PD Afsel bagaikan jualan kolek di bulan puasa

lala_lulu

New member
Sama seperti memasuki bulan puasa, penjualan elektronik terutama kulkas dan televisi selalu meningkat.
pesta akbar sepak bola tingkat dunia akan segera digelar di Afrika Selatan beberapa hari mendatang. Miliaran penduduk dunia sudah siap menyambut even akbar tersebut dan menjagokan tim-tim favorit. Di Indonesia gegap gempita Piala Dunia juga sudah semakin terasa. Masyarakat antusias menyambut gelaran sepak bola empat tahunan itu.

Piala Dunia juga membawa berkah bagi para produsen elektronik, khususnya televisi. Maklum saja, para penggila bola tentu tidak ingin ketinggalan menyaksikan tim- tim kesayangannya berlaga lewat layar televisi.


Karena itu menjelang Piala Dunia dimulai, mereka berusaha berburu televisi baru dengan berbagai fitur canggih. Ini agar kegiatan menonton pertandingan Piala Dunia menjadi lebih mengasyikkan.

Salah satu produsen yang mengalami peningkatan penjualan cukup tinggi adalah Samsung. Pabrikan televisi asal Korea Selatan kabarnya mengalami peningkatan penjualan hingga 25 persen. Grup Member TV Product Marketing Samsung, Pepen Supriatna, mengungkapkan, penjualan televisi di beberapa kota di Indonesia mengalami peningkatan penjualan menjelang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Menurut Pepen, dari sisi jumlah, peningkatan penjualan televisi pada Piala Dunia tahun ini diprediksi lebih banyak dibadingkan pada gelaran serupa empat tahun lalu. Ini terjadi untuk semua jenis televisi, baik CRT maupun LCD.

“Peningkatan penjualan televisi itu sama di semua jenis, baik TV biasa atau tabung maupun LCD plasma atau LED. Namun trennya kali ini mendongkrak penjualan TV LCD dan LED,” imbuh Pepen.

Tren Piala Dunia ini, demikian ujar Pepen, sama seperti memasuki bulan puasa. Saat itu penjualan elektronik terutama kulkas dan televisi juga meningkat.

Sementaraitu, produk buatan pabrikan elektronik Jepang, Panasonic juga mengalami peningkatan penjualan televisi menjelang Piala Dunia. Kenaikan ini, kata Manajer Komunikasi Pemasaran PT Panasonic Gobel Indonesia, Dodi RachmatTauhid Uno, terjadi pada jenis televisi layar datar atau LCD. “Permintaan televisi layar datar memang meningkat cukup signifikan terutama yang 32 inci. Ini kami rasakan menjelang Piala Dunia di Afrika Selatan,” ujarnya.


Pabrikan lainnya LG penjualannya juga meningkat. Head of Flat Panel Display PT LG Electronics Indonesia, Eko Adhi Suyitno, mengatakan, peningkatan penjualan televisi LG sudah mulai dirasakan akhir bulan lalu. Saat itu permintaan berbagai produk televisi mulai meningkat.

"Dari akhir bulan lalu memang sudah mulai kelihatan kenaikan permintaan produk-produk televisi LG. Hingga saat ini hal tersebut masih terjadi. Peningkatan penjualannya bisa mencapai sekitar 20 persen,” ujar Eko kepada Republika, Senin (7/6).




Program promosi

Memang peningkatan penjualan televisi ini hampir terjadi di seluruh Indonesia, dan dialami hampir semua merek televisi. Namun, kata Dodi, permintaan tertinggi tetap terjadi di Pulau Jawa. “Peningkatan penjualan televisi di Pulau Jawa naik sekitar 10 persen dibandingkan wilayah-wilayah lain,” ujar Dodi.

Sedangkan menurut Eko Adhi Suyitno, permintaan tertinggi televisi LG menjelang Piala Dunia terjadi di Jakarta. "Kami mencatat permintaan televisi ini hampir terjadi di semua daerah. Tapi harus diakui bahwa peningkatan tertinggi terjadi di Jakarta. Belum ada yang bisa menandingi tingginya permintaan di Ibu Kota ini,” papar Eko.

Untuk makin menggenjot penjualan dan menarik konsumen, terangnya, pihaknya mengadakan berbagai program promosi. Antara lain dengan memberikan bonus berupa vocer belanja bagi konsumen yang membeli televisi jenis LED saat ini.

Program promosi cerdas juga dilakukan Panasonic. Menurut Dodi, setiap pembelian televisi LCD Viera, akan mendapatkan langganan Indovision gratis selama tiga bulan. Selain itu, konsumen juga bisa melakukan trade in atau tukar tambah televisi jenis apapun untuk ditukar yang baru.

“Program prompsi ini kami lakukan hingga akhir Juni. Hingga saat ini respon konsumen cukup bagus sehingga makin mendongkrak penjualan televisi Panasonic,” jelas Dodi.


Sumber : Republika



Makanya,... kapan nih Indonesia bisa jadi tuan rumah untuk event tersebut???
 
Back
Top