan resolusi tidak terlalu banyak/rumit, game MOthello hanya berukuran kurang dari 10 kilobyte yang sudah termasuk desain game, AI dan lainnya, bahkan sebenarnya untuk masalah ukuran resolusi image (PNG/JPG/GIF) yang digunakan dalam J2ME dapat diperbesar atau diperkecil (stretch) secara dinamik tanpa source code yang banyak, jadi bagi developer J2ME tidak perlu pusing dengan masalah perbedaan resolusi di setiap handphone, team developer Cellular Diary akan bersedia memberikan informasi source code jika diminta.
sumber: Cell Phone Reviews and News - Welcome to Mobiledia